PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA UANG-UANGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP NILAI MATA UANG PADA SISWA KELAS II MIS WALISONGO SUKAJADI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, A., & Yudha, R. (2023). Media digital interaktif untuk literasi finansial anak. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 5(1), 44–52.
Anisa, F., & Maulana, H. (2022). Pemahaman guru terhadap karakteristik anak SD. Jurnal Pendidikan Guru SD, 7(2), 66–73.
Apriani, W., & Verawati, T. (2023). Penggunaan uang mainan untuk meningkatkan pemahaman nilai mata uang. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 45–50. https://doi.org/10.31227/osf.io/qeuzw
Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi ke-8). Jakarta: Rineka Cipta.
Bruner, J. S. (2021). The process of education (60th anniversary ed.). Harvard University Press.
Creswell, J. W. (2021). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (6th ed.). Pearson. https://doi.org/10.4324/9781003123302
Field, A. (2020). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Sage Publications.
Fitriani, D. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga uang-uangan: Dampaknya terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 50–58.
Fitriani, D. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga uang-uangan: Dampaknya terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v4i1.30000
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2020). How to Design and Evaluate Research in Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Handayani, M., & Yusuf, F. (2023). Integrasi media digital dalam literasi uang. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 10(1), 75–84. https://doi.org/10.5281/zenodo.10928831
Hapsari, M., & Nugroho, T. (2021). Alat peraga uang-uangan dan peningkatan kemampuan siswa dalam membandingkan nilai mata uang. Jurnal Matematika Pendidikan, 7(3), 155–162.
Juwita, M., & Arifin, R. (2022). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan alat peraga uang-uangan. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 11(1), 66–74.
Kemdikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen.
Kemdikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Kurniasari, D., & Hakim, L. (2021). Efektivitas pembelajaran nilai mata uang terhadap kemampuan berhitung. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(1), 27–36. https://doi.org/10.31227/osf.io/zx6fy
Lestari, S., & Hartati, R. (2020). Penggunaan media uang-uangan dalam pembelajaran matematika di SD. Jurnal Edukasi Dasar, 8(1), 22–30.
Maulida, N., & Arifin, H. (2022). Penggunaan replika uang untuk meningkatkan pemahaman konsep uang. Jurnal Guru Mandiri, 5(2), 56–65.
Piaget, J. (2020). The psychology of the child. Basic Books.
Prasetyo, A. Y., & Mahardika, D. (2020). Efektivitas pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman matematika. Jurnal Edukasi Matematika, 11(1), 12–22. https://doi.org/10.31949/jem.v11i1.1869
Rahayu, L., & Susanti, M. (2023). Inovasi media pembelajaran matematika anak. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 9(1), 15–25.
Ramadhani, M., & Fikri, A. (2022). Visualisasi nilai uang melalui alat peraga. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 10(1), 35–43. https://doi.org/10.31227/osf.io/w7v4b
Sari, M. P., & Juwita, L. (2020). Penggunaan media uang mainan untuk mengenalkan nilai mata uang di kelas rendah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 34–42.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, H. (2020). Alat peraga sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 55–60.
Wahyuni, I., & Sari, M. (2022). Efektivitas penggunaan alat peraga uang-uangan pada siswa kelas I. Jurnal Pembelajaran Dasar, 6(2), 77–86. https://doi.org/10.31227/osf.io/3uqh2
Widodo, I., & Fitri, L. (2021). Pengaruh alat peraga uang terhadap keterampilan berhitung siswa kelas awal. Jurnal Matematika Terapan, 12(2), 98–106. https://doi.org/10.31227/osf.io/fdz4c
Yuliana, E., & Farida, N. (2021). Peran media konkret terhadap pemahaman konsep uang. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 76–85.
Yusuf, A. M., & Ramadhani, L. (2023). Membentuk sikap positif terhadap matematika melalui media konkret. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(2), 88–97. https://doi.org/10.31227/osf.io/gj7nq
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2149
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



