Analisis Perilaku Bullying Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Bunda Kota Jambi

Meyrizka Dwita Putri, Asih Nur Ismiatun, Akhmad Fikri Rosyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi dan mengetahui bentuk pola perilaku bullying serta bagaimana dampak dari perilau bullying yang terjadi di TK harapan bunda Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi deskriptif adapun data dan sumber data yang diambil berupa kata-kata tentang perilaku bullying yang terjadi pada anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bunda Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa TK Harapan Bunda Kota Jambi, terdapat perbedaan perilaku di antara anak-anak usia 5-6 tahun yang berkontribusi pada munculnya perilaku bullying. Bentuk perilaku bullying yang terjadi di sana dapat diklasifikasikan atas tiga kategori utama, yakni bullying verbal, bullying fisik, dan bullying non-verbal. Adapun Dampak yang terjadi di TK Harapan Bunda Kota Jambi bagi pelaku yaitu ada 4 perilaku kelompok dominan yang berkuasa egois dan agresif, merasa selalu ingin menang dijauhi orang sekitar, tidak disukai orang sekitarnya, dan terganggunya perkembangan. Selanjutnya dampak korban perilaku bullying di TK Harapan Bunda Kota Jambi yaitu ada 3, mudah menangis sehingga memiliki rasa tidak nyaman bagi korban, memiliki perasaan cemas dan takut yang berlebihan, dan gangguan kesehatan mental seperti kurang kepercayaan diri, pendiam, dan memurungkan diri.

Keywords


Anak Usia Dini; Bullying; Perilaku Verbal; Perkembangan Anak

Full Text:

PDF Turnitin

References


Amalia, R., Alim, M. L., Sa’ida, A. Y. N., Hutasoit, L. F., Lovita, R., & ... (2024). Peran Bimbingan Konseling dalam Meminimalisir Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(2). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/41892

Antoni, A., & Gusti, D. (2020). Prilaku Bullying Pada Remaja Di Kabupaten Solok. Jurnal Endurance: Kajian Ilmia Problema Kesehatan, 5(3). http://doi.org/10.22216/jen.v5i3.4824

Ayuningsih, S. (2024). Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Dimensi Berkebinekaan Global Pada Pembelajaran Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kirana Kota Jambi. repository.unja.ac.id. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/63728/

Azzahra, S. S., Pandin, M. A., & Pandin, M. G. R. (2021). The factors of bullying and character education on teenagers. Preprints, 1(April), 1–9. https://doi.org/10.20944/preprints202104.0102.v1

Desta, R. I. E. (2023). Tingkat Perkembangan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Se-Kelurahan Menggala Selatan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526

Hairani, P., Rahman, A., & Putra, M. M. (2023). Peran Guru Dalam Mencegah Bullying Pada Anak Usia Dini di Paud Islam Baiturrahim Kelurahan Sidorejo Curup Tengah. Retrieved from http://e-theses.iaincurup.ac.id/4786/1/PUTRI HAIRANI.pdf

Hasanah, N., & Kamtini, K. (2023). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Anak Usia 5-6 Tahun. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1). https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.45333

Kartika, K., Darmayanti, H., & Kurniawati, F. (2019). Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana? Pedagogia, 17(1), 55. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980

Lestari, W. S. (2016). Analisis Faktor-faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik: Social Science Education Journal. Jurnal Sosio Didaktika, 3(2). http://dx.doi.org/10.15408/sd.v3i2.4385

Lusiana, S., & Arifin, S. (2022). Dampak bullying terhadap kepribadian dan pendidikan seorang anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252.

Maghfiroh, Ning Tyas, and S. S. (2021). Perilaku Bullying pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2175–2182. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1845

Ndari, S. S., & Tasya, F. (2021). Art therapy on bullying-victims behavior aged 5-6. Journal of Early Childhood Education (JECE). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jece/article/view/20282

Nugroho, S., Handoyo, S., & Hendriani, W. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying Di Pesantren: Sebuah Studi Kasus. Al-Hikmah: Jurnal Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan (JAIP), 17(2), 1–14. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(2).5212.

Nurhidayati, S. (2023). Analisis Teknik Cooperatif Play Dengan Media Puzzle Untuk Menumbuhkan Empati Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Kedaton Kapas Bojonegoro. repository.unugiri.ac.id. Retrieved from https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/3727/

Nurmahaliza, M. P., Shalihah, A. H., & ... (2024). Edukasi Anti Bullying bagi Siswa Kelas 5-6 SDN Nagrak oleh KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung Kelompok 415. PROCEEDINGS UIN …. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4647

Peraturan Pemerinta RI. (2002). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002. Oxford University Press.

Putri, T. (2024). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Bullying Verbal Pada Anak di TK Labuhan Tarok Aceh Selatan. repository.ar-raniry.ac.id. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36656/

Saputri, O., Widyawati, A., & Widyawati, Ayu (2025). Skrining dan Edukasi Perilaku Tindak Bullying di Sekolah Dasar dengan Metode Urgency, Seriousness and Growth. Jurnal Abdimas ADPI Sains dan Teknologi, 6(1). Retrieved from https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/saintek/article/view/480

Simanjuntak, J. S. B. R. (2023). Dampak Bullying dalam Capaian Sosial Emosional Anak Usia 5-6 tahun di TK Hariara pintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Tahun 2023. digilib.unimed.ac.id. Retrieved from https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58696/

Siregar, Maju, and D. T. M. R. P. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai si Universitas Darma Agung Medan. Jurnal Darma Agung, 33(1), 381-.

Sri Setiyo Rahayu, and Nugraeni D. P. N. (2023). Dampak Perilaku Bullying dan Peran Penting Satuan PAUD dalam Upaya Pencegahan Bullying pada Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 4(3), 145–152. Retrieved from https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2928

Tursina, A., & Mahriza, R. (2022). The Impact oBullying on Psycho-Social Early Childhood. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 115–123. https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1563

Winda Sherly, Indryani, I. F. (2023). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di RA Darussalam Kecamatan Pelepat Ilir. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 9–17.

Wulandari, D., Nelwati, N., & Dayati, R. (2024). … Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, dan Lingkungan Sekolah dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMK Kota Payakumbuh Tahun …. Jurnal Ners.

Yuliyani, E. A. Y. B. A. L. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif. (Efitra, Ed.) (Pertama). Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760