Pengembangan Media Eksperimen Berbasis Pembelajaran STEAM untuk Meningkatkan Keaksaraan Anak Usia Dini
Abstract
Keywords
References
Andi Ainun Annisa, Herman Herman, Rusmayadi Rusmayadi. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun. JPP PAUD FKIP Untirta, 12(1), 1-8
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini’, Pedagogi : Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73.
Ashari, N., Ayu Lestari, T., Khaeriyah, U., Hukmi, R., Aprianti, W., Anjani, S., Fatimah, N., & kunci, K. (2022). Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Eksperimen Menanam Tomat Untuk Anak Kelompok B Di Paud Melati Binaan Skb Parepare. 167–176.
Ashari, N., Halifah, S., & Kholilah, E. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Permainan Bisik Berantai Anak Kelompok B Di RA Umdi Al-Ihsan Parepare. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.35905/anakta.v1i2.4455
Dwi, H., & Dhiarti, T. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini (Moh.Nasruddin (ed.); 1st ed.).
Fitria, N. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital “Bermain Keaksaraan” pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 36–49. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.6781
Hajar, S., At, D., Ashari, N., & Mulianah, S. (2024). Pengembangan Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Anak Usia 4-5 Tahun. 7(3). https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.816
Ita, E., & Dhiu, K. D. (2021). Pengembangan Busy Book Learning Media Dalam Pembelajaran Bahasa Keaksaraan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Smart Paud, 4(1), 11–22.
Khadijah, K., Saragih, N. A., & Nasution, F. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Loose Parts melalui Pembelajaran STEAM di TK A Khairun Amala. Jurnal Raudhah, 12(1), 33. https://doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3472
Laily, W., Rachmawati, P., Syafrida, R., & Nirmala, I. (2022). Pengaruh Media Paper Plate Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 325–334. https://doi.org/10.5281/zenodo.7049381
Lala Nur Hidayati, Rina Syafrida, N. R. (2024). Media Papan Magnet Untuk Meningkatkan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkit An Najma Cikarang Utara. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 7 (1), 1-7 DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i1.1-7
Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680
Matin, R. H., Ety Rohaety, E., & Nuraeni, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Di Tk Nusa Indah. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 49. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p49-56
Muhammad, G., Eka Pamuji, R., Rizki Nugrehani, L., Novi Suma, S., Nurilla, S., Rohib Adriyanto, S., Farida, I., Isniwati, & Yasinta Maria, F. (2023). Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (S. Agus, I. Farida, & S. Rohib Adrianto (eds.); 1st ed.).
Novarita, A., Sari, R. P., & Haryono, M. (2022). Meningkatkan Perkembangan Keaksaraan Anak Melalui Pemanfatan Bahan Alam Bebatuan Pada Kelompok Bermain. Journal of Dehasen Educational Review, 3(3), 47–52. https://doi.org/10.33258/joder.v3i3.3458
Novitasari., N. (2022). Pembelajaran STEAM Pada Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 69–82. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i1.330
Nur Hayati, E. J. (2023). Pengembangan Media Ajar Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 139–150.
Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7039
Puput Weryhati, A., & Hunafa Lestari, R. (2022). CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Media Celemek Huruf: Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Pada Anak Kelompok B. Online), 5(6), 2614–4107.
Setiawati, N., Putra, D., & Zukhairina, Z. (2023). Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.202
Sinantin Mahtawarni. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Mengenalkan Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun. repository.ar-raniry.ac.id.
Suci Utami, P. (2019). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (B. Tia Citra (ed.); 2nd ed.).
Thofan Aradika, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7.
Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 4(1), 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940
Widyastuti, A. (2018). Analisis Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaadah Limo Depok. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 6(1), 10–17. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2272
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



