Mapping the Path to Quality Early Childhood Education: Trends in Teacher Development in Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, J., Hamidah, S., & Nureshara, S. H. (2023). Peningkatan kompetensi guru pendidikan anak usia dini di TK Bina Hasanah Cimindi. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 52–64. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia/article/view/6341
Andriati, N., Martin, M., Atika, A., & Hidayati, N. W. (2020). Peningkatan kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam parenting education pada tingkat pendidikan anak usia dini. Pangabdhi Jurnal Ilmiah, 6(2), 65–68. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7725
Astana, A. C., Susijati, S., & Sihombing, T. R. C. (2022). Pembinaan pembelajaran sebagai salah satu upaya peningkatan kompetensi pedagogik bagi guru-guru PAUD Nava Dhammasekha Karuna, Teluknaga, Tangerang. Community Services and Social Work Bulletin, 2(2), 103–115. https://doi.org/10.31000/cswb.v2i2.7596
Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Peningkаtan kоmpetensi guru PAUD dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 3(4), 366–371. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/8151
Astriawati, N., Agusta, G. E., & Pratama, H. A. (2021). Peningkatan kompetensi profesional guru melalui pelatihan penggunaan media ICT. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 562–567. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4804
Astuti, R. D., Leksana, D. M., & Febriani, N. H. (2023). Peningkatan kompetensi guru PAUD melalui pelatihan menciptakan educational cloth book. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 283–292. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1,2090
Atika, A. R., & Zahro, I. F. (2021). Peningkatan kompetensi guru melalui seminar online sumber belajar di masa pandemi covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 517–525. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4085
Atmojo, M. E., Al-Hamdi, R., & Pratiwi, V. P. (2022). Peningkatan kompetensi guru TK ABA di Kapanewon Pajangan, Bantul. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 882–887. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i4.10125
Aufa, N., & Zaratuzar, Z. (2023). Pelatihan holistik peningkatan kompetensi pedagogik guru PAUD dalam mengembangkan pembelajaran berbasis proyek. BA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.58477/ba.v1i2.214
Aulina, C. N., Salim, A., & Wulandari, F. (2022). Peningkatan kompetensi guru dalam implementasi pembelajaran sains di taman kanak-kanak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 66–72. http://dx.doi.org/10.30651/aks.v6i1.4671
Bakhri, S., Dede, D., Rahmawati, E., & Fadhilah, H. (2021). Peningkatan kompetensi guru PAUD melalui pelatihan teknologi informasi di Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 75–79. https://jurnal.kdi.or.id/index.php/nr/article/view/631
Budiana, I., Warhdana, N., & Barlian, U. C. (2021). Revitalisasi kelompok kerja guru untuk peningkatan kompetensi profesional guru di TK Negeri Pembina Centeh Kota Bandung. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 2(2), 129–143. https://doi.org/10.47281/fas.v2i2.79
Darling-Hammond, L. (2000). Teacher quality and student achievement: A review of state policy evidence. Education Policy Analysis Archives, 8(1). https://doi.org/10.14507/epaa.v8n1.2000
Erdiyanti, E., & Syukri, S. (2021). Peningkatan kompetensi guru PAUD non PG-PAUD melalui pendampingan pembuatan media pembelajaran di Kecamatan Konda. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 68–79. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.34
Fidesrinur, F., Fitria, N., & Amelia, Z. (2022). Peningkatan kompetensi guru dalam pemanfaatan dan pembuatan media pembelajaran kognitif pada kegiatan rutinitas anak usia dini. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(2), 75–79. http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v4i2.943
Hakim, M. Y. P., Hakim, A., & Febriati, F. (2023). Pemanfaatan media pop-up book terhadap peningkatan kompetensi guru dalam merancang media sederhana di PAUD. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend), (Vol. not specified), 1–14. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/jtekpend/article/download/9942/4981
Hasjiandito, A., Waluyo, E., Handayani, S. S. D., & Sulistio, B. (2023). Pengembangan aplikasi berbasis android sebagai upaya peningkatan kompetensi TPACK guru PAUD. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 10(2), 116–122. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/3738
Hasmawaty, H., & Muliati, M. (2023). Peningkatan kompetensi pedagogik guru PAUD di Kabupaten Tana Toraja. Madaniya, 4(1), 285–292. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/389
Heckman, J. J. (2006). Skill formation and the economics of investing in disadvantaged children. Science, 312(5782), 1900–1902. https://doi.org/10.1126/science.1128898
Hidayat, M. T., Pance, M., & Rihlah, J. (2021). Workshop peningkatan kompetensi guru TK dalam pebuatan alat permaian edukatif di TK Khadidjah Wonorejo Surabaya. Prosiding Webinar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2021, 329–332. https://mail.ejournalwiraraja.com/index.php/SNAPP/article/view/1772
Islamiati, S. (2023). Peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi klinis di TK Negeri Nusa Bakti. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 3(1), 44–50. https://www.jurnalp4i.com/index.php/teacher/article/view/2179
Jamaluddin, J., Martuty, A., & Abdullah, M. (2021). Penerapan kursus Learning Management System (LMS) bagi peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan PAUD. Tematik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 33–43. https://www.academia.edu/download/115377955/11163.pdf
Juanita, S., Novita, I., & Anif, M. (2022). Peningkatan kompetensi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru PAUD dengan pelatihan Microsoft Powerpoint dan Access. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 5–11. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks/article/view/2307
Kale, S., Betty, C. G., Bunga, B. N., & Mundiarti, V. (2022). Program peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar bagi guru TK dan KB di Gugus Matahari. KELIMUTU Journal of Community Service (KJCS), 2(1), 69–76. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/kjcs/article/view/6992
Karmila, D., & Eliza, D. (2022). Pengembangan profesionalisme guru PAUD melalui peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik di TK Pertiwi III Ladang Panjang. Jurnal Family Education, 2(2), 226–232. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i2.61
Librianty, H. D., Yennizar, Y., Susanti, N., & Hikmah, M. (2021). Peningkatan kompetensi guru PAUD dalam melaksanakan pembelajaran berbasis konsep merdeka bermain di Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batanghari. KREASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 44–51. http://jurnal.piaud.org/index.php/kreasi/article/view/285
Mamahit, H. C., Wati, C. L. S., & Wijayanti, S. H. (2022). Pelatihan peningkatan kompetensi guru PAUD di Kecamatan Cabang Bungin Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 5(2), 9–17. https://core.ac.uk/download/pdf/288251857.pdf
Marta, N. A., Djunaidi, D., Martini, S., Husmiati, R., Mindarto, M., Afrizal, A., & Putri, W. (2022). Optimalisasi pembelajaran melalui peningkatan kompetensi guru dalam mendesain model, metode, dan media yang inovatif, kreatif, komunikatif-interaktif dan menyenangkan di PAUD/TK Kamboja Berseri 01 Wilayah Binaan Jakarta. SATWIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.21009/satwika.020205
Marwan, M., Misnar, M., Najmuddin, N., Zuhra, I., & Rahma, R. (2023). Peningkatan kompetensi pedagogik guru PAUD menggunakan tikar monopoli berbasis lesson study. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(1), 43–50. https://doi.org/10.18592/jea.v9i1.9587
Mastuinda, M., Ramelan, H., Saragih, K., & Martha, D. (2022). Peningkatan kompetensi guru PAUD dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 melalui pelatihan di Kecamatan Rupat. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1–8. https://www.academia.edu/download/86427481/ARTIKEL_KELOMPOK_KARYA_ILMIAH.pdf
NAEYC. (2020). Developmentally Appropriate Practice (DAP) Position Statement. National Association for the Education of Young Children. https://www.naeyc.org/resources/position-statements/dap/contents
Nadeak, T. E. Y., Ningsih, R., & Mustari, D. (2022). PKM peningkatan kompetensi guru untuk pembelajaran berbasis Google Meet dan Zoom di Paud Godwilling. ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 114–122. https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine/article/view/318
Novelti, N., Haetami, A., Hamsiah, A., Lasino, L., Hayati, N., & Pratiwi, E. Y. R. (2023). Pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. SABAJAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(5), 174–179. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/view/65
Noviyanti, S. D. (2020). Pendampingan dalam mengembangkan lagu Bahasa Inggris sebagai upaya peningkatan kompetensi mengajar bagi guru PIAUD di Kabupaten Jember. DIMAS: Jurnal Pemikiran Agama dan Pemberdayaan, 20(1), 39–52. http://dx.doi.org/10.21580/dms.2020.201.4559
OECD/ADB. (2015). Education in Indonesia: Rising to the Challenge. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264230750-en
Pramudyani, A. V. R., & Indratno, T. K. (2021). Peningkatan kompetensi profesional guru dalam penerapan STEAM pada PAUD. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1073–1081. https://www.academia.edu/download/90045782/7651-16902-1-PB.pdf
Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Widiyati, E., Nuruddin, M., & Susilo, C. Z. (2020). Pelatihan tari kreasi sebagai peningkatan kompetensi guru MI/PAUD/RA Raden Fatah. Abidumasy: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 41–49. https://scholar.archive.org/work/6nrf2rgqlfdlrf4pf7gz6ruymy/access/wayback/http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ABIDUMASY/article/download/991/780
Pratiwi, N. K. C., Ibrahim, N., Fu’adah, Y. N., Utami, I. M., Lianardo, A., Risdanti, N., & Pramudito, M. A. (2022). Peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini Kecamatan Gedebage melalui pelatihan desain grafis. REKA KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 178–187. https://doi.org/10.26760/rekakarya.v1i3.178-187
Rahma, N. D., Jannah, S. R., & Zukhairina, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru. Jurnal Smart Paud, 5(2), 156–169. http://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.24
Renaningtias, N., Utama, F. P., & Sari, J. P. (2022). Peningkatan kompetensi guru taman kanak-kanak dalam pendampingan belajar anak usia dini melalui penerapan pembelajaran daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 64–67. https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i1.1498
Rukmini, H., Sumitra, A., & Westhisi, S. M. (2022). Peningkatan kompetensi pedagogik guru PAUD melaui media audio visual pada masa pandemi covid-19. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(3), 338–346. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/10946
Sanusi, A., Wijaya, H. A., Hudaya, P., & Saputra, A. B. (2023). Peningkatan kompetensi technological pedagogical and content knowledge pada guru melalui pelatihan media berbasis educational technology. Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 107–116. https://www.researchgate.net/profile/anwar-sanusi-2/publication/376956573_peningkatan_kompetensi_technological_pedagogical_and_content_knowledge_pada_guru_melalui_pelatihan_media_berbasis_educational_technology/links/659607682468df72d3f951d5/peningkatan-kompetensi-technological-pedagogical-and-content-knowledge-pada-guru-melalui-pelatihan-media-berbasis-educational-technology.pdf
Sarbaini, S., Cynthia, E. P., Muttakin, F., & Arifandy, M. I. (2023). Peningkatan kompetensi akademik guru TK dan PAUD melalui pelatihan Google Classroom. Menara Riau, 17(1), 1–11. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Menara/article/view/21679
Setyonugroho, W., Permana, I., Ulfa, M., Muttaqien, M., & Utomo, G. A. W. (2021). Peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan video berbasis audio visual dengan smartphone untuk guru TK ABA. Surya Abdimas, 5(3), 213–223. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i3.1198
Sinaga, J. D., Marheni, A. K. I., & Anggadewi, B. E. T. (2022). Pelatihan peningkatan kompetensi kepengasuhan berbasis experiential learning bagi pengasuh dan orang tua siswa pra sekolah dan day care. SHARE: Journal of Service Learning, 8(2), 150–158. https://doi.org/10.9744/share.8.2.150-158
Sofyan, H., Hasni, U., Amanda, R. S., Ismiatun, A. N., & Siregar, M. (2023). Peningkatan kompetensi profesional guru PAUD melalui pelatihan pengembangan gamifikasi dalam pembelajaran AUD. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(2), 1–6. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/japamul/article/view/668
Sudaryanto, M., Krisnawati, V., & Anggoro, B. P. N. (2023). Peningkatan kompetensi guru dalam memimpin perencanaan kelas melalui penugasan terstruktur. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 1(3), 83–88. http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/article/view/68
Suliswaningsih, S., Arifudin, D., Waluyo, R., Fahmi, G. M., & Nurrochim, M. S. (2023). Peningkаtan kоmpetensi guru PAUD/TK melalui pelatihan Canva sebagai inovasi media pembelajaran. Nusantara Hasana Journal, 2(8), 223–231. https://www.nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/630
Syafwandi, S., & Juairiyah, J. (2023). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) kurikulum 2013 PAUD melalui workshop dan supervisi akademik di TK Negeri Pembina Arut Selatan. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(6), 4161–4165. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/2148
UNESCO. (2022). Global Education Monitoring Report, 2022: Leave no child behind: Global report on boys' disengagement from education. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000381107
United Nations. (2015). Transforming our world: The 2030 Agenda for Sustainable Development (General Assembly Resolution A/RES/70/1). https://sdgs.un.org/2030agenda
Utami, D. T., Hidayatulloh, T., Sumantri, S., Yunita, Y., & Febrian, R. (2023). Upaya peningkatan kompetensi pendidik dalam implementasi kurikulum merdeka dan pembelajaran abad 21 di Kelompok Kerja Guru Raudhatul Athfal (KKG) Kota Pekanbaru. Hawa: Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(3), 70–76. https://hawajppm.yayasanwayanmarwanpulungan.com/index.php/HAWAJPPM/article/view/13
Wahyuni, D. S. O. (2022). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan karier guru PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 1–12. https://www.academia.edu/download/95034890/DWI_SEPTIA_OCHI_WAHYUNI_20022066_Artikel_Pengembangan_Karier_Guru_PAUD.pdf
Wasito, N., Riswandi, R., & Herpratiwi, H. (2022). Pengembangan model diklat blended learning untuk peningkatan kompetensi pengelolaan PAUD di Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Lampung. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(1), 49–58. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/12270
Wulandari, H., Narawati, T., Masunah, J., & Agustin, M. (2020). Peningkatan kompetensi guru PAUD dalam pembelajaran tari. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 102–109. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/28488
Yanuarti, R., Utari, I., & Harianti, D. (2022). Evaluasi pemanfaatan e-modul sebagai bahan belajar mandiri dalam program peningkatan kompetensi guru. Jurnal Teknodik, 26(2), 101–114. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/972
Yuhenita, N. N., Kurniati, A., & Indiati, I. (2023). Peningkatan kompetensi guru dalam identifikasi dan penanganan masalah anak usia dini. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 1(4), 402–407. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i4.78
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2274
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



