Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa
Abstract
Keywords
References
Abdullah, M. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v9i1.24233
Agustina, L. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(1), 1-10. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v27i1.2020.2345
Almaas, I. (2023). Implementasi Penanaman Karakter Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini di PAUD LAB School FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. (Skripsi Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan).
Amri, S. (2018). Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 21(2), 123-136. doi: https://doi.org/10.17977/jip.v21i2.12345
Andriana, E. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 123-136. doi: https://doi.org/10.21009/jpd.v11i2.12345
Anindita, R. P. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 26(2), 1-12. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v26i2.2019.1934
Anwar, M. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 1-14. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.17345
Arifin, S. (2020). Pengembangan Karakter Siswa melalui Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 23(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.17977/jip.v23i1.23456
Arikunto, S. (2019). Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 123-136. doi: https://doi.org/10.21831/jpp.v16i2.24234
Asyhar, R. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 1-12. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v27i2.2020.2456
Azizah, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 1-14. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25345
Bahri, S. (2020). Pengembangan Karakter Siswa melalui Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 22(2), 123-136. doi: https://doi.org/10.17977/jip.v22i2.19346
Damayanti, R. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Siswa Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 26(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v26i1.2019.18345
Dewi, N. K. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.26345
Dwijayani, P. (2016). Peningkatan Cinta Tanah Air (Skripsi Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Fajri, M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(2), 123-136. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v25i2.2018.17346
Fitri, A. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 24(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.17977/jip.v24i1.25347
Garnika, E. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Tasikmalaya: Edu Plubiser
Handayani, S. (2019). Pengembangan Karakter Siswa melalui Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 13-26. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v9i1.24235
Hidayat, R. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal dalam Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(1), 13-26. doi: https://doi.org/10.23960/jpp.v27i1.2020.2346
Hikmasari,D.N. (2021).Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. Journal Basic of Education (AJBE), 6(1) 19-31 DOI: https://doi.org/10.2469/ajbe,V61.4915
Lickona, T. (2012). Educating for Character Mendidik untuk membentuk Karakter Jakarta: Bumi Aksara
Lickona, T. (1992). Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, Bantam Books, New York.
Mei, F.R.D. (2019). Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Pembentukan Karakter Anak (Skripsi Universitas Brawijaya Malang)
Munawir,dkk.(2022) Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.7(1) 8-12
Mutiaramses,dkk. (2021) Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.Pendas Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 6(1) DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050
Nadhiroh,U & Setyawan,B.W.Penerapan Pembelajaran Bahasa Jawa dalam melestarikan Budaya Jawa. Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah 3-(1) 1-10
Ratnawati,S. (2024) Penerapan Komunikasi Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. Journal On Education.6(3) 17165-17171
Sholihah, B. (2015) Konsep Cinta Tanah Air Perspektif Ath-Thahthawi dan Relevansinya dengan Pendidikan di Indonesia. (Skripsi Universitas Islam Negeri Jakarta)
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori Jakarta: Bumi Aksara
Susanto, A. (2015). Bimbingan Konseling di Taman Kanak-Kanak Jakarta: Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2271
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



