Adaptasi Proses Pembelajaran Untuk Siswa Inklusif di Kelas Rendah Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
References
Agustin, R. (2023, November 12). Sekolah inklusi butuh lebih banyak guru pendamping khusus (GPK): Kenapa ini masih menjadi masalah? Kompasiana. https://www.kompasiana.com/raseliaagustin0722/677106deed641570ee1440a2/sekolah-inklusi-butuh-lebih-banyak-guru-pendamping-khusus-gpk-kenapa-ini-masih-menjadi-masalah(KOMPASIANA)
Anwar, L., & Fitria, R. (2021). Modifikasi pembelajaran dalam kurikulum 2013 untuk siswa inklusif. Jurnal Pendidikan dan Inovasi Kurikulum, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.20527/jpik.v9i1.9971
Arifin, M., & Maulana, R. (2022). Model analisis data kualitatif dalam penelitian pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 45–58. https://doi.org/10.1234/jpp.v17i2.456
Astuti, R., & Hidayati, N. (2022). Peran guru pendamping dalam pendidikan inklusif: Menangani hambatan sosial-emosional siswa. Jurnal Pendidikan Inklusif, 9(3), 145–158. https://doi.org/10.52056/jpi.v9i3.5042
Astuti, S., & Firmansyah, Y. (2022). Penggunaan media konkret untuk siswa berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Khusus Indonesia, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.31227/jpkhi.v4i1.2033
Astuti, W., & Kusumaningrum, P. (2021). Penggunaan media visual dalam pembelajaran inklusif untuk siswa tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(3), 23–34. https://doi.org/10.12910/jpk.v8i3.4812
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2021). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.
Damayanti, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2023). Implementasi kebijakan pendidikan inklusi di sekolah dasar. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 9(2s), 175–188.
Fauzi, M., & Indah, S. (2022). Mengintegrasikan gaya belajar VAK dalam pembelajaran kelas inklusif: Pengalaman dan refleksi. Jurnal Pendidikan Inklusif, 6(3), 88–98. https://doi.org/10.15748/jpi.v6i3.5120
Fauziah, I., & Mulyani, D. (2020). Evaluasi kurikulum untuk siswa slow learner di sekolah dasar inklusif. Jurnal Inovasi Pendidikan Khusus, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.23887/jipk.v3i1.30888
Fikriatunnisa, F., Hapsari, M. A., Yusman, Z. C., & Meilana, S. F. (2023). Implementasi kebijakan pendidikan inklusif di sekolah dasar: Tantangan dan solusi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21994
Gunawan, T., & Haryanto, M. (2021). Penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika untuk siswa berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–56. https://doi.org/10.1234/jpm.v12i1.3120
Handayani, R., & Suryani, D. (2023). Penilaian otentik dan adaptif dalam pendidikan inklusif: Konsep dan implementasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 78–92. https://doi.org/10.12345/jpp.v6i1.5432
Handayani, S., & Subekti, T. (2021). Adaptasi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1), 34–41. https://doi.org/10.26740/jpk.v9n1.p34-41
Handayani, S., & Suryani, R. (2023). Implementasi alat peraga konkret dalam pembelajaran matematika di kelas inklusif sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inklusif, 10(2), 115–128. https://doi.org/10.52056/jpi.v10i2.5421
Hidayati, N., & Sulistyorini, E. (2023). Pengembangan RPP berbasis inklusif pada jenjang sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2), 88–96. https://doi.org/10.15294/jip.v5i2.61723
Junaidi, R., & Haryanti, Y. (2020). Evaluasi pembelajaran inklusif dengan pendekatan diferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 101–112. https://doi.org/10.20885/jip.v4i2.1524
Kartika, H. (2021). Pengembangan asesmen berbasis portofolio untuk siswa difabel. Jurnal Penilaian Pendidikan, 6(2), 45–55. https://doi.org/10.18592/jpp.v6i2.3112
Kusmaryono, I. (2023). Faktor berpengaruh, tantangan, dan kebutuhan guru di sekolah inklusi di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 12–23. https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.12-23(LYAS Publisher)
Lestari, P., & Nurhasanah, S. (2023). Observasi sebagai teknik pengumpulan data dalam pendidikan inklusif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 10(2), 90–99. https://doi.org/10.31227/jipa.v10i2.989
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Sage Publications.
Mulyani, D., & Alfi, R. (2023). Pembelajaran diferensiasi dalam pendidikan inklusif: Implementasi dan tantangan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inklusif dan Diferensiasi, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.35824/jpid.v2i1.3146
Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2023). Implementasi kebijakan pendidikan inklusi di sekolah dasar. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 9(2s), 175–188. https://www.researchgate.net/publication/355593793_Implementasi_Kebijakan_Pendidikan_Inklusi_di_Sekolah_Dasar
Nasution, R. (2021). Pendekatan purposive sampling dalam penelitian pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(1), 55–63. https://doi.org/10.33369/jppd.v8i1.444
Permatasari, A. (2022). Teknik wawancara dalam penelitian kualitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Sosial, 11(2), 78–85. https://doi.org/10.36782/jpps.v11i2.512
Prasetyo, H., & Hidayat, S. (2022). Evaluasi portofolio dalam pendidikan inklusif: Menilai kemajuan siswa secara holistik. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia, 8(1), 55–67. https://doi.org/10.21272/jpii.v8i1.3728
Prasetyo, H., & Rachmawati, S. (2023). Pendekatan visual-auditori-kinestetik (VAK) dalam pembelajaran matematika di kelas inklusi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Inklusif, 4(2), 77–89. https://doi.org/10.24319/jppi.v4i2.5690
Putra, I. P., & Asih, H. S. (2022). Hambatan dan solusi dalam penerapan pembelajaran fleksibel di kelas inklusif. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia, 3(1), 39–48. https://doi.org/10.32331/jpii.v3i1.5336
Putri, A. R., & Anwar, C. (2021). Strategi adaptasi kurikulum bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(2), 59–68. https://doi.org/10.21009/jpk.082.06
Putri, D., & Anwar, Y. (2021). Modifikasi kurikulum dalam pembelajaran inklusif. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(3), 112–119. https://doi.org/10.21009/jipi.v6i3.144
Putri, I. P., & Rahmawati, A. (2021). Kolaborasi guru pendamping dan guru kelas dalam menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 123–135. https://doi.org/10.20885/jip.v9i1.4230
Rahman, H., & Putri, A. (2021). Model pembelajaran inklusif berbasis teknologi untuk anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia, 2(2), 67–79. https://doi.org/10.21476/jpii.v2i2.4198
Rahman, T., & Suryani, D. (2024). Desain kurikulum adaptif di sekolah dasar inklusi. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 7(1), 66–75. https://doi.org/10.23887/jpp.v7i1.51944
Ramli, F., & Hidayati, S. (2023). Strategi pembelajaran berbasis permainan dalam kelas inklusif di sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran Kreatif, 8(1), 111–123. https://doi.org/10.18143/jpk.v8i1.7386
Rita, P., & Puspitasari, A. (2022). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan pendidikan inklusif untuk pembelajaran yang lebih efektif. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.22034/jpp.v5i1.6598
Riyanto, B., & Rahmawati, D. (2021). Penerapan media visual untuk mendukung pembelajaran siswa inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(1), 45–58. https://doi.org/10.3338/jpk.v5i1.4012
Riyanto, D., & Hidayat, R. (2022). Curriculum compacting untuk pendidikan inklusif: Tinjauan teoritis dan praktik lapangan. EduInklusif: Jurnal Pendidikan Inklusif, 3(1), 21–33. https://doi.org/10.5281/zenodo.7063503
Riyanto, S., & Hidayat, A. (2022). Strategi pembelajaran diferensiasi di kelas inklusif. Jurnal Pendidikan Inklusif, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jpi.v4i1.120
Safitri, E., & Ramadhan, B. (2023). Strategi guru dalam menyusun LKPD adaptif. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 8(1), 71–81. https://doi.org/10.15294/jpi.v8i1.4722
Sari, M., & Wahyuni, D. (2022). Model pembelajaran inklusif berbasis diskusi kelompok kecil di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inklusif, 9(3), 121–134. https://doi.org/10.54321/jpi.v9i3.1076
Sari, M., & Yuliana, E. (2021). Evaluasi program pembelajaran individual di sekolah inklusif: Peran guru pendamping khusus. Jurnal Pendidikan Khusus dan Inklusif, 5(2), 201–214. https://doi.org/10.32724/jpki.v5i2.4126
Setiawan, A., & Nurul, A. (2023). Peran guru dalam menyusun tujuan pembelajaran individual bagi siswa berkebutuhan khusus. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(3), 154–163. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i3.7214
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.
Sumiati, R., & Widodo, S. (2021). Mengoptimalkan pembelajaran kolaboratif dalam pendidikan inklusif: Perspektif guru dan siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 150–162. https://doi.org/10.30294/jpd.v6i2.4567
Sutrisno, B., & Nurhidayah, N. (2021). Penilaian otentik untuk siswa inklusif: Studi kasus di SD Cahaya Bangsa Metro. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(2), 202–215. https://doi.org/10.53543/jpi.v8i2.3231
Wahyuni, E. (2024). Triangulasi dalam penelitian kualitatif pendidikan. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 12(1), 88–97. https://doi.org/10.21831/jisp.v12i1.211
Wahyuni, E. S., & Damarjati, R. (2021). Efektivitas pembelajaran diferensiasi pada kelas inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia, 10(2), 100–112. https://doi.org/10.22146/jpii.2021.5401
Wahyuni, E., & Tanuwidjaja, R. (2022). Evaluasi penggunaan metode kinestetik dalam pembelajaran inklusif di sekolah dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.21831/jep.v3i2.4571
Wahyuni, R., & Tanuwidjaja, D. (2022). Pembelajaran inklusif: Peran guru pendamping khusus dalam membantu siswa dengan hambatan kognitif dan emosional. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Inklusif, 10(1), 78–89. https://doi.org/10.24319/jppi.v10i1.5602
Warminda, Y., Hasrul, H., & Haryani, M. (2022). Implementasi kebijakan Permendiknas No. 70 Tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi ABK dan/atau memiliki bakat istimewa di SMPN Kota Padang. Jurnal Basicedu, 6(6), 9989–10003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4047(Journal Universitas Pasundan)
Widodo, H., & Salamah, R. (2020). Kendala pelaksanaan pendidikan inklusif di daerah perkotaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.17977/jpd.v5i1.7546
Widodo, S., & Kartika, P. (2020). Pembelajaran matematika berbasis alat peraga di kelas inklusif sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 105–117. https://doi.org/10.24319/jpd.v6i3.4326
Yuliana, D., & Kartika, P. (2022). Pembelajaran inklusif dan penilaian otentik: Implementasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(3), 134–146. https://doi.org/10.52056/jpk.v5i3.4237
Yuliana, D., & Kartika, P. (2022). Pembelajaran inklusif dan penilaian otentik: Implementasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(3), 134–146. https://doi.org/10.52056/jpk.v5i3.4237
Yuliana, S., & Hartati, N. (2022). Tantangan guru dalam implementasi kurikulum inklusif di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 115–124. https://doi.org/10.35760/jipd.2022.v7i2.4121
Yuliana, S., & Kartika, R. (2022). Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran inklusif untuk anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia, 3(1), 62–75. https://doi.org/10.32724/jpii.v3i1.5973
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2214
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



