Penerapan Media Visual Berbasis Papan Diagram Gambar (Padiga) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media visual yang berbasis Papan Diagram Gambar (PADIGA) dalam proses belajar matematika serta pengaruhnya terhadap pemahaman konsep siswa kelas II SD. Latar belakang dari studi ini adalah minimnya penguasaan siswa terhadap konsep matematika yang bersifat abstrak, sehingga diperlukan media yang konkret dan visual yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak-anak di sekolah dasar. Metode yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas II dan guru di SDIT Adz-Dzikro Walisongo di Lampung Utara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan PADIGA dapat membantu meningkatkan pengertian siswa tentang konsep matematika, terutama pada materi penyajian dan pemrosesan data sederhana. Siswa tampak lebih terlibat, bersemangat, dan lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Beberapa faktor yang mendukung keberhasilan penggunaan media ini meliputi dukungan dari kepala sekolah, pelatihan untuk guru, serta kreativitas guru dalam membuat media visual. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa kendala seperti keterbatasan fasilitas, waktu untuk menyiapkan media, dan jumlah media visual yang masih tergolong sedikit. Secara keseluruhan, media PADIGA dinilai efektif dan pantas digunakan sebagai alat bantu pengajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika di kelas rendah.
Keywords
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Cambridge: Harvard University Press.
Dale, E. (1969). Audio-visual methods in teaching (3rd ed.). New York: Dryden Press.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hadijah, Siti, Lailatun Nur, and Kamalia Siregar. 2023. “Penerapan Media Pembelajaran Visual Papan Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas IV SD Negeri 105365 Lubuk Bayas” 2 (1): 1–19.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th ed.). New Jersey: Merrill Prentice Hall.
Kemp, J. E., Morrison, G. R., & Ross, S. M. (1998). Designing effective instruction (2nd ed.). New Jersey: Merrill.
Melinda Safitri. n.d. “Peningkatan Peran Rumah Baca Sebagai Sumber Belajar Masyarakat Pesisir Di Dusun Polong Desa Bungaiya Kabupaten Kepulauan Selayar.” https://123dok.com/document/z3d0m2md-peningkatan-belajar-masyarakat-pesisir-bungaiya-kabupaten-kepulauan-selayar.html.
Micke Oktavia. (2021). n.d. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa". Skripsi, IAIN Bengkulu.
Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Nofriyanti, Yelva, Desmawati Roza, and Evi Desmariani. 2024. “Peran Media Terhadap Pembelajaran Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (3): 32614–21. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.13825.
Nugraha, D. A., & Sudiyono. (2018). n.d. “No TitlePelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan AutoPlay Media Studio Bagi Guru-Guru SDN Merjosari 1". Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 182–187.”
Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. New York: Grossman.
Purnasari, Pebria Dheni. 2022. “Journal of Educational Learning and Innovation” 2 (2): 227–39. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2010). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Safitri, Apriani. 2020. “Penggunaan Media Gambar.” Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 20 (1): 24–36.
Seels, B., & Glasgow, Z. (1990). Making instructional design decisions. Columbus, OH: Merrill
Series, Conference. 2018. “Contextual Approach Using VBA Learning Media to Improve Students’ Mathematical Displacement and Disposition Ability Contextual Approach Using VBA Learning Media to Improve Students". Mathematical Displacement and Disposition Ability,” 0–10.
Slavin, R. E. (2009). Educational psychology: Theory and practice (9th ed.). Boston: Pearson.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2009). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2269
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



