Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Materi Organ Pencernaan Makanan Pada Manusia

Harlina Harlina, Sarmi Kastari, Wahdah Magfirah, Nurhayati Nurhayati, Mawaddah Laini, Mira Wulan Sari S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis media visual yang memuat materi organ pencernaan makanan pada manusia guna meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN 2 Aceh Tengah. Hasil validasi dari ahli materi dan media menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji coba kelompok kecil dan besar menunjukkan peningkatan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi. Media interaktif yang dikembangkan memuat visualisasi anatomi organ pencernaan, animasi proses pencernaan, dan latihan interaktif berbasis soal. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif dapat membantu siswa memahami konsep abstrak secara lebih konkret dan menyenangkan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa abad 21, yaitu interaktif, menarik, dan mendukung keterampilan berpikir kritis. Diharapkan media ini dapat diimplementasikan secara lebih luas di berbagai satuan pendidikan dan menjadi referensi bagi guru dalam merancang pembelajaran berbasis teknologi yang kontekstual dan inovatif.

Keywords


media pembelajaran; interaktif; organ pencernaan

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N., Hanifah, N., Arifuddin, A., Maulana, M., Akbar, K. A., Hafidz, A. N., & Al-Faridzi, M. D. A. (2024). Analysis of elementary school teacher needs to learning media android apps based on Smart Apps Creator (SAC). Proceedings Series of Educational Studies International Conference of Research Innovation and Technology on Elementary Education (ICRITEE).

Arnandi, F., Siregar, N., & Fitriawan, D. (2022). Media pembelajaran matematika menggunakan Smart Apps Creator pada materi bilangan bulat di sekolah dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 345–356. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1110

Dhari, P. W., Sahwani, & Nurfitriani,R. Penerapan Media Ular Pintar Untuk Mempermudah Siswa Mengenal Huruf Dan Kata Di Kelas I Sekolah Dasar. Elementica: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Dasar. Vol. 1, No. 01,2024.

Habiburrahman, R., Basrowi, B., & Rahmadani, K. (2023). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Smart App Creator berbasis Android pada mata pelajaran TIK di SMPN 12 Cilegon. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Jupendis), 1(4), 95–105. https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i4.870

Hanifah, M, & Adlani. N. Langkah-Langkah Menyusun Media LKS IPA Berbasis Sains Teknologi Masyarakat, Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan. Vol.12, No.2, September 2022.

Hasanah, S. T., Hidayat, R., & Mirawati, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan platform Genially pada pembelajaran IPA materi siklus air. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(4), 14440–14451. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14814

Hidayat, M. Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Keterampilan Kriya Kayu Bagi Anak Tunagrahita Di SLB Eka Mandiri Kota Batu ( Tesis Diploma). Universitas Negeri Malang.

Jumkasna, Marnola. I Dan Ramadan, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Cooperative Script, Elementica: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Dasar. Vol. 1, No. 01, 2024.

Mandasari, L & Asnawi. Efektivitas Media Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan. Vol. 12, No. 1, Maret 2022.

Marlina., Wahab, A., Susidamaiyanti., Ramadana., Nikmah, S. Z., dkk. 2021. Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Mufliva, R., & Permana, J. (2024). Teknologi digital dalam pembelajaran di sekolah dasar sebagai isu prioritas

Aeni, N., Pratiwi, D., & Sulastri, E. (2024). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis Android bagi guru sekolah dasar dalam menghadapi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 6(2), 88–97.

Arnandi, A., Siregar, D., & Fitriawan, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(3), 201–212.

Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. New York: Springer.

Daryanto. (2016). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hasanah, R., Hidayat, T., & Mirawati, L. (2024). Efektivitas media pembelajaran berbasis Genially terhadap pemahaman konsep IPA di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 12(1), 44–56.

Kurniawan, D., & Lestari, N. (2023). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis Android pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 5(2), 65–74.

Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.

Puspitasari, L., & Santoso, H. (2023). Integrasi teknologi informasi dalam pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(2), 150–162.

Rahmawati, N. (2019). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 112–120.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2014). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (Edisi Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Setiawan, B., & Mulyani, S. (2024). Penerapan media pembelajaran digital untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi di era Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Kurikulum, 8(1), 77–89.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2022). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, S., & Putra, R. (2023). Penerapan media interaktif dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 33–45

Arnandi, F., Siregar, N., & Fitriawan, D. (2022). Media pembelajaran matematika menggunakan Smart Apps Creator pada materi bilangan bulat di sekolah dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 345–356. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1110

Dhari, P. W., Sahwani, & Nurfitriani,R. Penerapan Media Ular Pintar Untuk Mempermudah Siswa Mengenal Huruf Dan Kata Di Kelas I Sekolah Dasar. Elementica: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Dasar. Vol. 1, No. 01,2024.

Habiburrahman, R., Basrowi, B., & Rahmadani, K. (2023). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Smart App Creator berbasis Android pada mata pelajaran TIK di SMPN 12 Cilegon. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Jupendis), 1(4), 95–105. https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i4.870

Hanifah, M, & Adlani. N. Langkah-Langkah Menyusun Media LKS IPA Berbasis Sains Teknologi Masyarakat, Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan. Vol.12, No.2, September 2022.

Hasanah, S. T., Hidayat, R., & Mirawati, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan platform Genially pada pembelajaran IPA materi siklus air. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(4), 14440–14451. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14814

Hidayat, M. Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Keterampilan Kriya Kayu Bagi Anak Tunagrahita Di SLB Eka Mandiri Kota Batu ( Tesis Diploma). Universitas Negeri Malang.

Jumkasna, Marnola. I Dan Ramadan, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Cooperative Script, Elementica: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Dasar. Vol. 1, No. 01, 2024.

Mandasari, L & Asnawi. Efektivitas Media Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan. Vol. 12, No. 1, Maret 2022.

Marlina., Wahab, A., Susidamaiyanti., Ramadana., Nikmah, S. Z., dkk. 2021. Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Mufliva, R., & Permana, J. (2024). Teknologi digital dalam pembelajaran di sekolah dasar sebagai isu prioritas

Aeni, N., Pratiwi, D., & Sulastri, E. (2024). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis Android bagi guru sekolah dasar dalam menghadapi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 6(2), 88–97.

Arnandi, A., Siregar, D., & Fitriawan, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(3), 201–212.

Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. New York: Springer.

Daryanto. (2016). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hasanah, R., Hidayat, T., & Mirawati, L. (2024). Efektivitas media pembelajaran berbasis Genially terhadap pemahaman konsep IPA di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 12(1), 44–56.

Kurniawan, D., & Lestari, N. (2023). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis Android pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 5(2), 65–74.

Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.

Puspitasari, L., & Santoso, H. (2023). Integrasi teknologi informasi dalam pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(2), 150–162.

Rahmawati, N. (2019). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 112–120.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2014). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (Edisi Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Setiawan, B., & Mulyani, S. (2024). Penerapan media pembelajaran digital untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi di era Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Kurikulum, 8(1), 77–89.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2022). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, S., & Putra, R. (2023). Penerapan media interaktif dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 33–45.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i1.2225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760