Penerapan Model Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Unsur-Unsur Bangun Datar Siswa Kelas III SDN Tebet Timur 07 Jakarta Selatan

Nova Ardiyanto

Abstract


enelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian belajar matematika peserta didik melalui penerapan strategi pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi unsur-unsur bangun datar. Penelitian menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang dijalankan dalam dua tahap siklus di kelas III SDN Tebet Timur 07, Jakarta Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes sumatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan RME, rata-rata nilai siswa hanya 65,33%. Setelah penerapan model RME pada siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 74,9%. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai mencapai 84,6% dan seluruh siswa mencapai ketuntasan belajar (100%). Pendekatan RME terbukti mampu meningkatkan pencapaian belajar matematika peserta didik secara efektif melalui penggunaan media konkret, serta pelibatan aktif siswa dalam diskusi kelompok dan pemecahan masalah.

Keywords


ealistic Mathematics Education (RME); Model Pembelajaran; Meningkatkan Hasil Belajar; Penelitian Tindakan Kelas; Siswa Kslas III

Full Text:

PDF

References


Asih, S. K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 103–110. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.21888

HARIANA, F., Alawiyah, T., & ... (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web (Wordwall Net) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas III. … Pembelajaran ….

Jumiati, Lutviana Wahyu Febriyanti, & Irega Gelly Gera. (2024). Analisis Kesulitan Mata Pelajaran Matematika SD Pada Materi Bangun Datar Sudut Pandang Jerome Brunner. Journal of Global Research Education, 1(1), 75–83. https://doi.org/10.62194/92kd8t33

Kemmis, S., Nixon, R., & Mc Taggart, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research - Stephen Kemmis, Robin McTaggart, Rhonda Nixon.

MASHURI, M. (2023). Penerapan Rme Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vi Min 11 Tabalong. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(1), 60–69. https://doi.org/10.51878/educator.v3i1.2189

Melani, S., Widiyono, Y., & Suyoto, S. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Materi Perkalian dan Pembagian Kelas IV SDN Bayan. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1073. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3767

Nurhayanti, H., Hendar, H., & Kusmawati, R. (2022). Model Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsinia, 3(2), 156–166. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.334

OECD. (2022). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development) Publication, 1–9.

Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128

Septiana, N. (2023). Implementasi Model Rme (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Konsep Keliling Dan …. Ebtida’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 03(2).

Solissa, R. A., Salamor, L., & Sialana, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v3i1.594

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448.

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan model Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Maju, 6(1), 101–112.

Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760