Penerapan Media Kincir Matematika (KINMATIKA) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas 3 SD IT Al Ikhlas

Siti Nur Rohmah, Lutfi Fadilah, Masrurotul Mahmudah

Abstract


Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas 3 SD IT Al Ikhlas. Hal ini terlihat dari kesulitan siswa dalam memahami perkalian sebagai penjumlahan berulang dan kecenderungan mereka untuk mengandalkan hafalan semata tanpa benar-benar memahami konsep dasar di balik operasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian melalui penerapan media Kincir Matematika (KINMATIKA), yaitu media pembelajaran berbasis visual dan kinestetik yang dirancang untuk membantu siswa memvisualisasikan dan memanipulasi konsep perkalian secara konkret dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melibatkan siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep, observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan wawancara untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep perkalian secara signifikan, serta peningkatan motivasi dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media KINMATIKA terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menggunakan media serupa dalam pembelajaran matematika dasar untuk menciptakan suasana belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan.

Keywords


KINMATIKA; Media Pembelajaran; Perkalian

Full Text:

PDF Turnitin

References


Aminuriyah, S., Markhamah, & Sutama. (2022). Pembelajaran Berdifferensiasi: Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(2), 89–100.

Amran, S. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGMIpada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika. 7(1).

Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Aulya, & P. (2021). Penerapan Teori Gestalt Dalam Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Untuk SD/MI. MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 1–9.

Cahyati, A. D., Risalah, D., & Muchtadi. (2021). Penalaran Spasial Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Hulu Gurung. Justek: Jurnal Sains dan …, 4(2), 40–47.

Dina Ayu Lestari, Lastari, Isna Ari Rahmawati, & M. Rofi Fauzi. (2023). Penerapan Teori Belajar Bruner Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Vi Sd It Salsabila 8 Pandowoharjo. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(01), 1–13. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v3i01.2063

Fadila, M., Masfuah, S., & Khamdun. (2023). Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) BerbantuanMedia Kincir Angka Pengetahuan (Kicauan) UntukMeningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6732–6740.

Fahma, M. A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 31. https://doi.org/10.30651/must.v6i1.6966

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, S. A. (2022). Pengembangan media uno math untuk mengukur pemahaman konsep luas bangun datar. Jurnal All Fields of Science J-LAS, 2(1), 209–217.

Hariyono, H. (2023). Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Ekonomi: Inovasi untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9040–9050. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2894

Hermawan, T., Khairiani, D., Muthmainnah, M., Saifullah, I., & Bisri, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 87–98. https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v3i2.2173

Herowati, E., Dwijayanti, I., & Buchori, A. (2023). Pengembangan Media KIncir Pintar dengan Metode Demonstrasi dan Bermain untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Ekspresif dan keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Batang. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 17(2), 277–286. https://doi.org/10.26877/mpp.v17i2.15214

I Putu Widyanto, R. V. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik menggunakan Student Centered Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7, 149–157. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.201

Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3302–3313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287

Lestari, L., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Matematika Antara Yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Dengan Pembelajaran Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i2.314

Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Muhammad Hasan, Milawati. (2021). Media Pembelajaran (Cetakan Pe). Tahta Media Group.

Murni, D., Mudjiran, M., & Mirna, M. (2023). Analisis Terhadap Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1118–1128. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2066

Nisa, Z. A., Annastasya, A., & Ermawati, D. (2024). Analisis pola penalaran matematis dalam pembelajaran matematika materi pecahan pada siswa Kelas II SD 1 Ternadi. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(4), 134–146. https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i4.19556

Nu’man, M., & Azka, R. (2023). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Polynom : Journal in Mathematics Education, 3(Knpmp I), 164–171.

Nurfadhillah, S., Fadhilatul Barokah, S., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., Yanti, A. A., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 1 Mi Al Hikmah 1 Sepatan. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 149–165.

Pandjaitan, N. P. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Cross Number Puzzle Dalam Pembelajaran Aritmatika Siswa Sekolah Dasar. … Pendidikan Guru …, 7, 2738–2748.

Rahmawati, A. D. (2025). Strategi Inovatif dalam Pembelajaran Matematika Menghadirkan Pembelajaran Bermakna (Cetakan Pe). Bayfa Cendekia Indonesia.

Rifanti, V. N., Nasaruddin, N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas III SD IT Samawa Cendekia. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 121–136.

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Saputri, B. A., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Melalui Variasi Model dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah., Vol. 2(2), hal. 168-173.

Siahaan, F. B., Agustina, N., & Simanjorang, M. M. (2025). Sistem Bilangan Veda dari India dalam Perspektif Sejarah dan Ilmiah: Studi Literatur Kritis.

Slam, Z. (2021). Metode Penelitian Tindakan Kelas (Dilengkapi Contoh Proposal Ptk Dan Laporan Hasil Penelitian PTK). Penerbit Qiara Media.

Sulhaliza, A. P., Nihmah, S. Z., Kuncoro, S. Z., & Setiawaty, R. (2024). Eksplorasi Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Dalam Menyusun Cerita Berbantuan Papan Pintar Interaktif Siswa SD. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 5(2), 107–117. https://doi.org/10.30738/jipg.vol5.no2.a17363

Syifa, M. (2025). Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika di Sekolah Dasar. 3(1), 32–45.

Yulia, Y., Irham Ishak, W., Satrio Perbowo, K., & Adi Widodo, S. (2023). Literacy and Numeracy Teaching and Learning in Pandemic Outbreak: A Case Study of Private Primary School in Rural Area. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(2), 151–164. https://doi.org/10.23960/jpp.v13.i2.202301




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760