Strategi Penanaman Nilai Karakter Sopan Santun Melalui Pembiasaan Bahasa Jawa Krama

Dita Yati Pertiwi, Rina Wijayanti, Mochammad Ramly Akbar

Abstract


Penanaman nilai karakter sopan santun pada anak usia dini merupakan fondasi penting dalam pembentukan kepribadian dan sikap sosial mereka. Studi ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru dalam menanamkan nilai kesopanan melalui penggunaan bahasa Jawa krama dalam keseharian di lingkungan TK Nurul Jannah Kromengan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan berbahasa Jawa krama diterapkan secara berkelanjutan dalam berbagai aktivitas, seperti kegiatan pagi, interaksi pembelajaran, hingga komunikasi antarindividu di sekolah. Strategi yang digunakan meliputi keteladanan guru, pemberian nasihat secara kontekstual, serta pembiasaan rutin. Hambatan yang dihadapi antara lain kurangnya penguasaan kosakata krama oleh anak serta pengaruh lingkungan luar yang menggunakan bahasa ngoko. Meskipun demikian, melalui pendekatan yang konsisten, guru berhasil menanamkan nilai sopan santun secara efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan bahasa daerah secara kontekstual dapat menjadi sarana strategis dalam pendidikan karakter anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Bahasa Jawa Krama; Pembiasaan; Pendidikan Karakter; Sopan Santun

Full Text:

PDF Turnitin

References


Adolph, K. (2016). Cultural Norms and Language: Reflections on the Role of Language in Social Behavior. International Journal of Language and Society, 3(2), 55–64.Analisis, M., Pemetaan, D. A. N., & Sumber, K. (2022). Jurnal Sangkala Vol (1) No (2) (2022). 2016(1), 85–98.

Astuti, R. P. (2022). Peran Bahasa Ibu dalam Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.21009/jpa.091.07

Borris, R., & Zecho, R. (2018). Language and politeness in early childhood communication. Early Childhood Research & Practice, 20(2), 1–9.

Dahlia. (2019). An Nisa ’ Jurnal Studi Gender dan Anak. In An Nisa’ : Jurnal Studi Gender & Anak (Vol. 12, Issue 2). https://jurnal.iain-bone.ac.id/

Darmawani, E. (2018). Metode Ekspositori Dalam Pelaksanan Bimbingan Dan Konseling Klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2098

Efendi, A., & Endriati, S. (2020). Peran Bahasa Daerah dalam Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 123–132.

Ferencik, M. (2020). Language, politeness, and identity in early socialization. Linguistica, 30(1), 45–60.

Handayani, L. D. (2021). Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Anak melalui Bahasa Daerah. Jurnal Cakrawala Dini, 12(2), 78–85. https://doi.org/10.17509/cd.v12i2.34810

Islam, U., Sumatera, N., Harahap, I. I., Khoirina, A., Nasution, A., Islam, U., Sumatera, N., Sitompul, S. B., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran PAI. 5(01), 61–68.

Maret, R. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Kesantunan Berbahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter Anak, 5(2), 112–120.

Melati, N. S. (2023). SKRIPSI Diajukan guna memenuhi sebagai syarat memperoeh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Pendahuluan, A. (n.d.). INOVASI DALAM PENGGUNAAN METODE. 1–9.

Puti, A. R., Nasihin, H., & Hastuti, A. P. (2024). Peningkatan Perkembangan Bahasa melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama pada Anak Usia Dini di RA Masyithoh 1 Parakan. 2(1), 11–18.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiani, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Sopan Santun melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang. Skripsi, 373. http://eprints.walisongo.ac.id/10518/1/Risa Adi Setiani___1503096054.pdf

Shari, D., & Azizah, E. N. (2021). Penerapan Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 294. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.585

Sukrin, S. (2021). Tahapan Kemampuan Pengembangan Kognitif Berbahasa Anak Usia Dini (4-5 Tahun). EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.637

Suryabrata, S. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Surya, L., Mafiroh, S., & Yugita, D. (2023). Penerapan Problem Based Learning Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Di MA Nurul Islam Gunung Sari. ATH-THALIB: Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus, 1(1), 13–20.

Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 3, Issue 17). http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Tarbiyah, F. (2024). Program studi pendidikan islam anak usia dini (piaud) fakultas tarbiyah institut ilmu al-qur’an (iiq) jakarta tahun ajaran 1445/2024.

Titin, P. (2023). Penggunaan Bahasa Jawa Krama Untuk Membentuk Karakter Sopan Santun Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi Karangjati. 13. https://eprints.uinsaizu.ac.id/19070/1/TitinParliana_Penggunaan Bahasa Jawa Krama Untuk Membentuk Karakter Sopan Santun Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karangjati.pdf

Wardana, M. A. W., Sumarwati, S., & Setiawan, B. (2022). Implications of The Minimum Competency Assessment (AKM) on The Literature Motivation Of Students Of SMP PGRI 2 Wates, Blitar Regency. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2), 92–111. https://doi.org/10.24036/kolokium.v10i2.531

Wijayanti, A., & Pamungkas, J. (2019). Penguatan Karakter Siswa Melalui Penggunaan Unggah-Ungguh Bahasa Jawa. Jurnal Kebudayaan, 8(1), 55–63.

Zahro, F. (2022). Pengaruh Pembiasaan Bahasa Jawa Krama terhadap Karakter Sopan Santun Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 5(1), 61–70.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760