Transformasi Pembelajaran Matematika: Optimalisasi LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Peningkatan Berpikir Kritis Siswa

Tria Anisa, Nurhanurawati Nurhanurawati, Maria Vionita Widiastuti, Fatkur Rohman, Dian Nurlelasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah sejauh mana optimalisasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis Discovery Learning dapat mendorong peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pengukuran benda. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan 22 siswa kelas III sekolah dasar dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan mencakup LKPD, soal pretest dan posttest, serta lembar validasi ahli. Pengujian validitas isi LKPD dilakukan dengan koefisien Aiken’s V, sementara efektivitasnya dianalisis melalui perbandingan skor pretest dan posttest menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas isi yang sangat tinggi, dengan rata-rata koefisien Aiken’s V lebih dari 0,938, sehingga dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa setelah penggunaan LKPD, yang dibuktikan melalui nilai signifikansi uji Wilcoxon di bawah 0,05. Seluruh siswa mengalami peningkatan skor tanpa adanya penurunan atau stagnasi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa optimalisasi LKPD matematika berbasis Discovery Learning mampu mentransformasi pembelajaran dan secara efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pengukuran benda di sekolah dasar.


Keywords


Berpikir Kritis; Discovery Learning; LKPD

Full Text:

PDF Turnitin

References


Afifah, N., Harahap, T. H., & Dachi, S. W. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 5(1), 67–76. https://doi.org/10.30596/jmes.v5i1.18583

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Hazira, A., Pujiastuti, E., & Sugiman. (2024). Kualitas Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Applet Geogebra Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(1), 107. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i1.12842

Mumtaza, A., Shalsabila, Sakila, A., Hasanah, S., Ma’ripah, A. N., Zulkarnain, I., & Fajriah, N. (2024). Kajian Teori Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA), 2, 164–174. https://doi.org/10.20527/x9hf1b21

Apriani, N. S., Nurdin, I. T., & Yuliani, A. (2024). The Development of Liveworksheets-Assisted Discovery Learning Model Worksheets for Improving Student’s Critical Thinking Ability. (JIML) Journal of Innovative Mathematics Learning, 7(4), 424–437. https://doi.org/10.22460/jiml.v7i4.22586

Ardini, S., & Kuntari, S. (2024). Comparison Of Discovery Learning and Reciprocal Teaching Learning Models on The Mathematical Critical Thingking. International Journal of Research in Mathematics Education, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.24090/ijrme.v2i2.11537

Ardiningtyas, M., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Penerapan Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus di Sekolah SMA Negeri 3 Medan. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i2.294

Assegaf, Syf. R., M. Rif’at, & Nilamsari Kusumastuti. (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Teori Grup dengan Menggunakan Perangkat Lunak GAP (Groups, Algorithms and Programming). Jurnal Math-UMB.EDU, 11(1), 52–65. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i1.5794

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Elistania, F. F., Kasiyun, S., Rohimah, A., & Isnainiyah, I. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Berbantuan LKPD Dadu Edukatif Siswa Kelas IV SD Al-Islah Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(1). https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.490

Fatiah, A., Riyadi, R., & Daryanto, J. (2022). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan teori robert h ennis pada kelas v sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(6). https://doi.org/10.20961/ddi.v9i6.56158

Fauziyati, K. A., & Sriyanto, S. (2024). Media Pembelajaran Gamifikasi Wordwall Labelled Diagram Berbasis STEM untuk Berpikir Kritis Siswa SD dalam Pembelajaran IPS. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 91–98. https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.62031

Hanggara, Y., Qohar, A., & Sukoriyanto. (2024). The Impact of Augmented Reality-Based Mathematics Learning Games on Students’ Critical Thinking Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 18(07), 173–187. https://doi.org/10.3991/ijim.v18i07.48067

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Mahmudah, E., Salimi, M., & Suhartono, S. (2025). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VI. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.85164

Mawaddah, E. N., Armis, A., & Maimunah, M. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Konten Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase-D. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1748–1762. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3316

Narumi, S. A., & Kartono, K. (2020). The application of fast feedback in Discovery Learning on the achievement of critical thinking ability reviewed from adversity quotient. Unnes Journal of Mathematics Education, 9(3), 166–175. https://doi.org/10.15294/ujme.v9i3.41862

Ningrum, A. A., Wibowo, Y. A., & Rahayu, W. Y. (2024). Penerapan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD Muhammadiyah 22 Sruni. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(6), 1025–1033. https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.22880

Puspita, J., Rahmawati, R., & Bancong, H. (2023). Validasi LKPD berbasis Discovery Learning untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keaktifan Siswa pada Topik Perpindahan Kalor. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.77455

Qodriati, A., Nugraha, U., & Sofwan, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 8(1), 25–30. https://doi.org/10.22437/jptd.v8i1.23874

Saidah, W., & Wahyudi, W. (2024). Pengembangan Media Fun Thinkers Book dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2927–2939. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7077

Saputri, Y. E., & Rusnilawati. (2023). Discovery Learning Through Educandy: Its Effectiveness on Students’ Critical Thinking Ability and Self-Confidence. Thinking Skills and Creativity Journal, 6(1), 27–34. https://doi.org/10.23887/tscj.v6i1.61737

Sofwan, T., Lestari, I., & Fidianty, A. (2022). Kontribusi Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Terhadap Kecerdasan Logis Matematika dalam Pembelajaran Berbasis E- Learning. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2), 171. https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.171-178

Sukarma, I. K., Apriatun Sakdiah, & Elyska Juliangkari. (2024). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Pringgasela. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 3(3), 314–326. https://doi.org/10.32672/perisai.v3i3.2030

Sumargiyani, S. (2024). Pengembangan LKPD Elektronik Pelajaran Matematika SMP Berbasis Pembelajaran Discovery Learning. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 89–98. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i2.13338

Suriani, T., & Devita, D. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(3), 59–65. https://doi.org/10.36057/jips.v5i3.501

Sutama, S., Fuadi, D., Narimo, S., Hafida, S. H. N., Novitasari, M., Anif, S., Prayitno, H. J., Sunanih, S., & Adnan, M. (2022). Collaborative mathematics learning management: Critical thinking skills in problem solving. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(3), 1015. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22193

Torrejos, R. L. (2024). College Students’ Engagement in Mathematics in the Modern World: The Influential Role of Perceived Teaching Performance of Instructors and Critical Thinking Skills in a Blended Learning Environment. European Journal of Contemporary Education and E-Learning, 2(3), 74–89. https://doi.org/10.59324/ejceel.2024.2(3).07

Trirahayu, S., Egatri, D., Pramudiyanti, P., & Dewi, P. S. (2024). Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) IPAS Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 1307–1316. https://doi.org/10.54082/jupin.503

Uzma, I. A., & Rahayu, Y. S. (2025). Efektivitas E-LKPD Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 14(1), 140–148. https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p140-148




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760