Adaptasi Proses Pembelajaran Untuk Siswa Inklusif di Kelas Rendah Sekolah Dasar

Imah Salamah, Oki Darmawan, Sovia Mas Ayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis adaptasi proses pembelajaran bagi siswa inklusif di kelas rendah SD Cahaya Bangsa Metro. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian melibatkan tiga guru kelas rendah dan satu guru pendamping khusus (GPK) sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan modifikasi kurikulum dan strategi pembelajaran berbasis gaya belajar siswa, serta menggunakan media konkret dan visual untuk meningkatkan pemahaman. Tantangan utama yang dihadapi mencakup keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan tentang pendidikan inklusif, dan perbedaan kemampuan siswa. Namun, dukungan dari kepala sekolah serta kolaborasi dengan orang tua menjadi faktor penting dalam mengatasi hambatan tersebut. Guru juga menerapkan penilaian adaptif dan otentik yang menekankan proses dan kemajuan siswa, bukan hanya hasil akhir. Penelitian ini memberikan wawasan tentang praktik pendidikan inklusif yang efektif di sekolah dasar serta strategi yang dapat diterapkan untuk mendukung keberagaman kebutuhan siswa.

Keywords


adaptive assessment; inclusive education; learning adaptation; learning strategies; lower elementary school class.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Agustin, R. (2023, November 12). Sekolah inklusi butuh lebih banyak guru pendamping khusus (GPK): Kenapa ini masih menjadi masalah? Kompasiana. https://www.kompasiana.com/raseliaagustin0722/677106deed641570ee1440a2/sekolah-inklusi-butuh-lebih-banyak-guru-pendamping-khusus-gpk-kenapa-ini-masih-menjadi-masalah(KOMPASIANA)

Anwar, L., & Fitria, R. (2021). Modifikasi pembelajaran dalam kurikulum 2013 untuk siswa inklusif. Jurnal Pendidikan dan Inovasi Kurikulum, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.20527/jpik.v9i1.9971

Arifin, M., & Maulana, R. (2022). Model analisis data kualitatif dalam penelitian pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 45–58. https://doi.org/10.1234/jpp.v17i2.456

Astuti, R., & Hidayati, N. (2022). Peran guru pendamping dalam pendidikan inklusif: Menangani hambatan sosial-emosional siswa. Jurnal Pendidikan Inklusif, 9(3), 145–158. https://doi.org/10.52056/jpi.v9i3.5042

Astuti, S., & Firmansyah, Y. (2022). Penggunaan media konkret untuk siswa berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Khusus Indonesia, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.31227/jpkhi.v4i1.2033

Astuti, W., & Kusumaningrum, P. (2021). Penggunaan media visual dalam pembelajaran inklusif untuk siswa tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(3), 23–34. https://doi.org/10.12910/jpk.v8i3.4812

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2021). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.

Damayanti, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2023). Implementasi kebijakan pendidikan inklusi di sekolah dasar. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 9(2s), 175–188.

Fauzi, M., & Indah, S. (2022). Mengintegrasikan gaya belajar VAK dalam pembelajaran kelas inklusif: Pengalaman dan refleksi. Jurnal Pendidikan Inklusif, 6(3), 88–98. https://doi.org/10.15748/jpi.v6i3.5120

Fauziah, I., & Mulyani, D. (2020). Evaluasi kurikulum untuk siswa slow learner di sekolah dasar inklusif. Jurnal Inovasi Pendidikan Khusus, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.23887/jipk.v3i1.30888

Fikriatunnisa, F., Hapsari, M. A., Yusman, Z. C., & Meilana, S. F. (2023). Implementasi kebijakan pendidikan inklusif di sekolah dasar: Tantangan dan solusi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21994

Gunawan, T., & Haryanto, M. (2021). Penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika untuk siswa berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–56. https://doi.org/10.1234/jpm.v12i1.3120

Handayani, R., & Suryani, D. (2023). Penilaian otentik dan adaptif dalam pendidikan inklusif: Konsep dan implementasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 78–92. https://doi.org/10.12345/jpp.v6i1.5432

Handayani, S., & Subekti, T. (2021). Adaptasi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1), 34–41. https://doi.org/10.26740/jpk.v9n1.p34-41

Handayani, S., & Suryani, R. (2023). Implementasi alat peraga konkret dalam pembelajaran matematika di kelas inklusif sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inklusif, 10(2), 115–128. https://doi.org/10.52056/jpi.v10i2.5421

Hidayati, N., & Sulistyorini, E. (2023). Pengembangan RPP berbasis inklusif pada jenjang sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2), 88–96. https://doi.org/10.15294/jip.v5i2.61723

Junaidi, R., & Haryanti, Y. (2020). Evaluasi pembelajaran inklusif dengan pendekatan diferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 101–112. https://doi.org/10.20885/jip.v4i2.1524

Kartika, H. (2021). Pengembangan asesmen berbasis portofolio untuk siswa difabel. Jurnal Penilaian Pendidikan, 6(2), 45–55. https://doi.org/10.18592/jpp.v6i2.3112

Kusmaryono, I. (2023). Faktor berpengaruh, tantangan, dan kebutuhan guru di sekolah inklusi di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 12–23. https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.12-23(LYAS Publisher)

Lestari, P., & Nurhasanah, S. (2023). Observasi sebagai teknik pengumpulan data dalam pendidikan inklusif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 10(2), 90–99. https://doi.org/10.31227/jipa.v10i2.989

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Sage Publications.

Mulyani, D., & Alfi, R. (2023). Pembelajaran diferensiasi dalam pendidikan inklusif: Implementasi dan tantangan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inklusif dan Diferensiasi, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.35824/jpid.v2i1.3146

Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2023). Implementasi kebijakan pendidikan inklusi di sekolah dasar. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 9(2s), 175–188. https://www.researchgate.net/publication/355593793_Implementasi_Kebijakan_Pendidikan_Inklusi_di_Sekolah_Dasar

Nasution, R. (2021). Pendekatan purposive sampling dalam penelitian pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(1), 55–63. https://doi.org/10.33369/jppd.v8i1.444

Permatasari, A. (2022). Teknik wawancara dalam penelitian kualitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Sosial, 11(2), 78–85. https://doi.org/10.36782/jpps.v11i2.512

Prasetyo, H., & Hidayat, S. (2022). Evaluasi portofolio dalam pendidikan inklusif: Menilai kemajuan siswa secara holistik. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia, 8(1), 55–67. https://doi.org/10.21272/jpii.v8i1.3728

Prasetyo, H., & Rachmawati, S. (2023). Pendekatan visual-auditori-kinestetik (VAK) dalam pembelajaran matematika di kelas inklusi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Inklusif, 4(2), 77–89. https://doi.org/10.24319/jppi.v4i2.5690

Putra, I. P., & Asih, H. S. (2022). Hambatan dan solusi dalam penerapan pembelajaran fleksibel di kelas inklusif. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia, 3(1), 39–48. https://doi.org/10.32331/jpii.v3i1.5336

Putri, A. R., & Anwar, C. (2021). Strategi adaptasi kurikulum bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(2), 59–68. https://doi.org/10.21009/jpk.082.06

Putri, D., & Anwar, Y. (2021). Modifikasi kurikulum dalam pembelajaran inklusif. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(3), 112–119. https://doi.org/10.21009/jipi.v6i3.144

Putri, I. P., & Rahmawati, A. (2021). Kolaborasi guru pendamping dan guru kelas dalam menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 123–135. https://doi.org/10.20885/jip.v9i1.4230

Rahman, H., & Putri, A. (2021). Model pembelajaran inklusif berbasis teknologi untuk anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia, 2(2), 67–79. https://doi.org/10.21476/jpii.v2i2.4198

Rahman, T., & Suryani, D. (2024). Desain kurikulum adaptif di sekolah dasar inklusi. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 7(1), 66–75. https://doi.org/10.23887/jpp.v7i1.51944

Ramli, F., & Hidayati, S. (2023). Strategi pembelajaran berbasis permainan dalam kelas inklusif di sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran Kreatif, 8(1), 111–123. https://doi.org/10.18143/jpk.v8i1.7386

Rita, P., & Puspitasari, A. (2022). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan pendidikan inklusif untuk pembelajaran yang lebih efektif. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.22034/jpp.v5i1.6598

Riyanto, B., & Rahmawati, D. (2021). Penerapan media visual untuk mendukung pembelajaran siswa inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(1), 45–58. https://doi.org/10.3338/jpk.v5i1.4012

Riyanto, D., & Hidayat, R. (2022). Curriculum compacting untuk pendidikan inklusif: Tinjauan teoritis dan praktik lapangan. EduInklusif: Jurnal Pendidikan Inklusif, 3(1), 21–33. https://doi.org/10.5281/zenodo.7063503

Riyanto, S., & Hidayat, A. (2022). Strategi pembelajaran diferensiasi di kelas inklusif. Jurnal Pendidikan Inklusif, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jpi.v4i1.120

Safitri, E., & Ramadhan, B. (2023). Strategi guru dalam menyusun LKPD adaptif. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 8(1), 71–81. https://doi.org/10.15294/jpi.v8i1.4722

Sari, M., & Wahyuni, D. (2022). Model pembelajaran inklusif berbasis diskusi kelompok kecil di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inklusif, 9(3), 121–134. https://doi.org/10.54321/jpi.v9i3.1076

Sari, M., & Yuliana, E. (2021). Evaluasi program pembelajaran individual di sekolah inklusif: Peran guru pendamping khusus. Jurnal Pendidikan Khusus dan Inklusif, 5(2), 201–214. https://doi.org/10.32724/jpki.v5i2.4126

Setiawan, A., & Nurul, A. (2023). Peran guru dalam menyusun tujuan pembelajaran individual bagi siswa berkebutuhan khusus. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(3), 154–163. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i3.7214

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Sumiati, R., & Widodo, S. (2021). Mengoptimalkan pembelajaran kolaboratif dalam pendidikan inklusif: Perspektif guru dan siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 150–162. https://doi.org/10.30294/jpd.v6i2.4567

Sutrisno, B., & Nurhidayah, N. (2021). Penilaian otentik untuk siswa inklusif: Studi kasus di SD Cahaya Bangsa Metro. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(2), 202–215. https://doi.org/10.53543/jpi.v8i2.3231

Wahyuni, E. (2024). Triangulasi dalam penelitian kualitatif pendidikan. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 12(1), 88–97. https://doi.org/10.21831/jisp.v12i1.211

Wahyuni, E. S., & Damarjati, R. (2021). Efektivitas pembelajaran diferensiasi pada kelas inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia, 10(2), 100–112. https://doi.org/10.22146/jpii.2021.5401

Wahyuni, E., & Tanuwidjaja, R. (2022). Evaluasi penggunaan metode kinestetik dalam pembelajaran inklusif di sekolah dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.21831/jep.v3i2.4571

Wahyuni, R., & Tanuwidjaja, D. (2022). Pembelajaran inklusif: Peran guru pendamping khusus dalam membantu siswa dengan hambatan kognitif dan emosional. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Inklusif, 10(1), 78–89. https://doi.org/10.24319/jppi.v10i1.5602

Warminda, Y., Hasrul, H., & Haryani, M. (2022). Implementasi kebijakan Permendiknas No. 70 Tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi ABK dan/atau memiliki bakat istimewa di SMPN Kota Padang. Jurnal Basicedu, 6(6), 9989–10003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4047(Journal Universitas Pasundan)

Widodo, H., & Salamah, R. (2020). Kendala pelaksanaan pendidikan inklusif di daerah perkotaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.17977/jpd.v5i1.7546

Widodo, S., & Kartika, P. (2020). Pembelajaran matematika berbasis alat peraga di kelas inklusif sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 105–117. https://doi.org/10.24319/jpd.v6i3.4326

Yuliana, D., & Kartika, P. (2022). Pembelajaran inklusif dan penilaian otentik: Implementasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(3), 134–146. https://doi.org/10.52056/jpk.v5i3.4237

Yuliana, D., & Kartika, P. (2022). Pembelajaran inklusif dan penilaian otentik: Implementasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(3), 134–146. https://doi.org/10.52056/jpk.v5i3.4237

Yuliana, S., & Hartati, N. (2022). Tantangan guru dalam implementasi kurikulum inklusif di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 115–124. https://doi.org/10.35760/jipd.2022.v7i2.4121

Yuliana, S., & Kartika, R. (2022). Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran inklusif untuk anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia, 3(1), 62–75. https://doi.org/10.32724/jpii.v3i1.5973




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760