KAJIAN SISTEMATIS TEKNIK KONSELING STORYTELLING UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS USIA DINI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji secara sistematis perkembangan penelitian mengenai penggunaan teknik Storytelling dalam konseling bagi anak berkebutuhan khusus usia dini. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 33 artikel ilmiah yang diperoleh dari database Scopus. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Vosviewer untuk memetakan hubungan antar topik dan tren yang muncul dalam literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknik konseling berbasis Storytelling efektif dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak berkebutuhan khusus. Tren penelitian menunjukkan peningkatan signifikan sejak tahun 2016, meskipun terdapat fluktuasi minat di antara peneliti. Storytelling dinilai sebagai pendekatan yang fleksibel dan adaptif, sehingga berpotensi dikembangkan lebih lanjut sebagai metode konseling yang inklusif. Keterbatasan penelitian ini terletak pada sumber data yang hanya berasal dari Scopus. Oleh karena itu, studi selanjutnya disarankan untuk menggunakan database internasional lain seperti Web of Science dan Dimensions Scholars.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acunã, M. A., & Kataoka, S. (2017). Family Communication Styles and Resilience among Adolescents. Social Work (United States), 62(3), 261–269. https://doi.org/10.1093/sw/swx017
Aite, L. (2007). Diagnosis communication of congenital abnormalities at birth: Parents narrate their “story.” Quaderni ACP, 14(3), 114–117.
Akande, A. O., & Long, A. C. (2024). Using Narratives of Immigrant Clients to Confront Grief: Supporting Autonomy in Vocational Rehabilitation. Journal of Applied Rehabilitation Counseling, 55(1), 62–75. https://doi.org/10.1891/JARC-2023-0012
AMELIA, L.-, & Faizatul Faridy. (2023). Desain Etnoparenting Berbasis Adat Alam Minangkabau untuk Character Build Anak Usia Dini di Era Digital. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 75–88. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2073
Azzahrawaani, Z., Riche Cynthia Johan, & Ardiansah. (2023). Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Literasi Pada Lansia dengan Menggunakan VOSviewer. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 44(2), 125–140. https://doi.org/10.55981/baca.2023.1679
Casares, D. R., & Gladding, S. T. (2020). Using Comedy to Explore Racial-Ethnic Identity with Clients: A Narrative Approach. Journal of Creativity in Mental Health, 15(1), 69–80. https://doi.org/10.1080/15401383.2019.1635937
Dania Isnaeni Zahrah, Menila Wati Zalukhu, Nurul Zahratunnisa, Holifah, & Ira Restu Kurnia. (2024). Pentingnya Membangun Hubungan Antar Kualitas Pribadi Konselor Dan Kualitas Pribadi Konseling. Realisasi : Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain, 1(3), 121–128. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i3.187
Dewi, I. K., Haryati, E., & Chandra, A. (2023). Story Telling dan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5531–5538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5162
Gladding, S. T., & Wallace, M. J. D. (2010). The potency and power of counseling stories. Journal of Creativity in Mental Health, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.1080/15401381003640569
Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 74–86. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513
Karimah, F., & Dewi, A. C. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Melalui Bercerita Jurnal Pagi Dan Story Telling Pada Anak Usia 4-5 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 321–336. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9239
Keum, B. T., Hearns, M., Agarwal, P., & Nguyen, M. (2022). Online digital storytelling video on promoting men’s intentions to seek counselling for depression: The role of empathy. International Journal of Social Psychiatry, 68(7), 1363–1372. https://doi.org/10.1177/00207640211023532
Mariani, D., Nelisma, Y., & Fitrian, W. (2022). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Story-TellingDalam Meningkatkan Empati Peserta Didik Di TKN2 Sijunjung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 569–575.
Moneta, A., Mawardah, M., & Purnamasari, S. D. (2023). Membaca Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 4(2), 819–828.
Nufus, N. P., Filiani, R., & Dimyati, Moch. (2016). PENGARUH TEKNIK STORYTELLING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN EMOTIONAL LITERACY SISWA (Studi Eskperimen terhadap Siswa Kelas III SDN Jatinegara Kaum 14 Pagi). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 66. https://doi.org/10.21009/insight.051.10
Nurkhalizah, E., & Ferianto. (2023). Implementasi Storytelling dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TKIT Harapan Umat Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 57–69.
Ponce, J. E., Kwok, S., Moshe, R., & Emelianchik-Key, K. (2024). Mutual Storytelling, Cultural Humility, and Broaching: Bridging the Gap When Working with Culturally Diverse Older Adults. Journal of Creativity in Mental Health. https://doi.org/10.1080/15401383.2024.2432249
Rahma Putri, S., & Eliza, D. (2023). Pengaruh Storytelling terhadap Karakter Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 651–665. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.354
Ramamurthy, C., Zuo, P., Armstrong, G., & Andriessen, K. (2024). The impact of storytelling on building resilience in children: A systematic review. Journal of Psychiatric and Mental Health Nursing, 31(4), 525–542. https://doi.org/10.1111/jpm.13008
Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko, J. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747
Sari, T., Mukti, D., Pendidikan, J., Biasa, L., Sari, T., & Mukti, D. (2019). JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS METODE STORY TELLING BERMEDIA AUDIO TERHADAP EFIKASI Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya METODE STORY TELLING BERMEDIA AUDIO TERHADAP EFIKASI DIRI ANAK TUNANETRA. 1–17.
Schnall, E., Eichenbaum, B., & Abramovitz, Y. (2016). Jewish Stories in Mental Health Counseling. Journal of Creativity in Mental Health, 11(1), 12–26. https://doi.org/10.1080/15401383.2015.1130667
Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.
Sutanto, N. H., Utami, E., & Rismayani, R. (2021). Systematic Literature Review untuk Identifikasi Metode Evaluasi Website Layanan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah IT CIDA, 7(1), 1–22. https://doi.org/10.55635/jic.v7i1.133
Zalukhu, M. N. P., Astawan, I. G., & Wirabrata, D. G. F. (2023). Pengaruh Storytelling Bermuatan Nilai Nilai Pancasila Terhadap Kemampuan Berperilaku Sosial Anak Usia Dini Kelompok Usia 4-5 Tahung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 165–172. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.63385
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2182
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



