Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Media Boneka Tangan pada anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Raudho

Titi Rachmi, Diana Rohmawati, Siti Lutfiah Mubaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD Raudho melalui penggunaan media boneka tangan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak anak setelah diterapkannya media boneka tangan. Pada siklus I, kemampuan menyimak anak meningkat menjadi 50,7%. Pada siklus II, terjadi peningkatan lebih lanjut hingga mencapai 86,7%. Peningkatan ini ditunjukkan melalui kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan,  menceritakan kembali isi cerita, serta partisipasi aktif selama kegiatan bercerita berlangsung. Dengan demikian, penggunaan media boneka tangan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini di PAUD Raudho. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih memanfaatkan media boneka tangan sebagai alternatif pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak.

Full Text:

PDF

References


Agusriani, A., Sumiati, S., Ismail, W., Nurhayati, A., & Rachmatiah, S. (2022). Penggunaan Alat Peraga Dalam Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak 5-6 Tahun. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 141–150. https://doi.org/10.24252/khidmah.v2i2.30214

Astuti, N., & Dwiningsih, K. (2020). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Boneka Tangan. Jurnal Golden Age, 5(2), 85–93. https://doi.org/10.30736/goldenage.v5i2.331

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Darihastining, S., Sari, D., & Fajarwati, I. (2020). Visual Media in Early Childhood Education: A Study on Puppet Use. Early Childhood Journal, 12(1), 67–74.

Herawati, N. H., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1685–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122

Hidayah, N., Fitriyani, E., & Marinda, D. (2021). Media Boneka Tangan dalam Pengembangan Kemampuan Menyimak Anak PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 45–54.

Hijriyah, H. (2016). Pembelajaran Menyimak di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 11–20.

Juliandari, N. K. I. N. W. dan N. M. A. (2015). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), 7.

Lestari, A., & Ramadhani, T. (2023). Efektivitas Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(2), 78–87.

Nur, N., & Sya, M. F. (2025). Strategi Mengatasi Kesulitan Membaca Dan Berbicara Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar. 4, 3047–3058.

Nurfuady, A., Wulandari, S., & Rachmawati, D. (2019). Meningkatkan Minat Belajar dengan Boneka Tangan. Jurnal PAUD Nusantara, 6(3), 134–141.

Nurfuady, E., Hendriana, H., & Wulansuci, G. (2019). Jurnal ceria. Jurnal Ceria, 2(3), 65–73.

Putri, F. D., Handayani, T., & Septiani, W. (2024). Peran Media Boneka dalam Penguatan Interaksi Sosial Anak. Jurnal Obsesi, 9(1), 102–112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.1624

Rachmawati, R., & Arifin, H. (2022). Cerita Bermakna dengan Boneka Tangan dalam Meningkatkan Pemahaman Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 113–120.

Salsabila, A. N., Siti, Z., Kholimah, N., Azzahro, S., Akbaryanto, F., Sukasih, S., Pendidikan, P., Sekolah, G., Ilmu, F., Dan, P., & Penulis, K. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Dialog Berita Dan Petunjuk Pada Anak Sekolah Dasar (SD) Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pedidikan Berkarakter, 1(6), 41–53.

Sumitra, A., Westhisi, S. M., Studi, P., Masyarakat, P., Cimahi, K., Barat, P. J., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Cimahi, K., Barat, P. J., Bercerita, M., & Jari, B. (2023). Meningkatkan kemampuan bahasa melalui metode bercerita menggunakan boneka jari pada anak kelompok a. 6(6), 570–576.

Utami, S., & Mufidah, L. (2023). Stimulasi Bahasa Reseptif Anak Melalui Boneka Cerita. Jurnal Cakrawala PAUD, 5(1), 66–75.

Wahyuni, S., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak. Jurnal Wacana Didaktika, 10(1), 55–61.

Wulandari, S., dalam Nurfuady et al. (2019).

Yuliana, T., & Wahyuni, D. (2021). Internalisasi Nilai Budaya Melalui Cerita Boneka di PAUD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 92–100.

Zulfikar, M., & Endang, E. (2020). Pembelajaran Menyimak Interaktif di PAUD. Jurnal Literasi Anak, 3(1), 45–52.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760