Pemanfaatan Kearifan Lokal Nuwou Sesat dalam Pembelajaran Etnomatematika untuk Siswa Sekolah Dasar

Lely Kharisma Nabila Putri, Choirudin Choirudin, Muhammad Saidun Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan kearifan lokal rumah adat Nuwou Sesat dalam pembelajaran etnomatematika bagi siswa kelas III sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 1 Lampung Tengah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur matematika seperti bangun datar, simetri, dan pola bilangan dapat dikenalkan kepada siswa melalui pengamatan terhadap struktur arsitektur rumah adat Nuwou Sesat. Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis budaya lokal ini meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep matematika, dan rasa cinta terhadap budaya daerah. Dengan demikian, pembelajaran etnomatematika berbasis kearifan lokal menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah dasar.

Keywords


etnomatematika; kearifan lokal; Nuwou Sesat; matematika SD; budaya Lampung.

Full Text:

PDF

References


Amalia, F., & Herman, R. (2022). Integrating daily prayer practices in early childhood education to foster spiritual discipline. Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 33–45.

Bakari, S. R., Lakamaru, M. H., Basumbang, N., & Sayi, S. N. (2022). Development of early childhood character values through exemplary habituation in schools. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 1(2), 165–176.

Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Sage Publications.

D'Ambrosio, U. (2018). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 38(2), 2–7.

Fauzi, A., Arifah, N., & Setiawan, R. (2021). The effect of daily Murajaah on moral behavior in early childhood. Journal of Islamic Early Education, 4(1), 15–26.

Hasanah, N., & Handayani, L. (2023). Moderasi Beragama Anak Usia Dini di Era Digital. INSIS: Jurnal Ilmiah Sosial dan Ilmu Syari’ah, 3(1), 11–18.

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Pembelajaran SD. Jakarta: Kemendikbudristek.

Margaretha, L., & Haryono, M. (2024). Implementation of moral and religious values in early childhood. Journal of Early Childhood Development and Education, 1(1), 23–29.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Sage Publications.

Prasetya, A. K., & Kartini, R. (2022). Teachers’ perceptions on implementing character education in early childhood settings. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 145–158.

Putri, M. H., & Wulandari, A. (2022). Memorization habits and spiritual character development in preschoolers. Journal of Moral and Religious Education in Early Childhood, 2(2), 101–110.

Rahman, A. L., & Arifin, Z. (2022). The impact of etiquette-based moral literacy on preschoolers’ social competence. Journal of Early Childhood Character Education, 3(2), 89–102.

Rahmawati, L., & Fitriani, N. (2020). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 45–52.

Rahmawati, L., & Suyadi, S. (2021). The impact of voluntary prayer habituation on spiritual character development in kindergarten children. International Journal of Religious Education in Early Childhood, 5(2), 77–89.

Sari, D. P., & Lestari, P. (2021). Prosocial behavior in early childhood through daily moral habituation in schools. International Journal of Moral Education in Early Childhood, 4(1), 45–60.

Sari, D., & Wijaya, S. (2021). Documentation as a tool for evaluating moral literacy programs in kindergarten. International Journal of Early Childhood Education, 7(1), 45–54.

Sari, R., & Rozana, S. (2023). The importance of developing moral literacy in early childhood education: An integrative approach between religious values and morality. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, E., & Herman, T. (2021). Etnomatematika dan Pengembangannya dalam Pembelajaran. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 22–30.

Wulandari, S., & Nurhasanah, L. (2022). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika SD Berbasis Budaya Lokal. *Jurnal Pendi

Yuniarni, D. (2023). Character education in early childhood. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 6(1).




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v6i2.2212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760