Pengembangan Media Eksperimen Berbasis Pembelajaran STEAM untuk Meningkatkan Keaksaraan Anak Usia Dini

Novy Herlanda Ag, Novita Ashari, Sri Mulianah, Andi Tien Asmara Palintan

Abstract


Kemampuan keaksaraan awal merupakan fondasi penting bagi perkembangan kognitif dan akademik anak. Untuk mendukung hal tersebut, pendekatan pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) menjadi strategi yang efektif karena memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, kreatif, dan bermakna melalui eksplorasi dan pemecahan masalah. Salah satu media yang efektif untuk mendukung pembelajaran literasi adalah papan huruf. Jika diintegrasikan dengan pendekatan STEAM, media ini membantu anak mengenal huruf, membentuk kata, dan memahami bunyi bahasa secara interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia dini kelompok B. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall melalui beberapa tahap: identifikasi masalah, pengumpulan data, perancangan, validasi, dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan di lembaga PAUD. Media ini melibatkan anak secara aktif dan mudah diterapkan oleh guru. Integrasi unsur STEAM berhasil menciptakan suasana belajar yang aktif dan eksploratif, serta berdampak positif terhadap perkembangan bahasa anak. Media ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran keaksaraan dan diharapkan dapat terus dikembangkan serta dimanfaatkan secara luas di berbagai konteks pendidikan.

Keywords


Keaksaraan; Media Eksperimen; Pembelajaan Steam,

Full Text:

PDF Turnitin

References


Andi Ainun Annisa, Herman Herman, Rusmayadi Rusmayadi. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun. JPP PAUD FKIP Untirta, 12(1), 1-8

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini’, Pedagogi : Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73.

Ashari, N., Ayu Lestari, T., Khaeriyah, U., Hukmi, R., Aprianti, W., Anjani, S., Fatimah, N., & kunci, K. (2022). Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Eksperimen Menanam Tomat Untuk Anak Kelompok B Di Paud Melati Binaan Skb Parepare. 167–176.

Ashari, N., Halifah, S., & Kholilah, E. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Permainan Bisik Berantai Anak Kelompok B Di RA Umdi Al-Ihsan Parepare. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.35905/anakta.v1i2.4455

Dwi, H., & Dhiarti, T. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini (Moh.Nasruddin (ed.); 1st ed.).

Fitria, N. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital “Bermain Keaksaraan” pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 36–49. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.6781

Hajar, S., At, D., Ashari, N., & Mulianah, S. (2024). Pengembangan Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Anak Usia 4-5 Tahun. 7(3). https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.816

Ita, E., & Dhiu, K. D. (2021). Pengembangan Busy Book Learning Media Dalam Pembelajaran Bahasa Keaksaraan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Smart Paud, 4(1), 11–22.

Khadijah, K., Saragih, N. A., & Nasution, F. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Loose Parts melalui Pembelajaran STEAM di TK A Khairun Amala. Jurnal Raudhah, 12(1), 33. https://doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3472

Laily, W., Rachmawati, P., Syafrida, R., & Nirmala, I. (2022). Pengaruh Media Paper Plate Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 325–334. https://doi.org/10.5281/zenodo.7049381

Lala Nur Hidayati, Rina Syafrida, N. R. (2024). Media Papan Magnet Untuk Meningkatkan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkit An Najma Cikarang Utara. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 7 (1), 1-7 DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i1.1-7

Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680

Matin, R. H., Ety Rohaety, E., & Nuraeni, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Di Tk Nusa Indah. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 49. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p49-56

Muhammad, G., Eka Pamuji, R., Rizki Nugrehani, L., Novi Suma, S., Nurilla, S., Rohib Adriyanto, S., Farida, I., Isniwati, & Yasinta Maria, F. (2023). Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (S. Agus, I. Farida, & S. Rohib Adrianto (eds.); 1st ed.).

Novarita, A., Sari, R. P., & Haryono, M. (2022). Meningkatkan Perkembangan Keaksaraan Anak Melalui Pemanfatan Bahan Alam Bebatuan Pada Kelompok Bermain. Journal of Dehasen Educational Review, 3(3), 47–52. https://doi.org/10.33258/joder.v3i3.3458

Novitasari., N. (2022). Pembelajaran STEAM Pada Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 69–82. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i1.330

Nur Hayati, E. J. (2023). Pengembangan Media Ajar Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 139–150.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7039

Puput Weryhati, A., & Hunafa Lestari, R. (2022). CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Media Celemek Huruf: Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Pada Anak Kelompok B. Online), 5(6), 2614–4107.

Setiawati, N., Putra, D., & Zukhairina, Z. (2023). Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.202

Sinantin Mahtawarni. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Mengenalkan Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun. repository.ar-raniry.ac.id.

Suci Utami, P. (2019). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (B. Tia Citra (ed.); 2nd ed.).

Thofan Aradika, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7.

Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 4(1), 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940

Widyastuti, A. (2018). Analisis Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaadah Limo Depok. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 6(1), 10–17. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760