Pengaruh Permainan Pasir Kinetik Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Islam Hanana Palembang

Sulastri Wulandari, Elsa Cindrya, Kris Setyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan pasir kinetik terhadap kemampuan kreativitas anak usia dini di TK Islam Hanana Palembang. Kreativitas merupakan aspek penting dalam perkembangan anak yang perlu distimulasi sejak dini melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pre-test-post-test. Subjek penelitian terdiri dari anak-anak kelompok B2 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kreativitas anak setelah diberikan perlakuan berupa permainan pasir kinetik. Anak menunjukkan perubahan positif dalam hal kemampuan mengungkapkan ide, membentuk karya secara mandiri, serta menunjukkan orisinalitas dan fleksibilitas dalam berpikir. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kondisi sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan pasir kinetik berpengaruh secara positif terhadap peningkatan kreativitas anak usia dini. Temuan ini merekomendasikan penggunaan pasir kinetik sebagai media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam pengembangan potensi kreatif anak di lembaga pendidikan anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Kreativitas; Media Bermain; Pasir Kinetik

Full Text:

PDF Turnitin

References


Adike, G., Wardany, O. F., & Utami, R. T. (2024). Efektivitas bermain pasir kinetik dalam meningkatkan motorik halus siswa autis. Special Need Education Journal, 3(2), 90–98. https://doi.org/10.36269/sj.v3i2.2445

Aminah, S., & Kurniawati, T. (2022). Kreativitas anak dalam pembelajaran berbasis STEAM. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 59–67. https://doi.org/10.54353/audi.v3i2.234

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Catron, C. E., & Allen, J. (2020). Early Childhood Curriculum: A Creative-Play Model. Boston: Pearson Education.

Creswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2021). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (6th ed.). Boston: Pearson.

Damayanti, L., & Sari, D. P. (2021). Pengaruh bermain pasir ajaib terhadap kreativitas anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1012–1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.982

Ernawati, E., Hayati, S., & Azis, S. (2024). Pengaruh media pasir kinetik terhadap kemampuan menulis permulaan pada anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Falah Jepih Tengah. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(9), 120–128. https://doi.org/10.32534/jikm.v8i9.4305

Fatimah, A., & Anggraini, N. (2023). Stimulasi kreativitas anak usia dini melalui bermain sensori. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 8(1), 19–26. https://doi.org/10.14421/jga.2023.081-03

Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartati, S., & Novita, S. (2020). Peran guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(2), 42–49. https://doi.org/10.24036/jipp.v7i2.4855

Indrawati, R. (2023). Pengaruh permainan edukatif terhadap kecerdasan majemuk anak usia dini. Jurnal Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 45–54. https://doi.org/10.17509/cakrawaladini.v14i1.4792

Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2020). Pengaruh bermain pasir kinetik terhadap kreativitas anak. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 73–86.

Lestari, I., Prayitno, B. A., & Djuwita, N. A. (2020). Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain simbolik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 678–686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.460

Lestari, N. W. (2020). Stimulasi kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain pasir kinetik pada anak usia 3–4 tahun. UPI Repository, 58798.

Mardiani, H., & Zaitun, S. (2023). Stimulasi motorik dan kreativitas melalui pasir kinetik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 87–94. https://doi.org/10.25029/jppaud.v8i1.3034

Mardiati, M., & Hartati, S. (2021). Pengaruh penggunaan pasir kinetik terhadap perkembangan motorik halus anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 492–500.

Marlina, L., & Fauziyah, U. (2022). Pengembangan kreativitas anak melalui media bermain edukatif. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 33–42. https://doi.org/10.31002/jpa.v7i1.1152

Mulyasa, E. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muthiah, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2021). Desain media pasir kinetik untuk memfasilitasi kemampuan menulis permulaan anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 100–110.

Nugroho, A. (2022). Etika Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini: Pendekatan Partisipatif dan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 25–34. https://doi.org/10.31002/jpa.v7i1.1182

Oktarika, F. (2020). Pengaruh melukis pasir terhadap perkembangan kreativitas anak di taman kanak-kanak. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/4668

Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. New York: International Universities Press.

Rahmawati, R., & Yuliani, S. (2021). Efektivitas bermain sensori dalam menstimulasi kecerdasan spasial anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 134–141. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.07

Ramadhani, N., & Syafi’i, M. (2022). Pengaruh media bermain terhadap kreativitas anak usia 5–6 tahun. Jurnal Pendidikan PAUD Al-Athfal, 11(2), 76–83. https://doi.org/10.24235/athfal.v11i2.8690

Rohani, M., & Kartika, Y. (2021). Peran media pasir kinetik dalam mengembangkan motorik halus anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(3), 56–62. https://doi.org/10.31002/jpaud.v5i3.2434

Rojab, R., Mulyana, E. H., & Loita, A. (2023). Pengaruh kegiatan bermain pasir kinetik terhadap kemampuan menulis lambang bilangan anak usia 5-6 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 85–92. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9022

Semiawan, C. R. (2021). Kreativitas dan keberbakatan. Jakarta: PT Indeks.

Siregar, I. R. (2024). Kegiatan bermain pasir sebagai sarana pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. Jurnal Jendela Bunda, 12(2), 60–68. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5946

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratin, D., & Aulina, C. N. (2023). Peningkatan kemampuan motorik halus anak usia 4–5 tahun melalui bermain pasir ajaib. Journal of Education Research, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2175

Susanto, A. (2020). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Umami, R., Sunaringtyas, W., & Ishariani, L. (2020). Pengaruh kinetic play sand terhadap kemampuan adaptasi lingkungan sekolah pada anak preschool. Jurnal Penelitian Keperawatan, 6(2), 86–96. https://doi.org/10.32660/jpk.v6i2.486

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge: Harvard University Press.

Wulandari, A., & Iswari, M. (2022). Pengaruh media pasir kinetik untuk meningkatkan kemampuan pra menulis bagi anak cerebral palsy tipe spastik. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 11(1), 30–38.

Wulandari, C. (2024). Pemanfaatan media pasir untuk meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5–6 tahun. Generasi Emas, 7(2), 18261. https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(2).18261




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760