Model Pembelajaran Talking Stick untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun

Astri Octavia, Nyimas Muazzomi, Winda Sherly Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Bina Mulya Kec. Pelepat Ilir Kab. Bungo. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan bentuk one grup pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak di TK Bina Mulya Kec.Pelepat Ilir Kab. Bungo dengan jumlah 40 orang anak. Sampel pada penelitian adalah anak kelas TK B uisa 5-6 tahun dengan jumlah 28 orang anak, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi, lembar observasi yang digunakan yaitu instrument penelitian yang telah diuji validasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan paired samples t-test. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran talking stick terhadap peningkatan kemampuan berpikir simbolik anak. Perhitungan effect size menghasilkan nilai sebesar 4, yang masuk dalam kategori efek kuat. Dengan demikian, model pembelajaran talking stick efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5–6 tahun. Peneliti merekomendasikan penggunaan model ini secara aktif dalam proses pembelajaran PAUD

Keywords


Talking Stick; Berpikir Simbolik; Anak Usia Dini; Model Pembelajaran

Full Text:

PDF Turnitin

References


Agustiari, N. P. S., Ganing, N. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35519

Barokah, R., & Darminto, B. P. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar matematika melalui metode talking stick. EKUIVALEN - Pendidikan Matematika, 14, 18–23.

Iwan, Wambrauw, H. L., & Fidmatan, S. S. (2016). Dosen Pendidikan Biologi FKIP UNIPA Dosen Pendidikan Biologi FKIP UNIPA 3 Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNIPA. Jurnal Pancaram, 5(1), 1–12. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/298990933.pdf

Jamaris, M. (2014). Kesulitan belajar: perspektif, asesmen, dan penanggulangannya. Ghalia Indonesia.

Kencanawati, I., Bachtiar, M. Y., & Lismayani, A. (2023). Indonesian Journal of Early Childhood Education Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Raudhatul Jannah, 6, 1–13.

Kurniasih, I. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jawa Timur: kata pena.

Nurmaulidyah, Mutia, Dalle Ambo, F. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Sma Negeri 2 Majene. Diploma Thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR., 1–18.

Pertiwi, N. K. R., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2878

Ridha Mardiyah, T., & Amal, A. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Loose Parts Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun, 7(1). Retrieved from https://rgap.uho.ac.id/index.php/journal

Rudi Susilana, C. R. (2017). MEDIA PEMBELAJARAN (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian). Bandung: CV. Wacana Prima.

Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sibuea, M. S. W. B., & Syahfitri, D. (2018). Metode Tongkat Berbicara (Talking Stick) dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Menanggapi Cerita Pendek. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 2(1), 30. https://doi.org/10.23887/jppsh.v2i1.14007

Siregar, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indra. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 3(2), 100. https://doi.org/10.22373/biotik.v3i2.999

Sudarna, P. A. U. D. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Yogyakarta: Genius Publizer.

Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 298–308. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian.

Suhardiana, I. P. A. (2019). MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK SEBAGAI PENDUKUNG Bahasa Inggris pada masa sekarang ini tidak boleh dipandang sebelah mata . Melihat fenomena begitu pentingnya bahasa Inggris , banyak orang tua yang memiliki hasrat mengajarkan anaknya bahasa Inggris seja, 3(1), 41–54.

Sukmadiani, D. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK HINDU UDIANA SARI. Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2.

Suprijono, A. (2016). Cooperative learning : Teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya Amanda, R., & Hasni, U. (2024). Analisis Penggunaan Authentic Assesment sebagai Alat Pengukuran Perkembangan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(01), 31–40. Retrieved from https://ejournal.stai-tbh.ac.id/mitra-ash-syibyan/article/view/1426

Tokan, M. F., Timba, F. N. S., & El Puang, D. M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(02), 579–588.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760