Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa

Irma Tasya Prihatini, Siti Muntomimah, Henni Anggraini

Abstract


Pendidikan karakter merupakan fondasi krusial dalam pembentukan kepribadian anak sejak usia dini.  Karakter primer yang perlu ditanamkan ialah cinta tanah air. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran pengajar dalam menanamkan karakter cinta tanah air berbasis kearifan lokal budaya jawa kepada peserta didik di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan 1 Gondowangi. Metode penelitian menggunakan naratif kualitatif melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. hasil penelitian memberikan bahwa pengajar berperan sebagai learning manager (pemimpin pembelajaran), guru menjadi fasilitator, administrator, inovator, motivator, menjadi fungsi dinamisator, serta sebagai supervisor. Bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan pengajar untuk menanamkan karakter cinta tanah air mencakup kegiatan rutin seperti menyanyikan lagu nasional setiap hari, upacara bendera setiap hari senin, mengintegrasikan kurikulum muatan lokal Bahasa jawa, Menyanyikan lagu daerah, mengenakan pakaian adat jawa setiap hari sabtu, melibatkan anak dalam melaksanakan tradisi dan kebudayaan secara langsung dan konstektual. memperingati hari besar nasional, bermain permainan tradisional, menari tari-tarian tradisional serta mengenalkan cerita rakyat dan produk budaya lokal seperti batik dan makanan khas Jawa. Guru juga melibatkan orang tua dan lingkungan sekitar dalam mendukung pembentukan karakter tersebut. Kesimpulannya, peran aktif dan kreativitas guru sangat menentukan dalam keberhasilan penanaman karakter cinta tanah air sejak dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Cinta Tanah Air; Kearifan Lokal; Pendidikan Karakter.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Abdullah, M. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v9i1.24233

Agustina, L. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(1), 1-10. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v27i1.2020.2345

Almaas, I. (2023). Implementasi Penanaman Karakter Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini di PAUD LAB School FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. (Skripsi Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan).

Amri, S. (2018). Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 21(2), 123-136. doi: https://doi.org/10.17977/jip.v21i2.12345

Andriana, E. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 123-136. doi: https://doi.org/10.21009/jpd.v11i2.12345

Anindita, R. P. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 26(2), 1-12. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v26i2.2019.1934

Anwar, M. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 1-14. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.17345

Arifin, S. (2020). Pengembangan Karakter Siswa melalui Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 23(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.17977/jip.v23i1.23456

Arikunto, S. (2019). Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 123-136. doi: https://doi.org/10.21831/jpp.v16i2.24234

Asyhar, R. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 1-12. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v27i2.2020.2456

Azizah, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 1-14. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25345

Bahri, S. (2020). Pengembangan Karakter Siswa melalui Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 22(2), 123-136. doi: https://doi.org/10.17977/jip.v22i2.19346

Damayanti, R. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Siswa Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 26(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v26i1.2019.18345

Dewi, N. K. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.26345

Dwijayani, P. (2016). Peningkatan Cinta Tanah Air (Skripsi Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Fajri, M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(2), 123-136. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v25i2.2018.17346

Fitri, A. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 24(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.17977/jip.v24i1.25347

Garnika, E. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Tasikmalaya: Edu Plubiser

Handayani, S. (2019). Pengembangan Karakter Siswa melalui Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 13-26. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v9i1.24235

Hidayat, R. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal dalam Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(1), 13-26. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v27i1.2020.2346

Hikmasari,D.N. (2021).Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. Journal Basic of Education (AJBE), 6(1) 19-31 DOI: https://doi.org/10.2469/ajbe,V61.4915

Lickona, T. (2012). Educating for Character Mendidik untuk membentuk Karakter Jakarta: Bumi Aksara

Lickona, T. (1992). Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, Bantam Books, New York.

Mei, F.R.D. (2019). Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Pembentukan Karakter Anak (Skripsi Universitas Brawijaya Malang)

Munawir,dkk.(2022) Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.7(1) 8-12

Mutiaramses,dkk. (2021) Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.Pendas Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 6(1) DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050

Nadhiroh,U & Setyawan,B.W.Penerapan Pembelajaran Bahasa Jawa dalam melestarikan Budaya Jawa. Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah 3-(1) 1-10

Ratnawati,S. (2024) Penerapan Komunikasi Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. Journal On Education.6(3) 17165-17171

Sholihah, B. (2015) Konsep Cinta Tanah Air Perspektif Ath-Thahthawi dan Relevansinya dengan Pendidikan di Indonesia. (Skripsi Universitas Islam Negeri Jakarta)

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori Jakarta: Bumi Aksara

Susanto, A. (2015). Bimbingan Konseling di Taman Kanak-Kanak Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760