Perbedaan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Puzzle Smart O’clock
Abstract
Keywords
References
Albay, I. A. M., & Pradana, D. R. F. (2025). Pengaruh Perkembangan Kognitif Anak Terhadap Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(1), 236-248. https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3641
Amelianda Amelianda, Fiki Triwidia Saputri, Maria Agustina Naibaho, & Elya Siska Anggraini. (2024). Mengimplementasikan Bahasa, Logika, Kode, Dan Simbol Dalam Komunikasi Pembelajaran Di Tk An Nizam. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 97–110. Https://Doi.Org/10.59031/Jkppk.V2i3.435
Anggraini, E. S., Simamora, E. T., Betsaida Lingga, I., Verintina Purba, G., Buulolo, S. H., Kunci, K., & Berpikir, K. (2021). Ikamas Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. Https://Doi.Org/10.62361/Ikamas.V4i1.159
Azahra, Z., Siregar, A. F., Alfarisi, M., & Wandini, R. R. (2024). The Importance Of Mathematics Learning In Developing Early Childhood Numeracy Skills. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 7(1), 80-87. https://doi.org/10.33578/prinsip.v7i1.227
Cahyani, A. D. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 181. Https://Doi.Org/10.23887/Paud.V8i3.25070
Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871-4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159
Hutasoit, S., & Handayani, P. H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Roulette Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun Tk Pelangi Medan T . A 2023 / 2024. 08(2), 204–213. http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i2.20342
Lestari, S. (2023). Penggunaan Media Puzzle Angka Untuk Meningkatkankemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anakautis di UPTD Penanganan Siswa Berkebutuhan Khusus Provinsi Sulawesi Tenggara. Rahmawati, A. P., & Anggraeny, D. (2025). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Media Puzzle Bagi Anak Cerebral Palsy. Jurnal Pendidikan Khusus, 20(1).http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33174
Lidiawati, R. N., Fitrianti, H., Harmawati, D., & Sulistyowati, R. W. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Memancing Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Pertiwi Xi Merauke. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 155-160. Https://Doi.Org/10.47861/Khirani.V2i1.987
Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2021). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Journal Of Primary Education, 2(2), 45–55. Https://Jurnal.Iain-Bone.Ac.Id/Index.Php/Algurfah/Index
Mutiara, P. F. A., & Delrefi, D. (2021). Persepsi Guru Tentang Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Bermain Sensorimotor Anak Di Tk Shandy Putra Telkom Bengkulu. Research In Early Childhood Education And Parenting, 2(2). https://doi.org/10.17509/recep.v2i2.30697
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Implikasinya Bagi Pembelajaran. Journal Of Psychology Humanlight, 2(1), 31-47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Putri, A. D., Maemunah, R., Apriliyanti, B., Rahmawati, E., Wina, N., & Sopiah, S. (2023). Pelatihan Metode Jarimatika Anak Usia Dini Di Kb Anggrek Citeungah Desa Cihaur Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 106-114. https://doi.org/10.51729/alkhidmah.12248
Rahmatunnisa, S., Yus, A., & Eviyanti, E. (2020). The Effect Of Make A Match Learning Models And Cognitive Ability To Recognize The Concept Of Number. Budapest International Research And Critics In Linguistics And Education (Birle) Journal, 3(4), 1873–1883. Https://Doi.Org/10.33258/Birle.V3i4.1401
Ratna, S., & Imamah, I. (2023). Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini Melalui Bermain Puzzle Pada Paud. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7913–7924. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i6.5868
Rosalianisa, R., Purwoko, B., Nurchayati, N., & Subrata, H. (2023). Analisis Kemampuan Berbahasa Dan Mengenal Konsep Bilangan Anak Melalui Teknologi Pada Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1996-2010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3843
Sipahutar, R. J., Simatupang, D., & Situmorang, S. M. A. (2023). Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pemrograman Komputer Menggunakan Scratchjr. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7464–7475. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i6.5763
Sufa, F. F. (2022). Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. Unisri Press.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Sutopo, Ed.; 3rd Ed.). Penerbit Alfabet.
Sutisna, I., & Laiya, S. W. (2020). Metode pengembangan kognitif anak usia dini. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.
Tyas Anggoro, B., & Netra, I. (2022). The Effect Of Numbers Puzzle Games On The Cognitive Development Of Preschool Children Aged 5-6 Years At Ra Nurul Hidayah Malang. Indonesian Health Journal, 1(2), 34–43. Https://Doi.Org/10.58344/Ihj.V1i2.16
Umam, A. Kh., Aneka, R. R., & Cahyo, E. D. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Berbasis Kajian Teoretis Dan Studi Empiris. Yogyakarta: Metrouniv Perss. 1–113.
Widayati, S., & Adhe, K. R. (2020). Media Pembelajaran Paud Sumber Belajar, Media Pembelajaran Dan Ape. Pt Remaja Rosdakarya.
Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pharmacognosy Magazine, 3(8).
Zulminiati, C. (2021). Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 105–111. Https://Doi.Org/10.17509/Edukids.V18i2.33992
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2229
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



