Strategi Penanaman Nilai Karakter Sopan Santun Melalui Pembiasaan Bahasa Jawa Krama
Abstract
Keywords
References
Adolph, K. (2016). Cultural Norms and Language: Reflections on the Role of Language in Social Behavior. International Journal of Language and Society, 3(2), 55–64.Analisis, M., Pemetaan, D. A. N., & Sumber, K. (2022). Jurnal Sangkala Vol (1) No (2) (2022). 2016(1), 85–98.
Astuti, R. P. (2022). Peran Bahasa Ibu dalam Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.21009/jpa.091.07
Borris, R., & Zecho, R. (2018). Language and politeness in early childhood communication. Early Childhood Research & Practice, 20(2), 1–9.
Dahlia. (2019). An Nisa ’ Jurnal Studi Gender dan Anak. In An Nisa’ : Jurnal Studi Gender & Anak (Vol. 12, Issue 2). https://jurnal.iain-bone.ac.id/
Darmawani, E. (2018). Metode Ekspositori Dalam Pelaksanan Bimbingan Dan Konseling Klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2098
Efendi, A., & Endriati, S. (2020). Peran Bahasa Daerah dalam Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 123–132.
Ferencik, M. (2020). Language, politeness, and identity in early socialization. Linguistica, 30(1), 45–60.
Handayani, L. D. (2021). Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Anak melalui Bahasa Daerah. Jurnal Cakrawala Dini, 12(2), 78–85. https://doi.org/10.17509/cd.v12i2.34810
Islam, U., Sumatera, N., Harahap, I. I., Khoirina, A., Nasution, A., Islam, U., Sumatera, N., Sitompul, S. B., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran PAI. 5(01), 61–68.
Maret, R. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Kesantunan Berbahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter Anak, 5(2), 112–120.
Melati, N. S. (2023). SKRIPSI Diajukan guna memenuhi sebagai syarat memperoeh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Pendahuluan, A. (n.d.). INOVASI DALAM PENGGUNAAN METODE. 1–9.
Puti, A. R., Nasihin, H., & Hastuti, A. P. (2024). Peningkatan Perkembangan Bahasa melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama pada Anak Usia Dini di RA Masyithoh 1 Parakan. 2(1), 11–18.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setiani, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Sopan Santun melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang. Skripsi, 373. http://eprints.walisongo.ac.id/10518/1/Risa Adi Setiani___1503096054.pdf
Shari, D., & Azizah, E. N. (2021). Penerapan Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 294. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.585
Sukrin, S. (2021). Tahapan Kemampuan Pengembangan Kognitif Berbahasa Anak Usia Dini (4-5 Tahun). EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.637
Suryabrata, S. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Surya, L., Mafiroh, S., & Yugita, D. (2023). Penerapan Problem Based Learning Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Di MA Nurul Islam Gunung Sari. ATH-THALIB: Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus, 1(1), 13–20.
Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 3, Issue 17). http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Tarbiyah, F. (2024). Program studi pendidikan islam anak usia dini (piaud) fakultas tarbiyah institut ilmu al-qur’an (iiq) jakarta tahun ajaran 1445/2024.
Titin, P. (2023). Penggunaan Bahasa Jawa Krama Untuk Membentuk Karakter Sopan Santun Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi Karangjati. 13. https://eprints.uinsaizu.ac.id/19070/1/TitinParliana_Penggunaan Bahasa Jawa Krama Untuk Membentuk Karakter Sopan Santun Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karangjati.pdf
Wardana, M. A. W., Sumarwati, S., & Setiawan, B. (2022). Implications of The Minimum Competency Assessment (AKM) on The Literature Motivation Of Students Of SMP PGRI 2 Wates, Blitar Regency. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2), 92–111. https://doi.org/10.24036/kolokium.v10i2.531
Wijayanti, A., & Pamungkas, J. (2019). Penguatan Karakter Siswa Melalui Penggunaan Unggah-Ungguh Bahasa Jawa. Jurnal Kebudayaan, 8(1), 55–63.
Zahro, F. (2022). Pengaruh Pembiasaan Bahasa Jawa Krama terhadap Karakter Sopan Santun Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 5(1), 61–70.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2275
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



