Implementasi Media Papan dalam Pembelajaran Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas 3 SD IT Al Ikhlas
Abstract
Keywords
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.
Aminuriyah, S., Markhamah, & Sutama. (2022). Pembelajaran Berdifferensiasi: Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(2), 89–100.
Andini Hardiningrum, Jauharotur Rihlah, A. R. (2025). Revolusi Pembelajaran Interaktif: Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia Dini dengan Wordwall. Indonesian Research Journal on Education Web:, 5, 186–191.
Anisa Fatwa Sari. (2025). Modul Sejarah Matematika: Matematika Mesir Kuno. lisensi CC BY-SA 4.0 Internasional.
Astuti, A., Syahza, A., & Putra, Z. H. (2023). Penelitian Computational Thinking Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 363. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5860
Choirina Muqtafia, A., Indah Kurniawati, A., Maulina Amanda, F., Setiawaty, R., Guru Sekolah Dasar, P., Kunci, K., belajar, K., mengatasinya, C., & penyebab, F. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya Pada Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Literature Review. Seminar Nasional Lppm Ummat, 1(0), 296–309.
Dina Ayu Lestari, Lastari, Isna Ari Rahmawati, & M. Rofi Fauzi. (2023). Penerapan Teori Belajar Bruner Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Vi Sd It Salsabila 8 Pandowoharjo. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(01), 1–13. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v3i01.2063
Fahma, M. A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 31. https://doi.org/10.30651/must.v6i1.6966
Hakim, A. R. & M. F. (2023). Sejarah Matematika: Perkembangan Bilangan Matematika Empiris. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 80, 471–478.
Hudzaifah, L. Al. (2022). Penerapan Dongeng Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Di Min 1 Kota Bengkulu.
Ilmi, M., Putra, S., Wardani, I. K., & Millah, K. (2023). Implemetasi Media Papan Waktu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Annashiriyah Ngumpul Jogoroto Jombang. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 133–153.
Khoiriah, I., Khusna, Z. R., Anjarwati, E. S., & ... (2024). Systematic Literature Review: Penerapan Strategi TGT (Teams Games Tournament) Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. … Sosial Dan Konseling, 2(2), 383–387.
Khoirunnisa, K., & Amidi. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Model Connected Mathematics Project ( CMP ) dan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 559–564.
Lailatul Inayah, U., Anisah, N., Fitria, L., Nisak, K., Muhimah, S. N., Manajemen, P., & Universitas Gresik, P. (2024). Analisis Peran Guru Sebagai Fasilitator Siswa Dalam Pembelajaran Di Kelas Pada Upt Satuan Pendidikan Sdn Bendungan. Journal, 1(2), 84–93.
Magdalena, I., Anggraini, I. A., & Khoiriah, S. (2021). Analisis Daya Pembeda, dan Taraf Kesukaran pada Soal Bilangan Romawi Kelas 4 SDN Tobat 1 Balaraja. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 151–158.
Mutiara Indah, Murtono, M. (2025). Tantangan Penyesuaian Mahasiswa Magister Pgmi Terhadap Field Study Pada Mata Kuliah Islam Dan Ilmu Sosial Humaniora. 9(2), 617–629. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4801
Nasihin, A., & Kartika, A. T. (2024). Pelatihan Tematik Pemanfaatan Limbah Biogas (Bio-slurry) sebagai Pupuk Organik Cair (POC) dengan Kombinasi Pestisida Nabati di Desa Kalibaru. Madaniya, 5(3), 1187–1196.
Nisa, Z. A., Annastasya, A., & Ermawati, D. (2024). Analisis pola penalaran matematis dalam pembelajaran matematika materi pecahan pada siswa Kelas II SD 1 Ternadi. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(4), 134–146. https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i4.19556
Putri, D. N. P., & Arifin, Moch. B. U. B. (2022). Peran Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas IV. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(2), 176–189. https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2517
Rahmawati, F., & Sirait, R. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar SKI Menggunakan Media Gambar Berbasis Karikatur Di MTS Al Muhajirin Langkat Pendidikan Islam merupakan usaha sistematis yang bertujuan untuk membina pertumbuhan dan perkembangan siswa dengan mewujudkan potensi mereka, yang didasarkan pada prinsip-prinsip moral Al-Qur ’ an, pengetahuan ilmiah, dan keterampilan hidup praktis. Pendidikan Islam sangat penting bagi keberadaan manusia karena secara. 11(1), 6–12.
Rakhmawati, D., Hendracipta, N., Pribadi, R. A., & Nurhasanah, A. (2024). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Model-Model Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 75–85. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1352
Rasyad, I. (2024). Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Interaksi Siswa dikelas. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 81–88.
Rifanti, V. N., Nasaruddin, N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas III SD IT Samawa Cendekia. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 121–136.
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Saputri, B. A., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Melalui Variasi Model dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah., Vol. 2(2), hal. 168-173.
Sari, F. F., Ariawan, I. P. W., Adnyana, I. P. B., & Tika, I. N. (2024). Integrasi Filsafat Pendidikan dan Teori Pendidikan dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual. 4, 1844–1853.
Setiyadi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Berbantukan Lembar Kerja Siswa Lambang Bilangan Romawi Melalui Strategi TANDUR di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal hasil penelitian (Semarang: Prodi Pendidikan Dasar Kons. Pendidikan Matematika, 1, 954–962.
Sulhaliza, A. P., Nihmah, S. Z., Kuncoro, S. Z., & Setiawaty, R. (2024). Eksplorasi Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Dalam Menyusun Cerita Berbantuan Papan Pintar Interaktif Siswa SD. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 5(2), 107–117. https://doi.org/10.30738/jipg.vol5.no2.a17363
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: Sekolah penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.
Toyib, M., Decky, T., & Pratama, K. (2024). Penerapan Algoritma CNN Untuk Mendeteksi Tulisan Tangan AngkaRomawi dengan Augmentasi Data. urnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 2(3), 108–120.
Yuliati, C. L., & Susianna, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Percaya Diri Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 48–58. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p48-58
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2234
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



