Chromebook sebagai Media Pembelajaran Multiliterasi dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Fase A

Ahmad Lutfi, Endang Citra Surya Indah, Khabib Choiriyah, Yusuf Faisal, Siti Roudhotul Jannah

Abstract


Perkembangan teknologi digital mendorong dunia pendidikan untuk terus berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan kolaboratif. Pendidikan Agama Islam (PAI) dituntut untuk mengikuti arus ini dengan menerapkan pendekatan multiliterasi yang meliputi literasi digital, visual, dan kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan Chromebook sebagai sarana pembelajaran multiliterasi pada siswa fase A (kelas I dan II sekolah dasar). Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui observasi langsung dan wawancara dengan guru serta siswa. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan Chromebook dapat meningkatkan kompetensi multiliterasi siswa serta mendukung terciptanya proses belajar PAI yang lebih inovatif, partisipatif, dan bermakna. Penelitian ini merekomendasikan penguatan literasi digital bagi pendidik dan peningkatan sarana teknologi sebagai langkah strategis dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0.

Keywords


Chromebook; Inovasi Pembelajaran PAI; Multiliterasi; Siswa Fase A

Full Text:

PDF Turnitin

References


Ali, M. K., & Syahputra, E. (2024). Pengembangan media literasi moderasi beragama menggunakan augmented reality di kalangan siswa sekolah menengah atas. 9(1), 10–19.

Alifa, D. (2024). Jurnal Teknologi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 2(23). https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329

Astuti, A. P., Suyoto, S., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Chromebook Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Sambirejo 02 Semarang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 938–942. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4825

Bitu, Y. S., Setiawi, A. P., Bili, F. G., Iriyani, S. A., Patty, N. S., Pgpaud, P. S., Loura, K., Sumba, K., Daya, B., & Timur, N. T. (2024). PEMBELAJARAN INTERAKTIF : MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN SISWA. 5(2), 193–198.

Fahza Alfaizi, F., Airohmah, Y., & Fatwa Anbiya, B. (2023). Analisis Konsep, Teori Teknologi Informasi Dan Implikasinya Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran PAI Di Indonesia: Sistematik Literatur Riview. Jurnal Sosial Teknologi, 3(11), 931–943. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.985

Fitrianti, N. A. F. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Melalui Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Ips Kelas V Di Sdn Bulukerto 03 Batu. Urnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(0), 1–23.

Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam : Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 177–188. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10426

Hasanah Zuniatul, dkk. (2024). Pemanfaatan Chromebook dalam Proses Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum Merdeka. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 347–361. https://jurnalp4i.com/index.php/teaching/index

Hidayat, H., Sholohah, F., Nur Fitria, N., Fikri Tamami, M., & Akbar, M. (2024). Makkiyah dan Madaniyah : Pengertian, Karakteristik, dan pembagian dalam Al-Qur’an. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 1(4), 337–341. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jkis/index

Ichsan, A., Febriani, E., Puspita, N. D., Puspitasari, W., Fadila, N., Baktiar, A. M., Studi, P., Agama, P., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (n.d.). Efektivitas Penggunaan Media Digital Dalam Proses Pembelajaran. 63–76.

Kanwil Kemenag KEPRI. (2024). Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis IT di SDN 006 Singkep: Naslinda Ajak Siswa Belajar Asmaul Husna dengan Chrome Book. https://kepri.kemenag.go.id/page/det/inovasi-pembelajaran-pai-berbasis-it-di-sdn-006-singkep-naslinda-ajak-siswa-belajar-asmaul-husna-dengan-chrome-book

Listiyani, I., & Muhammad, N. Y. (2023). Pengaruh Gamifikasi Quizizz Dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SD Muhammadiyah Mlangi Tahun Pelajaran 2022/2023. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 773–786. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.5029

Lisyawati, E., Mohsen, M., Hidayati, U., & Taufik, O. A. (2023). Literasi Digital Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada MA Nurul Qurâ€TMan Bogor. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(2), 224–242. https://doi.org/10.32729/edukasi.v21i2.1618

Maufiroh, Y., Afifulloh, M., & Safi’i, I. (2023). Pembelajaran PAI Berbasis Media Digital Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA AN-NUR Bululawang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 8(4), 53–61.

Qosim, Purwanti, I., Indira, I., Sulistyowati, R., Isfadia, H., & Santoso, S. (2023). Pengenalan Dasar Chromebook sebagai Digitalisasi Pembelajaran. Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(1), 6–10. https://doi.org/10.58906/abadi.v2i1.87

Ramadhan, A. F., Fakhruddin, A., & Faqihuddin, A. (2025). 1 , 2 , 3. 5(1), 1–15.

Ritonga, S., Febri, D., Lukluk, O., Jannah, S., & Muthmainnah, S. (2025). Pendekatan Multiliteracy Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Peningkatan Literasi Keagamaan Siswa. 2(1), 64–69.

Santoso, K. (2020). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 5 Nomor 1 Tahun 2020 P-ISSN: 2087-0678X. Pendidikan Islam, 5(2), 17–23.

Sitorus, B. R. (2021). Microsoft Teams dalam Pembelajaran Matematika untuk Mewujudkan Merdeka Belajar. 9–16. https://doi.org/10.26418/pipt.2021.26

Wulandari, F., Widyaningrum, N., Sa, N., & Masturoh, U. (2025). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis AR dan VR. 4(1), 61–70. https://doi.org/10.59373/academicus.v4i1.86




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760