Eksplorasi Rasa sebagai Media Stimulasi Kognitif pada Anak Usia Dini dalam Konteks Pembelajaran Sains

Nur Ifyati, Siti Inganah

Abstract


Stimulasi kognitif pada Anak Usia Dini dapat dilakukan melalui berbagai aktivitas yang bersifat konkret dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan mengenalkan konsep sains melalui pengalaman langsung yang melibatkan indra. Eksplorasi rasa merupakan salah satu bentuk kegiatan multisensorik yang dapat mendukung perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan eksplorasi rasa sebagai media stimulasi kognitif pada Anak Usia Dini dalam konteks pembelajaran sains. Eksplorasi rasa dilakukan melalui permainan Tebak Rasa dan Roda Rasa dengan bahan-bahan seperti buah, sayur, makanan, minuman, obat-obatan, dan bumbu dapur. Hasil kegiatan menunjujkkan bahwa eksplorasi rasa mampu meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan rasa, mengelompokkan bahan berdasarkan karakteristinya, serta mengembangkan keterampilan berpikir ilmiah secara menyenangkan dan bermakna, karena kegiatan ini memberikan pengalaman langsung yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran sains di PAUD, yaitu konkret, eksploratif dan kontekstual.

Keywords


Anak Usia Dini; Eksplorasi Rasa; Stimulasi Kognitif; Pembelajaran Sains.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Abd Azis, M. R. (2024). Pengenalan sains melalui bermain rasa menggunakan media bahan dapur untuk memperluas pengalaman dan pengetahuan anak usia dini. WALADI:Wawasan Belajar Anak Usia Dini, 02(1).

Agama, P., Di, I., & Medan, M. A. N. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758

Ananda, P. N., & Salamah, U. (2024). Sains Anak Usia Dini The Effect Of Experimental Methods On Early. 11(2), 196–208.

Atin Risnawati. (2020). Pentingnya pembelajaran sains bagi pendidikan anak usia dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 513–515.

Etivali, A. U. Al, & Alaika M, B. Kurnia ps. (2019). pendidikan pada anak usia dini. Penelitian Medan Agama, 10, 212–237.

Fitriani, I. I., Oktavia, S., & Amalia, D. (2022). Pengaruh Permainan Eksplorasi Sains Terhadap Perilaku Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 23(1), 40–48. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4664

Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Trussmedia Grafika..

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735

Hasmar, W., Sari, I. P., & Warahmah, M. (2021). Kegiatan Eksplorasi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Islam Baiturrahim Jambi. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 3(3), 264. https://doi.org/10.36565/jak.v3i3.241

Indra, P. (2024). Sosialisasi Alat Peraga Panca Indra Sebagai Media Pendukung Belajar Kepada Anak Sekolah Dasar Di Desa Kadudodol. Informasi Artikel, 01, 4–8.

Marlina, A. I., Soni, N. N., & Rizal, S. (2019). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Untuk Anak Usia Dini. Tarbiyah Al-Aulad |, 4(1), 98. http://riset-iaid.net/index.php/TA

Novita, W., Safitri, A., Dwi saputra, A., Lutfhia Ananda, M., Ersyliasari, A., & Rosyada, A. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Kognitif Oleh Jean Piaget Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SD/MI. Hypothesis : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 122–134. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.662

Novitasari, D., & Fitria, N. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.595

Robingatin, R., & Khadijah, K. (2019). Kemitraan Orangtua dan Masyarakat Dalam Program Pendidikan Anak Usia dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 35–57. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4621

Rostina, Arsyad Said, & Syamsidar. (2021). Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Membedakan Macam-Macam Rasa Melalui Metode Demonstrasi di Kelompok A TK Posimpotove Tawaeli. Jurnal Kolaboratif Sains, 4(2), 72–87. https://doi.org/10.56338/jks.v4i2.1781

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Sovia Mas Ayu, Asmara Dewi, R. F. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak. 2, 8–21.

Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60

Susilawati, & Sumitra, A. (2021). Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 2714–4107.

Umam, A. K. (2021). Pengembangan kognitif anak usia dini berbasis kajian teoritis dan studi empiris.

Windayani, N. L. I. (2024). Sains untuk Anak Usia Dini, Kota Metro: Literasi Nusantara Abadi Grup.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760