EFEKTIVITAS PERMAINAN DOMINO ANGKA DALAM MEMPERKUAT KEMAMPUAN PERKALIAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH BUSTANUL 'ULUM JAYASAKTI

Abu Farhan Salimi, Agus Setiawan, Choirudin Choirudin, Muhammad Saidun Anwar, Leli Fertiliana Dea

Abstract


Matematika memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan berpikir logis dan analitis siswa. Salah satu materi dasar yang sering menjadi tantangan bagi siswa adalah perkalian. Metode pembelajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam membantu siswa memahami konsep perkalian secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas permainan domino angka dalam memperkuat pemahaman perkalian siswa Madrasah Ibtidaiyah Bustanul 'Ulum Jayasakti. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan permainan domino angka dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan domino angka secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Permainan ini tidak hanya membantu siswa menghafal tabel perkalian, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Dengan demikian, permainan domino angka dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam mengajarkan konsep perkalian di tingkat sekolah dasar.

Keywords


Permainan Domino Angka; Perkalian; Pembelajaran Matematika; Strategi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Alvira, E. M., Vaganza, A., Putri, A., & Setiawan, B. (2024). Analisis Efektivitas Proses Pembelajaran. JUPENDIS, 2(1), 142–153.

Amelia, & Hartanto. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 45–60.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bryman, A. (2016). Social Research Methods. Oxford University Press.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Dendodi, et al. (2024). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Dasar. Journal on Education, 7(1), 2748–2761.

Faujiah, S., & Nurafni. (2022). Analisis Pemahaman Perkalian dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 829–840.

Faujiah, S., & Nurafni. (2022). Analisis Pemahaman Perkalian dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 829–840.

Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. SAGE Publications.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2021). Educational Research: An Introduction. Pearson.

Handayani, & Putra. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Permainan terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 35-50.

Hendra, & Susilawati. (2022). Game-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2), 98–115.

Khosiah, N., & Rizkillah, N. S. (2024). Kepemimpinan Transformasional di Madrasah. AL IBTIDAIYAH, 5(1), 20–31.

Maula, S. M., et al. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Domino. Jurnal Lensa Pendas, 8(2), 89–99.

Ningsih, et al. (2023). Kurikulum Merdeka dan Inovasi Pembelajaran Matematika. Journal of Elementary Education, 5(1), 102-117.

Nunnally, J. C., & Bernstein, I. H. (1994). Psychometric Theory. McGraw-Hill.

Rochmiyatun, A. (2023). Penerapan Permainan Kartu Domino dalam Pembelajaran Matematika. Al-Kamil, 1(1), 70–81.

Safitri, et al. (2023). Teori Konstruktivisme dalam Pendidikan Matematika. Journal of Mathematics Education, 4(2), 55-68.

Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2019). Using Multivariate Statistics. Pearson.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760