PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA UANG-UANGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP NILAI MATA UANG PADA SISWA KELAS II MIS WALISONGO SUKAJADI

Agus Abdul Alim Nur, Choirudin Choirudin, Muhamad Saidun Anwar, Agus Setiawan, Leli Fertiliana Dea, Yuli Ani Setyo Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan alat peraga uang-uangan terhadap pemahaman siswa kelas II MIS Walisongo Sukajadi mengenai konsep nilai mata uang. Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran matematika di kelas rendah adalah keterbatasan siswa dalam memahami konsep abstrak, seperti nilai nominal uang, karena tahap perkembangan kognitif mereka masih berada pada tingkat konkret operasional. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan media pembelajaran konkret yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep matematika yang lebih abstrak. Penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment) yang menggunakan pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposive, dengan total 60 siswa. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan alat peraga uang-uangan, sementara kelompok kontrol mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan uji independent samples t-test setelah melalui uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam pemahaman konsep nilai mata uang. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga uang-uangan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep nilai mata uang dan dapat menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, kontekstual, dan menyenangkan.

Keywords


alat peraga; uang-uangan; konsep nilai mata uang; matematika kelas rendah

Full Text:

PDF

References


Andayani, A., & Yudha, R. (2023). Media digital interaktif untuk literasi finansial anak. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 5(1), 44–52.

Anisa, F., & Maulana, H. (2022). Pemahaman guru terhadap karakteristik anak SD. Jurnal Pendidikan Guru SD, 7(2), 66–73.

Apriani, W., & Verawati, T. (2023). Penggunaan uang mainan untuk meningkatkan pemahaman nilai mata uang. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 45–50. https://doi.org/10.31227/osf.io/qeuzw

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi ke-8). Jakarta: Rineka Cipta.

Bruner, J. S. (2021). The process of education (60th anniversary ed.). Harvard University Press.

Creswell, J. W. (2021). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (6th ed.). Pearson. https://doi.org/10.4324/9781003123302

Field, A. (2020). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Sage Publications.

Fitriani, D. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga uang-uangan: Dampaknya terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 50–58.

Fitriani, D. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga uang-uangan: Dampaknya terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v4i1.30000

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2020). How to Design and Evaluate Research in Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Handayani, M., & Yusuf, F. (2023). Integrasi media digital dalam literasi uang. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 10(1), 75–84. https://doi.org/10.5281/zenodo.10928831

Hapsari, M., & Nugroho, T. (2021). Alat peraga uang-uangan dan peningkatan kemampuan siswa dalam membandingkan nilai mata uang. Jurnal Matematika Pendidikan, 7(3), 155–162.

Juwita, M., & Arifin, R. (2022). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan alat peraga uang-uangan. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 11(1), 66–74.

Kemdikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen.

Kemdikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Kurniasari, D., & Hakim, L. (2021). Efektivitas pembelajaran nilai mata uang terhadap kemampuan berhitung. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(1), 27–36. https://doi.org/10.31227/osf.io/zx6fy

Lestari, S., & Hartati, R. (2020). Penggunaan media uang-uangan dalam pembelajaran matematika di SD. Jurnal Edukasi Dasar, 8(1), 22–30.

Maulida, N., & Arifin, H. (2022). Penggunaan replika uang untuk meningkatkan pemahaman konsep uang. Jurnal Guru Mandiri, 5(2), 56–65.

Piaget, J. (2020). The psychology of the child. Basic Books.

Prasetyo, A. Y., & Mahardika, D. (2020). Efektivitas pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman matematika. Jurnal Edukasi Matematika, 11(1), 12–22. https://doi.org/10.31949/jem.v11i1.1869

Rahayu, L., & Susanti, M. (2023). Inovasi media pembelajaran matematika anak. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 9(1), 15–25.

Ramadhani, M., & Fikri, A. (2022). Visualisasi nilai uang melalui alat peraga. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 10(1), 35–43. https://doi.org/10.31227/osf.io/w7v4b

Sari, M. P., & Juwita, L. (2020). Penggunaan media uang mainan untuk mengenalkan nilai mata uang di kelas rendah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 34–42.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, H. (2020). Alat peraga sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 55–60.

Wahyuni, I., & Sari, M. (2022). Efektivitas penggunaan alat peraga uang-uangan pada siswa kelas I. Jurnal Pembelajaran Dasar, 6(2), 77–86. https://doi.org/10.31227/osf.io/3uqh2

Widodo, I., & Fitri, L. (2021). Pengaruh alat peraga uang terhadap keterampilan berhitung siswa kelas awal. Jurnal Matematika Terapan, 12(2), 98–106. https://doi.org/10.31227/osf.io/fdz4c

Yuliana, E., & Farida, N. (2021). Peran media konkret terhadap pemahaman konsep uang. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 76–85.

Yusuf, A. M., & Ramadhani, L. (2023). Membentuk sikap positif terhadap matematika melalui media konkret. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(2), 88–97. https://doi.org/10.31227/osf.io/gj7nq




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760