Pengaruh Permainan Pasir Kinetik Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Islam Hanana Palembang
Abstract
Keywords
References
Adike, G., Wardany, O. F., & Utami, R. T. (2024). Efektivitas bermain pasir kinetik dalam meningkatkan motorik halus siswa autis. Special Need Education Journal, 3(2), 90–98. https://doi.org/10.36269/sj.v3i2.2445
Aminah, S., & Kurniawati, T. (2022). Kreativitas anak dalam pembelajaran berbasis STEAM. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 59–67. https://doi.org/10.54353/audi.v3i2.234
Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Catron, C. E., & Allen, J. (2020). Early Childhood Curriculum: A Creative-Play Model. Boston: Pearson Education.
Creswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2021). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (6th ed.). Boston: Pearson.
Damayanti, L., & Sari, D. P. (2021). Pengaruh bermain pasir ajaib terhadap kreativitas anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1012–1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.982
Ernawati, E., Hayati, S., & Azis, S. (2024). Pengaruh media pasir kinetik terhadap kemampuan menulis permulaan pada anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Falah Jepih Tengah. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(9), 120–128. https://doi.org/10.32534/jikm.v8i9.4305
Fatimah, A., & Anggraini, N. (2023). Stimulasi kreativitas anak usia dini melalui bermain sensori. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 8(1), 19–26. https://doi.org/10.14421/jga.2023.081-03
Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartati, S., & Novita, S. (2020). Peran guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(2), 42–49. https://doi.org/10.24036/jipp.v7i2.4855
Indrawati, R. (2023). Pengaruh permainan edukatif terhadap kecerdasan majemuk anak usia dini. Jurnal Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 45–54. https://doi.org/10.17509/cakrawaladini.v14i1.4792
Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2020). Pengaruh bermain pasir kinetik terhadap kreativitas anak. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 73–86.
Lestari, I., Prayitno, B. A., & Djuwita, N. A. (2020). Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain simbolik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 678–686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.460
Lestari, N. W. (2020). Stimulasi kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain pasir kinetik pada anak usia 3–4 tahun. UPI Repository, 58798.
Mardiani, H., & Zaitun, S. (2023). Stimulasi motorik dan kreativitas melalui pasir kinetik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 87–94. https://doi.org/10.25029/jppaud.v8i1.3034
Mardiati, M., & Hartati, S. (2021). Pengaruh penggunaan pasir kinetik terhadap perkembangan motorik halus anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 492–500.
Marlina, L., & Fauziyah, U. (2022). Pengembangan kreativitas anak melalui media bermain edukatif. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 33–42. https://doi.org/10.31002/jpa.v7i1.1152
Mulyasa, E. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muthiah, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2021). Desain media pasir kinetik untuk memfasilitasi kemampuan menulis permulaan anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 100–110.
Nugroho, A. (2022). Etika Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini: Pendekatan Partisipatif dan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 25–34. https://doi.org/10.31002/jpa.v7i1.1182
Oktarika, F. (2020). Pengaruh melukis pasir terhadap perkembangan kreativitas anak di taman kanak-kanak. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/4668
Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. New York: International Universities Press.
Rahmawati, R., & Yuliani, S. (2021). Efektivitas bermain sensori dalam menstimulasi kecerdasan spasial anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 134–141. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.07
Ramadhani, N., & Syafi’i, M. (2022). Pengaruh media bermain terhadap kreativitas anak usia 5–6 tahun. Jurnal Pendidikan PAUD Al-Athfal, 11(2), 76–83. https://doi.org/10.24235/athfal.v11i2.8690
Rohani, M., & Kartika, Y. (2021). Peran media pasir kinetik dalam mengembangkan motorik halus anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(3), 56–62. https://doi.org/10.31002/jpaud.v5i3.2434
Rojab, R., Mulyana, E. H., & Loita, A. (2023). Pengaruh kegiatan bermain pasir kinetik terhadap kemampuan menulis lambang bilangan anak usia 5-6 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 85–92. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9022
Semiawan, C. R. (2021). Kreativitas dan keberbakatan. Jakarta: PT Indeks.
Siregar, I. R. (2024). Kegiatan bermain pasir sebagai sarana pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. Jurnal Jendela Bunda, 12(2), 60–68. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5946
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suratin, D., & Aulina, C. N. (2023). Peningkatan kemampuan motorik halus anak usia 4–5 tahun melalui bermain pasir ajaib. Journal of Education Research, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2175
Susanto, A. (2020). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana.
Umami, R., Sunaringtyas, W., & Ishariani, L. (2020). Pengaruh kinetic play sand terhadap kemampuan adaptasi lingkungan sekolah pada anak preschool. Jurnal Penelitian Keperawatan, 6(2), 86–96. https://doi.org/10.32660/jpk.v6i2.486
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge: Harvard University Press.
Wulandari, A., & Iswari, M. (2022). Pengaruh media pasir kinetik untuk meningkatkan kemampuan pra menulis bagi anak cerebral palsy tipe spastik. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 11(1), 30–38.
Wulandari, C. (2024). Pemanfaatan media pasir untuk meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5–6 tahun. Generasi Emas, 7(2), 18261. https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(2).18261
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2248
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



