Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Media Boneka Tangan pada anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Raudho
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agusriani, A., Sumiati, S., Ismail, W., Nurhayati, A., & Rachmatiah, S. (2022). Penggunaan Alat Peraga Dalam Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak 5-6 Tahun. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 141–150. https://doi.org/10.24252/khidmah.v2i2.30214
Astuti, N., & Dwiningsih, K. (2020). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Boneka Tangan. Jurnal Golden Age, 5(2), 85–93. https://doi.org/10.30736/goldenage.v5i2.331
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Darihastining, S., Sari, D., & Fajarwati, I. (2020). Visual Media in Early Childhood Education: A Study on Puppet Use. Early Childhood Journal, 12(1), 67–74.
Herawati, N. H., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1685–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122
Hidayah, N., Fitriyani, E., & Marinda, D. (2021). Media Boneka Tangan dalam Pengembangan Kemampuan Menyimak Anak PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 45–54.
Hijriyah, H. (2016). Pembelajaran Menyimak di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 11–20.
Juliandari, N. K. I. N. W. dan N. M. A. (2015). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), 7.
Lestari, A., & Ramadhani, T. (2023). Efektivitas Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(2), 78–87.
Nur, N., & Sya, M. F. (2025). Strategi Mengatasi Kesulitan Membaca Dan Berbicara Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar. 4, 3047–3058.
Nurfuady, A., Wulandari, S., & Rachmawati, D. (2019). Meningkatkan Minat Belajar dengan Boneka Tangan. Jurnal PAUD Nusantara, 6(3), 134–141.
Nurfuady, E., Hendriana, H., & Wulansuci, G. (2019). Jurnal ceria. Jurnal Ceria, 2(3), 65–73.
Putri, F. D., Handayani, T., & Septiani, W. (2024). Peran Media Boneka dalam Penguatan Interaksi Sosial Anak. Jurnal Obsesi, 9(1), 102–112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.1624
Rachmawati, R., & Arifin, H. (2022). Cerita Bermakna dengan Boneka Tangan dalam Meningkatkan Pemahaman Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 113–120.
Salsabila, A. N., Siti, Z., Kholimah, N., Azzahro, S., Akbaryanto, F., Sukasih, S., Pendidikan, P., Sekolah, G., Ilmu, F., Dan, P., & Penulis, K. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Dialog Berita Dan Petunjuk Pada Anak Sekolah Dasar (SD) Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pedidikan Berkarakter, 1(6), 41–53.
Sumitra, A., Westhisi, S. M., Studi, P., Masyarakat, P., Cimahi, K., Barat, P. J., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Cimahi, K., Barat, P. J., Bercerita, M., & Jari, B. (2023). Meningkatkan kemampuan bahasa melalui metode bercerita menggunakan boneka jari pada anak kelompok a. 6(6), 570–576.
Utami, S., & Mufidah, L. (2023). Stimulasi Bahasa Reseptif Anak Melalui Boneka Cerita. Jurnal Cakrawala PAUD, 5(1), 66–75.
Wahyuni, S., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak. Jurnal Wacana Didaktika, 10(1), 55–61.
Wulandari, S., dalam Nurfuady et al. (2019).
Yuliana, T., & Wahyuni, D. (2021). Internalisasi Nilai Budaya Melalui Cerita Boneka di PAUD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 92–100.
Zulfikar, M., & Endang, E. (2020). Pembelajaran Menyimak Interaktif di PAUD. Jurnal Literasi Anak, 3(1), 45–52.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2302
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



