Analisis Peranan Orang Tua dalam Penguasaan Kosa Kata Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun di TK Baitur Rahman

Nikmatin Nuriyah, Ianatuz Zahro, Hendrik Siswono

Abstract


Perkembangan kosakata sangat penting karena menjadi fondasi utama bagi kemampuan komunikasi dan pembelajaran anak di masa depan. Penelitian akan mengeksplorasi bagaimana orang tua dapat berperan lebih efektif melalui strategi yang tepat dalam mendukung pengembangan kosakata anak. Permasalahan yang diangkat adalah Kurangnya intervensi orang tua dalam pengembangan kosakata yang dapat menghambat kemampuan bahasa anak. Maka, fokus penelitian guna mengetahui peran orang tua yang lebih optimal dalam meningkatkan penguasaan kosakata anak. Tujuan umum penelitian adalah menganalisis peran orang tua untuk mengembangkan kosakata anak usia dini, sedangkan tujuan khususnya meliputi identifikasi strategi yang digunakan orang tua, evaluasi dampak strategi tersebut, dan penyusunan rekomendasi bagi orang tua serta lembaga pendidikan. Metode kualitatif berpendekatan deskriptif, mengumpulkan data dengan    wawancara pada orang tua dan observasi aktivitas belajar anak di rumah dan sekolah, kemudian analisa melalui teknik reduksi, menyajikan serta menyimpulkan. Luaran penelitian diharapkan berupa informasi strategi efektif dapat digunakan orang tua guna menguatkan penguasaan kosakata anak, serta rekomendasi bagi lembaga pendidikan guna memperkuat keterlibatan orang tua pada pembelajaran anak. Partisipasi aktif keluarga dalam pengembangan kosakata anak diyakini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak secara signifikan.

Keywords


anak usia dini; pengembangan kosakata; peran orangtua.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43–54. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741

Bobii, E., Tuerah, R., & Manopo, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual di TK Gmim Hosiana Tumatangtang Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (21), 1107-1114. https://doi.org/10.5281/zenodo.10393050

Elia, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif.

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Hamruni, Syaddad, I. A., Zakiah, & Putri, D. I. I. (2021). Teori Belajar Behaviorisme dalam Perspektif Pemikiran dan Tokoh-tokohnya. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Iii, B. A. B. (2003). Metope. In Oxford Art Online. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/gao/9781884446054.article.T057475

Isna, A. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 62–69.

Ita, Efrida & Laksana, Dek Ngurah Laba & Kembo, Maria. (2021). Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. 10.5281/zenodo.4724227.

Jumiati & Patilima, H. (2023). Pengaruh Parenting dalam Perkembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita di TK DW Bungi Kelompok B. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6 (12), 10392-10400

Kholilullah, H. H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, 10, 1.

Lestariningsih, M. D., & Parmiti, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 71. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944

Lincoln, & Guba. (1985). Kepemimpinan kepala Madrasah dan manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah aliyah, Studi multi situs pada Madrasah Aliyah Wali Songo dan Madrasah Aliyah Daarul Khair kotabumi lampung utara.

Lubis, N., & Rizky, M. (2024). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Sesuai dengan Tahapan Usianya Najwa Lubis Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 189–197. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1046

Lydia Ersta Kusumaningtyas, E. W. H. (2018). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Pesan Berantai. Jurnal Audi, 2 (2), 91–97. https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1974

Misriyani, A. S. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua Terhadap Pengembangan Bahasa Anak Usai 5-6 Tahun di PAUD Lentera Baru. Jurnal Penelitian Multidisiplin terpadu, 8(6), 722-727.

Novita, D. (2016). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini. Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyia. 1(1), 23–24.

Rahmawati, Finka & Sabardila, Atiqa. (2024). Pemerolehan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Usia 4 Tahun di Desa Singkil. Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(164). https://doi.org/10.24036/jbs.v12i2.128169.

Sulistyawati, R. & Amelia, Z. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal AUDHI, 2(2): 67-78.

Wiyani, N. A., & Barnawi. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 4-5 Tahun dari Aspek Sintaksis dan Pragmatik di TK Anggrek Kencana Batang.

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. Jurnal Auladuna, 1(12), 94–111.

Zahro, U. A., Noermanzah, N. dan Syafryadin, S. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 187–198.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760