Pelaksanaan Model Pembelajaran GELARIA (Gerak dan Lagu Ceria) di RA Al-Falah Jambusari
Abstract
GELARIA (Gerak dan Lagu Ceria) dikembangkan untuk menstimulasi perkembangan motorik fisik anak usia dini melalui pembelajaran berbasis gerak dan lagu. Dalam model ini, gerakan disesuaikan dengan lirik lagu yang dirancang khusus untuk anak usia 4–6 tahun. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan model GELARIA di RA Al Falah Jambusari, meliputi tahapan sebelum, selama, dan setelah pelaksanaan. Fokus penelitian mencakup performa anak selama kegiatan, hambatan yang dihadapi, serta strategi guru dalam mengatasi kendala. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek 15 anak. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan guru kelas. Sebelum pelaksanaan, guru mempelajari petunjuk penggunaan program dan melatih gerakan secara berulang. Selama kegiatan, guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar anak mampu mengikuti gerakan secara mandiri. Setelah kegiatan, guru memberikan apresiasi dan berdiskusi bersama anak untuk memperdalam pemahaman terhadap isi lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio GELARIA efektif dalam merangsang kemampuan motorik dan seni anak. Namun, beberapa hambatan ditemukan, seperti keterbatasan alat pemutar audio, kondisi ruang belajar yang kurang optimal, perbedaan minat belajar anak, penggunaan bahasa yang kurang sesuai dengan usia anak, serta durasi pembukaan lagu yang terlalu panjang. Meskipun demikian, strategi guru yang adaptif mampu menjaga efektivitas pembelajaran.
Kata kunci: Anak Usia Dini, Gerak dan Lagu Ceria, Model Pembelajaran
Keywords
References
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta
Ayu, L. P., & Sugiarti, Y. (2021). Stimulasi motorik kasar anak melalui lagu edukatif interaktif. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.21009/jpaud.51.05
BPMRP Kemendikbud. (2015). Rancangan Model Media Audio Pembelajaran Gerak dan Lagu Anak Ceria (GELARIA). BPMRP Kemendikbud
Dwi Imam Efendi. (2015). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Didaktika, 13(3)
Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01). https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Fitriyah, L., & Maulana, I. (2023). Stimulasi perkembangan motorik kasar melalui permainan tradisional pada anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 55–62. https://doi.org/10.17509/cd.v14i1.49287
Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. La Ta’did, 8(2). http://repository.iiq.ac.id/handle/123456789/228
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1) https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Hayati, K. N. (2017). Evaluasi Pemanfaatan Media Audio Gelaria. Jurnal Teknodik, 20(2) https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v20i2.245
https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12340
Innayah. (2020). Evaluasi Penerapan Media Gelaria (Gerak dan Lagu Anak Ceria). Jurnal Teknodik, 24(2) https://doi.org/10.32550/teknodik.v24i2.738
Irwansyah, H., & Lestari, S. (2020). Pengaruh lagu anak dan gerakan terhadap perkembangan motorik kasar pada PAUD. Jurnal PAUD Nusantara, 4(2), 34–41. https://doi.org/10.26555/paudn.v4i2.20689
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Materi Kuliah. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga dan Busana
Nisa, I., & Suwardi, S. (2021). Stimulasi Gerak Lokomotor Anak Usia 1-4 Tahun Melalui Metode Gerak Dan Lagu. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2) https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.571
Nugroho, A. A., & Lestari, M. (2021). Implementasi standar nasional PAUD dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 410–418. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Paspiani, N. K. N. (2015). Kegiatan Latihan Gerak Dan Lagu (Jeruk Bali) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Prahesti, S. I., & Dewi, N. K. (2020). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1) https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289
Putri, A. W., & Haryati, D. (2022). Gerak dan lagu sebagai media pengembangan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Golden Age, 6(2), 110–118. https://doi.org/10.14421/jga.2022.62-07
Rahayu, E., & Handayani, S. (2024). Keterkaitan perkembangan motorik dan kesiapan belajar anak di masa pra-sekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 77–84. https://doi.org/10.32509/jpa.v5i2.6221
Ramdani, D., & Nurlaili, S. (2024). Media multimedia berbasis gerak untuk mengembangkan keterampilan motorik anak usia dini. Edukids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 70–78. https://doi.org/10.24815/edukids.v10i1.29456
Sari, D. P., & Wulandari, R. (2022). Pentingnya stimulasi motorik anak usia dini dalam pembelajaran berbasis aktivitas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 85–94. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.08
Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1) https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878
Uce, L. (2015). The golden age. Jurnal Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 64(1). https://doi.org/10.1177/002070200906400118
Widhianawati, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus (2)
Widiastuti, N., & Yuliani, S. (2020). Pengaruh kegiatan fisik terhadap perkembangan motorik halus anak usia 4–6 tahun. Jurnal Golden Age, 4(3), 123–131. https://doi.org/10.14421/jga.2020.43-05
Zaira, N., & Marlina, L. (2023). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui media audio visual berbasis gerak dan lagu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 151–160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.12345
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2174
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



