Pengembangan Perangkat Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Al-Aqsha Parepare

Nurul Fadilah Misbar, Novita Ashari, Sri Mulianah, Nurul Asqia

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi anak-anak di TK Al-Aqsha melalui modul PHBS. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan dari Borg dan Gall, yang mencakup sepuluh tahapan. Namun dalam pelaksanaannya, pengembangan hanya dilaksanakan hingga tahap ketujuh, yakni revisi produk berdasarkan hasil uji coba. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa validasi oleh ahli materi mencapai 92%, validasi oleh ahli media sebesar 98%, dan oleh ahli bahasa sebesar 91%, yang seluruhnya masuk dalam kategori "Sangat Layak". Penilaian guru melalui lembar observasi menunjukkan tingkat kelayakan 100% dengan kategori "Sangat Baik", observasi terhadap anak memperoleh skor 89% dengan kategori "Sangat Layak", dan hasil angket respons dari guru mencapai 95%, juga dalam kategori "Sangat Layak". Dengan demikian, pengembangan perangkat pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan pembelajaran PHBS pada anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Modul Ajar; PHBS

Full Text:

PDF Turnitin

References


Annisa, P. (2024). Pengembangan Model Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Matematika Permulaan Pada Anak Kelompok A Di RA Umdi Ujung Lare. 15(1), 37–48.

Asqia, N., Palintan, T. A., Ashari, N., & Lestari, T. A. (2024). Pendampingan Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) Untuk Anak Usia Dini. Alamtana: Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram, 05(03).

Ermono, A. Y., Pritasari, A. C., & Naimatul, A. (2025). Validasi Buku Cerita Sains Digital Petualangan Respira Berorientasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. JUDIKAS Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 120–132.

Fatima Mardina Angkur, M., Banggur, M. D. V., & Jeminda, H. (2022). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Perak Kecamatan Cibal. Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 18–32. https://doi.org/10.53547/realkiddos.v1i1.239

Hajar, S., At, D., Ashari, N., & Mulianah, S. (2024). Pengembangan Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal on Early Chilhood, 7(3). https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.816

Hidayati, F., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengembangan Media Busy Book Cika ( Cintai Kebersihan ) Untuk Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Warta Pengabdian Andalas, 12(1).

Hidayati, F. N., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengembangan Media Busy Book Cika (Cintai Kebersihan) Untuk Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Warta Pengabdian Andalas, 12(1).

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Muhani, N., Febriani, C. A., Yanti, D. F., Rahmah, A., Rafika, E., Sari, F. A., Yusuf, G. G., Rudi, R. O., & Pratiwi, Y. A. (2022). Penyuluhan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah Di 01 Langkapura. Journal of Community Services in Humanities and Social Sciences, 4(1), 27–38.

Mulasari, A., Saptadi, D., Sofiana, L., & Hidayat, S. (2021). Modul pengabdian masyarakat Perilaku hidup bersih dan sehat.

Novita Ashari, Putri Indah sari, Armi Nadilah Asnar, Dkk. (2021). Pengenalan Pola hidup Bersih dan Sehat Melalui Eksperimen Sains pada Anak Usia Dini di Kelompok B TK Putri Ramadhani. SPECTRUM: Journal of Gender and children Studies, 1(2), 90–99.

Oktaviani, S. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 93–98.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Rahayu, P., Si, R. S., & Biomed, M. (2021). PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT.

Ratna julianti, M Nasirun, W. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 21–22.

Razi, P. (2023). Efektivitas Electronic Module (E-Modul) Promosi Kesehatan untuk Meningkatkan Keterampilan Mencuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Sekolah di Panti Asuhan Abul Hasan Jambi Effectiveness of Health Promotion Electronic Module (E-Modul) to Improve Handwashi. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 5(1), 29–34. https://doi.org/10.47034/ppk.v4i2.6793

Safitri. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bhasa Jawa Dialek Banyumasan Berbasis Kearifan Lokal Di Ra Perwanida Pliken Kabupaten Banyumas.

Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542

Sanda Manapa, E., Ahmad, M., Nontji, W., Soraya Riu, D., & Hidayanti, H. (2020). Pengembangan Modul Deteksi Risiko Stunting Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Development of Stunting Risk Detection Module on Pregnant Mother Knowledge. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 7(2), 62–75.

Sum, T. A., Ndeot, F., & Ara, O. (2022). Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat di PAUD. Jurnal Lonto Leok, 4(2), 28–33.

Suyatmin, S., & Widiyanto, W. (2017). Pengembangan modul pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat pada taman kanak-kanak. Jurnal Keolahragaan, 5(1), 90. https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.12807

Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat(Phbs) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 58. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620

Ulfah, M. (2020). Pengembangan Puzzle Book Untuk Membentuk Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 64–76.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760