Pengembangan Video Edukasi Gizi Berbasis Makanan Tradisional dalam Pengenalan Budaya Kaili

Khairina Khairina, Shofiyanti Nur Zuama, Muhammad Akbar, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Pengenalan budaya lokal sejak usia dini penting untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap warisan daerah, termasuk melalui makanan tradisional. Penelitian ini bertujuan mengembangkan video edukasi gizi berbasis makanan tradisional sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan budaya Kaili kepada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 10 anak kelompok B PAUD Tunas Tadulako. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video edukasi mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenali, membedakan, dan menceritakan kembali isi video terkait makanan tradisional Kaili, seperti sayur kelor. Sebanyak 70% anak berada dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 30% dalam kategori Mulai Berkembang (MB). Validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata 3,80 dan validasi ahli media 3,90, yang berarti media sangat layak digunakan. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa video edukasi gizi berbasis makanan tradisional efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan budaya lokal kepada anak usia dini, serta dapat dijadikan referensi bagi pengembangan media serupa di PAUD lainnya.

Keywords


Anak Usia Dini; Budaya Kaili; Makanan Tradisional; Video Edukasi Gizi

Full Text:

PDF Turnitin

References


Amelia, R., & Kartika, N. (2023). “Integrasi Budaya Lokal dalam Media Pembelajaran Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Indonesia, 9(1), 56–64. https://doi.org/10.31227/jpai.v9i1.2023

Aramudin, A., Lin, S.-H., & Susanti, R. H. (2024). “Cross-Cultural Analysis of Local Wisdom in Primary School Social Science Latest Curricula: Taiwan vs. Indonesia”. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/elementary.v12i1.23668

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Banks, J. A. (2009). Multicultural Education: Issues and Perspectives (7th ed.). New York: John Wiley & Sons.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE approach. New York: Springer

Fasli, J. (2010). Pendidikan Gizi: Dasar dan Penerapannya. Jakarta: EGC.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Lestari, N., & Wibowo, A. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video dengan Model ADDIE”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 103–111. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.15026

Musbikin. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Putra, D. E., & Eliza, D. (2023). “Video Edukasi Gizi Berbasis Makanan Tradisional Dalam Pengenalan Budaya Minangkabau”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 112–120

Putra, D. E., & Eliza, D. (2023). “Video Edukasi Gizi Berbasis Makanan Tradisional dalam Pengenalan Budaya Minangkabau”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 112–120. https://doi.org/10.33369/paud.v7i2.3122

Ramadhani, F., & Munandar, A. (2022). “Pengaruh Media Animasi terhadap Keterlibatan Belajar Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.31227/jpa.v8i1.2077

Sari, L. M., & Nugroho, B. S. (2021). :Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Budaya Lokal untuk PAUD”. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(3), 189–198. https://doi.org/10.23887/jip.v27i3.3912

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suryani, T., & Ardian, A. (2020). “Revitalisasi Budaya Lokal di Tengah Arus Globalisasi”. Jurnal Sosial dan Budaya, 15(1), 45–55

Wijayanti, S., & Aditya, M. (2022). “Penerapan Video Edukasi dalam Peningkatan Minat Belajar Anak”. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 90–98. https://doi.org/10.21009/jip.v10i1.2245

Wulandari, D., & Hidayat, T. (2020). “Video Interaktif Berbasis Budaya Lokal Sebagai Media Pembelajaran Kontekstual”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–34. https://doi.org/10.31004/paud.v5i1.788

Yuliani, S. M., & Pratama, R. A. (2025). “Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Media Visual Edukatif”. PAUD Nusantara, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.54045/paudnusantara.v3i1.256




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760