Pencapaian Perkembangan Seni Anak Usia 3-4 Tahun Di Kota Palembang

Msy. Nurhaliza Mustika Maya Puteri, Rafilla Rameyzah, Nina Tri Lestari, Windi Dwi Andika, Taruni Suningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pandangan dan peran orang tua dalam mendukung perkembangan seni pada anak usia dini, khususnya pada anak berusia 3–4 tahun di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara semi-terstruktur. Tiga orang ibu yang aktif mendampingi anak dalam kegiatan seni, baik di rumah maupun di sekolah, dipilih sebagai subjek melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara langsung, didukung oleh catatan lapangan dan rekaman suara, lalu dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dari ketiga responden telah menunjukkan kemampuan membedakan suara, ketertarikan terhadap musik, serta partisipasi aktif dalam gerakan mengikuti irama lagu. Minat terhadap kegiatan seni rupa bervariasi, mulai dari menggambar, mewarnai, hingga bermain plastisin. Meskipun sebagian besar orang tua belum menyediakan fasilitas atau program khusus untuk seni, mereka tetap berperan aktif melalui aktivitas sederhana sehari-hari seperti bernyanyi, memainkan musik, dan memberi kesempatan eksplorasi kreatif. Penelitian ini menegaskan bahwa dukungan orang tua, meskipun sederhana, memiliki pengaruh signifikan dalam menstimulasi minat dan kemampuan seni anak usia dini, serta pentingnya kolaborasi keluarga dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan seni anak secara holistik.

Keywords


Anak Usia Dini; Peran Orang Tua; Perkembangan Seni.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Aulia, J. D., & Lestari, I. (2025). Peran Musik dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Sindoro Cendekia Pendidikan, 6(1), 45–52.

Damayanti, E., Rasyid, M. R., Amaliah, A. R., & Hijriah, H. (2021). Capaian Aspek Perkembangan Seni dan Stimulasi pada Anak Usia 3–4 Tahun. NANAKE: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.20986

Firabeliya, NA, Dezyemita, TR, Pasha, AS, Arista, SA, Kania, R., Jannah, AM, Pagarwati, LDA, & Zulaiha, D. (2024). Peningkatkan kemampuan seni AUD melalui teknik kolase berbasis kearifan lokal Kota Palembang. Lectura PAUD: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (2), 110–123. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.19998

Maharintan, D., Ramadhani, R., & Novita, S. (2022). Pengaruh Gerak dan Lagu terhadap Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal AULADA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 15–22.

Ningrum, V. (2022). Pengaruh Media Musik dan Lagu terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Perdana, F. (2022). Musik Tradisional bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Asghar, 4(2), 110–117.

Putri, LS, & Widodo, A. (2024). Pentingnya Pendidikan Musik dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Ananda. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 80–88.

Utami, WT, Yeni, I., & Yaswinda, Y. (2023). Analisis kegiatan tari kreasi untuk membaca motorik kasar anak usia dini di RA Miftahul Jannah Palembang. Jurnal Pendidikan, 5 (2), 45–56.

Wati, NS (2018). Pengaruh Stimulasi Mendengarkan Lagu dan Bernyanyi terhadap Perkembangan Berbahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal SD, 6(2), 119–127.

Widiyawati, W., & Suryana, D. (2023). Strategi dalam mengembangkan kreativitas seni anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (1), 123–134.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760