PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PAUD

Angger Prima Widhiasih, Putri Maulida

Abstract


Pendekatan saintifik menjadi ciri khas dalam kurikulum Merdeka. Penerapan langkah-langkah saintifik bertujuan menggali secara mendalam suatu konsep pengetahuan. Nyatanya masih ada guru yang tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk menemukan pengetahuan, sehingga proses pembelajaran didominasi oleh guru. Terciptanya proses pembelajaran bermakna dan menyenangkan melalui pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran di PAUD guna mewujudkan generasi yang dibutuhkan pada era abad ke-21. Penelitian ini dilakukan kepada 3 guru di Kota Tangerang menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Hasil penelitian ini antara lain (1) guru telah memiliki pengetahuan terkait dengan pendekatan saintifik, namun pelaksanaannya tidak dilakukan secara sistematis, (2) Hambatan dalam menerapkan pendekatan saintifik ialah kesulitan menyusun kegiatan dan menemukan media pembelajaran, (3) pendekatan saintifik memiliki dampak positif bagi kemampuan kognitif, komunikasi dan social-emosional anak usia dini.

Keywords


pendekatan saintifik; proses pembelajaran; PAUD

Full Text:

PDF

References


Aryani, M. F. (2014). Studi Kasus Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Guru-Guru Di Sma N 1 Bawang (Studi Pada Tahun Ajaran 2013/2014). Economic Education Analysis Journal, 3(3), 558–563.

Desouza, J. M. S. (2017). Conceptual play and science inquiry: Using the 5E instructional model. Pedagogies, 12(4), 340–353. https://doi.org/10.1080/1554480X.2017.1373651

Diego, S. (2013). Play Pedagogy and Playworlds. June, 1–5.

Dorger W. bybee dkk. (2006). the BSCS 5E Instructional Model: Origins and Effectiveness.

Fitriyah, N., Munawaroh, F., Hadi, W. P., & Qomaria, N. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science (Clis) Dengan Strategi Scaffolding. Natural Science Education Research, 2(3), 220–229. https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.11454

Fleer, M. (2009a). Supporting scientific conceptual consciousness or learning in “a Roundabout Way” in play-based contexts. International Journal of Science Education, 31(8), 1069–1089. https://doi.org/10.1080/09500690801953161

Fleer, M. (2009b). Understanding the dialectical relations between everyday concepts and scientific concepts within play-based programs. Research in Science Education, 39(2), 281–306. https://doi.org/10.1007/s11165-008-9085-x

Hansson, L., Leden, L., & Thulin, S. (2021). Nature of science in early years science teaching. European Early Childhood Education Research Journal. https://doi.org/10.1080/1350293X.2021.1968463

Iselin, J. P. (2021). Teaching Critical Thinking Through Simple Experiments. https://doi.org/10.18260/1-2-1128-36175

Miettinen, R. (2000). The concept of experiential learning and john dewey’s theory of reflective thought and action. International Journal of Lifelong Education, 19(1), 54–72. https://doi.org/10.1080/026013700293458

Pollarolo, E., Størksen, I., Skarstein, T. H., & Kucirkova, N. (2023). Children’s critical thinking skills: Perceptions of Norwegian early childhood educators. European Early Childhood Education Research Journal, 31(2), 259–271. https://doi.org/10.1080/1350293X.2022.2081349

Pramling, N., Wallerstedt, C., Lagerlöf, P., Björklund, C., Kultti, A., Palmér, H., Magnusson, M., Thulin, S., Jonsson, A., & Pramling Samuelsson, I. (2019). Play-responsive teaching in early childhood education. In International Perspectives on Early Childhood Education and Development NV - 26.

Rohita, R., Yetti, E., & Sumadi, T. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Anak: Analisis pada Pengenalan Budaya Lebak dalam Pembelajaran di TK. 7(6), 6566–6578. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5326

Setiawan, A. R. (2019). Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi sebagai upaya melatih literasi saintifik. Seminar Nasional Biologi “Inovasi Penelitian Dan Pendidikan Biologi II (IP2B III) 2019,” Ip2b Iii, 140–145.

Shapiro, S., & Leopold, L. (2012). Perspectives A Critical Role for Role-Playing Pedagogy. TESL Canada Journal, 29(2), 120–130.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Utami, A. D., Fleer, M., & Li, L. (2023). Perezhivanie: An investigation into drama and emotions as children enter a conceptual Playworld. Learning, Culture and Social Interaction, 43. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2023.100774

Vartiainen, J., & Kumpulainen, K. (2020). Playing with science: Manifestation of scientific play in early science inquiry. European Early Childhood Education Research Journal, 28(4), 490–503. https://doi.org/10.1080/1350293X.2020.1783924

Walan, S., & Enochsson, A. B. (2019). The potential of using a combination of storytelling and drama, when teaching young children science. European Early Childhood Education Research Journal, 27(6), 821–836. https://doi.org/10.1080/1350293X.2019.1678923

Whitebread, D., Coltman, P., Jameson, H., & Lander, R. (2009). What exactly are children learning when they learn through play ? Educational & Child Psychology, 26(2), 40–52.

Yus, A. (2013). Bermain Sebagai Kebutuhan Dan Strategi Pengembangan Diri Anak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 8(2), 153–158. https://doi.org/10.21009/jiv.0802.9




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v6i2.2184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760