Perbedaan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Puzzle Smart O’clock

Lu’lu’ Ilmaknun, Isa Hidayati

Abstract


Kajian ini ditujukan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media Puzzle Smart O’Clock terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Swasta Siti Hajar Medan. Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran matematika di tahun-tahun awal pendidikan adalah kesulitan anak dalam memahami konsep angka dan bilangan, yang seringkali bersifat abstrak. Anak-anak pada usia ini umumnya berada pada fase pertumbuhan berpikir praoperasional, di mana mereka lebih mampu memahami konsep melalui pengalaman konkret. Maka dari itu, dibutuhkan media ajar yang nyata dan melibatkan partisipasi anak guna memudahkan pemahaman konsep tersebut. Pendekatan penelitian memanfaatkan metode eksperimen menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest, melibatkan 25 anak sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan mengenal lambang bilangan dan dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon guna menilai perbedaan kemampuan antara kondisi awal dan akhir setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Puzzle Smart O’Clock secara signifikan meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan. Anak-anak menunjukkan kemajuan yang baik dalam mengidentifikasi, menyebutkan, dan mengaitkan simbol angka dengan jumlah benda. Penemuan ini menegaskan bahwa penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan bervariasi, seperti Puzzle Smart O’Clock, tidak hanya efektif untuk mengembangkan kompetensi mengenali simbol angka, melainkan juga membangun lingkungan belajar yang aktif dan menggembirakan. Temuan ini mendorong pentingnya penerapan media konkret pada pengajaran matematika guna menunjang pertumbuhan berpikir anak usia dini, serta memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk terus mengintegrasikan alat pembelajaran yang inovatif.

Keywords


Anak Usia Dini; Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan; Puzzle Smart O’Clock

Full Text:

PDF Turnitin

References


Albay, I. A. M., & Pradana, D. R. F. (2025). Pengaruh Perkembangan Kognitif Anak Terhadap Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(1), 236-248. https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3641

Amelianda Amelianda, Fiki Triwidia Saputri, Maria Agustina Naibaho, & Elya Siska Anggraini. (2024). Mengimplementasikan Bahasa, Logika, Kode, Dan Simbol Dalam Komunikasi Pembelajaran Di Tk An Nizam. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 97–110. Https://Doi.Org/10.59031/Jkppk.V2i3.435

Anggraini, E. S., Simamora, E. T., Betsaida Lingga, I., Verintina Purba, G., Buulolo, S. H., Kunci, K., & Berpikir, K. (2021). Ikamas Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. Https://Doi.Org/10.62361/Ikamas.V4i1.159

Azahra, Z., Siregar, A. F., Alfarisi, M., & Wandini, R. R. (2024). The Importance Of Mathematics Learning In Developing Early Childhood Numeracy Skills. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 7(1), 80-87. https://doi.org/10.33578/prinsip.v7i1.227

Cahyani, A. D. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 181. Https://Doi.Org/10.23887/Paud.V8i3.25070

Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871-4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159

Hutasoit, S., & Handayani, P. H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Roulette Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun Tk Pelangi Medan T . A 2023 / 2024. 08(2), 204–213. http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i2.20342

Lestari, S. (2023). Penggunaan Media Puzzle Angka Untuk Meningkatkankemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anakautis di UPTD Penanganan Siswa Berkebutuhan Khusus Provinsi Sulawesi Tenggara. Rahmawati, A. P., & Anggraeny, D. (2025). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Media Puzzle Bagi Anak Cerebral Palsy. Jurnal Pendidikan Khusus, 20(1).http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33174

Lidiawati, R. N., Fitrianti, H., Harmawati, D., & Sulistyowati, R. W. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Memancing Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Pertiwi Xi Merauke. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 155-160. Https://Doi.Org/10.47861/Khirani.V2i1.987

Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2021). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Journal Of Primary Education, 2(2), 45–55. Https://Jurnal.Iain-Bone.Ac.Id/Index.Php/Algurfah/Index

Mutiara, P. F. A., & Delrefi, D. (2021). Persepsi Guru Tentang Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Bermain Sensorimotor Anak Di Tk Shandy Putra Telkom Bengkulu. Research In Early Childhood Education And Parenting, 2(2). https://doi.org/10.17509/recep.v2i2.30697

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Implikasinya Bagi Pembelajaran. Journal Of Psychology Humanlight, 2(1), 31-47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Putri, A. D., Maemunah, R., Apriliyanti, B., Rahmawati, E., Wina, N., & Sopiah, S. (2023). Pelatihan Metode Jarimatika Anak Usia Dini Di Kb Anggrek Citeungah Desa Cihaur Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 106-114. https://doi.org/10.51729/alkhidmah.12248

Rahmatunnisa, S., Yus, A., & Eviyanti, E. (2020). The Effect Of Make A Match Learning Models And Cognitive Ability To Recognize The Concept Of Number. Budapest International Research And Critics In Linguistics And Education (Birle) Journal, 3(4), 1873–1883. Https://Doi.Org/10.33258/Birle.V3i4.1401

Ratna, S., & Imamah, I. (2023). Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini Melalui Bermain Puzzle Pada Paud. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7913–7924. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i6.5868

Rosalianisa, R., Purwoko, B., Nurchayati, N., & Subrata, H. (2023). Analisis Kemampuan Berbahasa Dan Mengenal Konsep Bilangan Anak Melalui Teknologi Pada Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1996-2010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3843

Sipahutar, R. J., Simatupang, D., & Situmorang, S. M. A. (2023). Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pemrograman Komputer Menggunakan Scratchjr. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7464–7475. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i6.5763

Sufa, F. F. (2022). Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. Unisri Press.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Sutopo, Ed.; 3rd Ed.). Penerbit Alfabet.

Sutisna, I., & Laiya, S. W. (2020). Metode pengembangan kognitif anak usia dini. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Tyas Anggoro, B., & Netra, I. (2022). The Effect Of Numbers Puzzle Games On The Cognitive Development Of Preschool Children Aged 5-6 Years At Ra Nurul Hidayah Malang. Indonesian Health Journal, 1(2), 34–43. Https://Doi.Org/10.58344/Ihj.V1i2.16

Umam, A. Kh., Aneka, R. R., & Cahyo, E. D. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Berbasis Kajian Teoretis Dan Studi Empiris. Yogyakarta: Metrouniv Perss. 1–113.

Widayati, S., & Adhe, K. R. (2020). Media Pembelajaran Paud Sumber Belajar, Media Pembelajaran Dan Ape. Pt Remaja Rosdakarya.

Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pharmacognosy Magazine, 3(8).

Zulminiati, C. (2021). Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 105–111. Https://Doi.Org/10.17509/Edukids.V18i2.33992




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760