PENGEMBANGAN PANDUAN SENI TARI BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI DI RA AL-JUNAIDIYAH

Nada Riani, Annisa Wahyuni, Hanifah Oktarina

Abstract


Proses Pengembangan Panduan Seni Tari Berbasis Video Pada Aspek Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Di RA Al-Junaidiyah; Kelayakan Pengembangan Panduan Seni Tari Berbasis Video Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Di RA Al-Junaidiyah.Pengembangan media pembelajaran berbasis video ini bertujuan meningkatkan keterampilan motorik kasar anak usia dini di RA Al-Junaidiyah menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses dimulai dengan analisis informasi dari buku, jurnal, dan observasi lapangan, diikuti dengan desain dan pengembangan konten video tari. Validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan. Evaluasi lebih lanjut dari guru dan siswa mengkonfirmasi bahwa media ini efektif, mudah digunakan, dan berhasil meningkatkan keterampilan motorik kasar anak-anak. Hasil penelitian penggunaan media video panduan seni tari efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak-anak. Video memungkinkan peniruan gerakan secara interaktif dan berulang. Meskipun ada tantangan seperti keterbatasan peralatan dan kebutuhan pelatihan guru, media ini menunjukkan skor kelayakan yang tinggi: 89,2% untuk materi, 80% untuk media, dan 91,2% dari responden guru. Penelitian menggunakan metode R&D dengan model ADDIE, melibatkan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi ahli dan evaluasi pengguna akhir menunjukkan bahwa media ini sangat layak dan berhasil meningkatkan keterampilan motorik kasar anak di RA Al-Junaidiyah.

Keywords


Motorik Kasar; Panduan Seni Tari; Media Video

Full Text:

PDF

References


Arifudin, Opan, et al. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cv Widina Media Utama, 2021.

Aprily, N. M., Surya, K. S., & Nurjanah, W. (2023). Pentas Seni sebagai Implementasi Pembelajaran IPS untuk Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 709-717.

Arsyad, A. (2021). Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anggraeni, E. P., & Pamungkas, J. (2023). Sarana dan prasarana lembaga dalam menciptakan potensi pengembangan seni anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 85-93.

Alim, M. L., Syamsudin, A., Rizka, N., & Joni, J. (2024). Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keagamaan dan Budaya Lokal. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2192-2196.

Djibran, F., & Pamungkas, J. (2023). Pembelajaran Tari Tradisional untuk Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 876-886.

Heruman. (2021). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Liyana, Astien, and Mozes Kurniawan. “Speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa inggris anak usia 5-6 tahun.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3.1 (2022): 225-232.

Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Pustaka Belajar.

Nurhayati, B. A. (2022). Perkembangan Motorik Kasar nak Usia Dini. Bungamputi, 6 (0), 14-21.

Nikmah, A. M. (2023). Implementasi Kegiatan Seni Tari Untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini di RA Miftahul Falah Puncel Dukuhseti Pati (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Nurjelika, I., Yin, S., Febwandari, M., Ningsih, A. N., & Maulana, A. J. (2023). Pelatihan dan Pengembangan Skill Menari Anak-Anak dan Remaja di Kelurahan Montallat II Barito Utara Kalimantan Tengah. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 475-484.

Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Pamungkasr, Y. W. (2024). Pembelajaran Tari Anak Usia Dini: Pendekatan Kreatif Dan Metode Yang Efektif. Journal of Economic Management and Business Technology Innovation, 1(01), 01-10.

Susanto, A. (2021). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Grup.

Silviani, Irma, Muhamad Idris, and Nurdin Nurdin. “Tari Paya Sebagai Sumber Pembelajaran Seni Tari.” Jurnal Sitakara 9.1 (2024).

Suryana, Dadan. Pendidikan anak usia dini: stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media, 2021.

Yulisetyowati, A. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Sebagai Pendorong Kreativitas Anak Di Sanggar Tari Nitaswadiri Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 151-165.

Yhunanda, Y., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Strategi Pembelajaran Guru yang Efektif dalam Perspektif Prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) di Sekolah Dasar: Literature Riview. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).

Zannatunnisya, Z., Rozana, S., Parapat, A., & Rambe, A. (2024). Seni Tari Dalam Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Zahra, S. A. (2024). Pengaruh Tari Rapai Gekeng Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di RA Safinatul Najjah Manggeng. Pengaruh Tari Rapai Gekeng Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di RA Safinatul Najjah Manggeng, 7(2), 98-105.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760