Stimulasi Kemampuan Literasi Sains Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Ecoprint di TK Al-Hadi Raziq Sultan Kota Jambi

Dea Mei Setiangi, KA Rahman Rahman, Winda Sherly Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan literasi sains melalui kegiatan mencetak lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Hadi Raziq Sultan Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan desain pretest-posttest design untuk posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak di TK Alhadi Raziq Sultan Kota Jambi dengan jumlah 28 anak. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas B1 kelompok B yang berusia 5-6 tahun dengan jumlah 9 anak, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi, dan lembar observasi yang digunakan merupakan alat bantu penelitian yang telah diuji validitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kegiatan mencetak lingkungan berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan dengan hasil t hitung 23,290 > t tabel 2,360 pada taraf signifikan 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima

Keywords


Kegiatan Ecoprint; Literasi Sains; Anak Usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF Turnitin

References


Afifah, D. (2022). Pelatihan Ecoprint Dengan Teknik Pounding Di Sd Negeri 2 Klampok Banjarnegara. Kampelmas, (1), 1–11. Retrieved from https://conferences.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/66

Anggraeni, I. (2024). Analisis Kemampuan Sains pada Aktivitas Eco Printing di PAUD. Journal GEEJ, 7(2), 60–73.

Anggreni, R. A. (2022). Permohonan Penguji Instrumen Penelitian. UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA (Vol. 75).

Elmasry, F. B. (2024). Meningkatkan Kreativitas melalui Pelatihan Ecoprint & Finger Painting bagi Anak di Desa Giripurno: Boosting Creativity through Eco-printing & Finger Painting Training for Children in Giripurno Village. Harsa: Berkala Pengabdian Masyarakat, 1.

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735

Hidayati, Fitria, and J. J. (2018). Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA"MOTOGPE.

Jariah, A., Astini, B. N., Fahruddin, & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas penerapan teknik ecoprint untuk mengembangkan motorik halus anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 75–79. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2646

Kharisma, & Sepiana. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint untuk Guru Paud. Seni, Teknologi, Masyarakat, 2, 183–188.

Munawarah, S. (2023). Meningkatkan Kreativitas melalui Kegiatan Membatik Ecoprint Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 6(2), 11–21. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Mutmainah, M., Astini, B. N., & Astawa, I. M. S. (2022). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Terhadap Keterampilan Sains Sederhana. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2388–2392. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.1035

Noor, F. M. (2020). Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik: Perspektif Calon Guru PIAUD. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 056. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7066

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Junal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Setiangi, Mei, D., MZ, Syahana, Putri, O., Fadilla, S., & Utami, Sherly, W. (2024). Stimulasi Kecerdasan Naturalis Melalui Media Eco-Print di TK IT Fania Salsabila Barokah, 10, 36–42.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Siti Misra, Henny Henny, and M. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19. Urnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.

Utami, W. S., & Azmi, I. F. (2024). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 9–17. Retrieved from https://doi.org/10.3369/jip.9.1.9-17




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760