Pengembangan LKPD berbasis Model Discovery Learning terintegrasi Etnomatematika Pola Tapis Lampung untuk Melatih Critical Thinking Peserta Didik Sekolah Dasar

Nur Az Zahra, Fatkhur Rohman, Indah Handayani, Nurhanurawati Nurhanurawati, Siti Oktaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang terintegrasi budaya lokal pada pembelajaran matematika materi bangun datar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan dengan pendekatan Discovery Learning yang bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, interaktif, dan bermakna. Selama ini, pembelajaran matematika di sekolah dasar sering dianggap monoton dan kurang melibatkan partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, pengintegrasian budaya lokal seperti motif kain tapis dan bentuk arsitektur rumah adat Lampung dalam LKPD diharapkan mampu membangun keterkaitan antara materi matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hasil validasi oleh ahli terhadap aspek materi, media, dan bahasa menunjukkan skor kelayakan rata-rata sebesar 0,940 yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Selanjutnya, hasil uji normalitas menunjukkan nilai N-Gain sebesar 0,80 yang berada dalam kategori tinggi, menandakan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa secara signifikan setelah menggunakan LKPD. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis budaya lokal mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis, aktif berdiskusi, dan lebih memahami konsep bangun datar dalam konteks yang relevan dengan lingkungan sosial budaya mereka. LKPD ini efektif sebagai media pembelajaran kontekstual berbasis budaya daerah.

Keywords


Bangun Datar; Budaya Lampung; Discovery learning; Hasil Belajar; LKPD

Full Text:

PDF Turnitin

References


Amanda, D., Rahmawati, D., & Safitri, R. (2023). Penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal P4I Science, 4(2), 112–120.

Amaliyah, N. R. (2021). Pengembangan LKPD IPAS berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 69–80.

Anggarwati, R., & Wijaya, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(2), 105–113.

Anwar, S. (2023). Integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika berbasis budaya Lampung. Jurnal Al Madrasah, 7(1), 45–56. http://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/download/3721/1850

Arifai, M., et al. (2021). Pengembangan LKPD matematika berbasis budaya Lampung pada materi bangun datar. Jurnal Cendekia, 5(1), 99–108.

Bramantyo, E., & Santosa, H. (2022). Penggunaan metode Discovery Learning dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 45–53.

Dewi, S. R. (2023). Pengembangan LKPD berbasis budaya Lampung pada materi bangun datar kelas VII [Skripsi]. Repository Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/10055/1/SKRIPSI%202.pdf

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD matematika berbasis Problem Based Learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Fitriani, L. (2023). Pengembangan LKPD matematika berbasis budaya Lampung pada materi bangun datar. E Journal Metrouniv. https://e-journal.metrouniv.ac.id/elementary/article/download/3094/2336/12900

Fitriani, L. (2024). Penerapan media pembelajaran LKPD berbasis budaya lokal untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1399–1406.

Hadi, R. M. (2021). Pendidikan budaya lokal sebagai integrasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Budaya, 14(3), 120–129.

Haswati, H., & Nopitasari, D. (2019). Pengembangan LKPD berbasis Guided Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 70–80.

Hendriana, E. C. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA di SD menggunakan metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 26–28.

Herviani, R., Said, M., & Aristaningrum, N. (2022). Pengembangan LKPD berbasis Guided Discovery Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 70–80.

Hidayati, A. N. (2023). Pengembangan LKPD berbasis literasi sains tema ekosistem kelas V Madrasah Ibtidaiyah [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Iga, M. (2023). Pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri Mambang Musi Rawas [Skripsi]. Universitas PGRI Silampari.

Iskandar, M., & Rahayu, N. (2020). Penelitian kualitatif dalam pengembangan pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 85–93.

Jannah, M. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik bernuansa kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Jurnal Padegogik, 7(1), 89–90.

Lestari, E. A. (2017). Pengembangan LKPD berbasis eksperimen IPA kelas V SD/MI pada materi organ tubuh manusia dan hewan [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Lorena, M., et al. (2019). Pengembangan LKPD model Discovery Learning berdasarkan identifikasi mangrove. Diklabio, 3(1), 59–66.

Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif (ed. revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pasenaneka, P., & Anwar, C. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learning dalam pembelajaran IPA. Jurnal KAPEDAS, 2(2), 383–392.

Purwanti, E., Pratiwi, D., & Rinaldi, A. (2016). Efektivitas penggunaan LKPD Discovery Learning berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Putranta, B. E. (2021). Pengembangan LKPD menggunakan model Problem Based Learning pada materi pokok makanan sehat subtema 2 kelas V SD [Skripsi]. Universitas Sanata Dharma.

Rahman, N. A. B. (2022). Pengembangan LKPD pada mata pelajaran IPA di kelas V SDIT [Skripsi]. UIN Alauddin Makassar.

Rahmawati, D. (2024). Model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika di SD. Jurnal P4I Science, 4(2). https://jurnalp4i.com/index.php/science/article/view/3497

Rahmawati, N. (2023). Model pengembangan penelitian ADDIE. Repository UNJA.

Romadhon, M. N., et al. (2024). Pengembangan LKPD IPAS berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. LENTERA, 17(1), 69–80.

Rusdi, M. (2019). Model pengembangan pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Safitri, R., Saputri, R., & Amanda, D. (2022). Efektivitas model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Prosiding SENPIKA, 1(1), 41–49.

Said, M., Herviani, R., & Aristaningrum, N. (2022). Pengembangan LKPD berbasis Guided Discovery Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 70–80.

Saputra, A. (2025). Pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar PAI di era Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 3(1), 90–96. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk/article/download/1345/1017/4136

Saraswati, A. P. (2022). Integrasi budaya lokal dalam pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning: Sebuah kajian empiris. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 75–82.

Sari, N. P. (2017). Meningkatkan hasil belajar materi bangun datar menggunakan media benda konkret. Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/247794-meningkatkan-hasil-belajar-materi-bangun-551f59a9.pdf

Sari, N. P. (2023). Pengembangan LKPD matematika berbasis budaya Lampung pada materi bangun datar. E Journal Metrouniv. https://e-journal.metrouniv.ac.id/elementary/article/download/3094/2336/12900

Soliya, A. (2020). Pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning pada materi garis dan sudut. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 41–50.

Triyani, L., et al. (2023). Pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning pada pembelajaran IPA kelas IV SD [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wulandari, D., & Utami, S. (2021). Efektivitas pembelajaran matematika berbasis budaya lokal terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 62–70.

Yuliani, N. (2023). Pengembangan LKPD berbasis etnomatematika budaya Lampung untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik. Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/247794-meningkatkan-hasil-belajar-materi-bangun-551f59a9.pdf




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760