Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Proyek Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Wildatun Nisa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui metode proyek. Berdasarkan analisis kondisi pembelajaran di TK Islam Wildatun Nisa, ditemukan bahwa 7 dari 11 anak pada kelompok B memiliki kreativitas yang kurang berkembang. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor yang saling terkait dan berkontribusi pada perkembangan kreativitas anak. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran secara langsung dan nyata sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus dengan tiga pertemuan setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode proyek dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Islam Wildatun Nisa. Pelaksanaan kegiatan belajar melalui metode proyek yang dimulai dari siklus I hingga siklus II telah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari proses kegiatan pembelajaran. Hal ini terbukti dari perbandingan persentase kreativitas anak antara siklus I yang mencapai 54,3% dan siklus II yang mencapai 81,6%. Penerapan metode proyek pada anak usia dini memberikan pengaruh yang positif pada kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Keywords
References
Arofah, E. (2024). Implementasi Metode Proyek Bagi Pengembangan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelas B di TK Sudirman 03 Pekalongan (Doctoral dissertation, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).
Asih, M., Ali, M., & Astuti, I. (2016). Peningkatan Kreativitas Melalui Teknik Mozaik Dengan Media Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(9).
Fajrie, N., dkk. (2023). Konsep Perkembangan Anak dalam Paradigma Pembelajaran. Pekalongan: Penerbit NEM.
Khotimah, L. K. (2020). Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Muslimat NU 07 Sumber Bahagia (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Marzuki, M. R. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Problem Solving Pada Anak Usia Dini (Bachelor's thesis).
Nurmaniah & Karo, S. A. B. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Proyek Terhadap Kemampuan Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Santa Lusia Medan. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 40-50.
Paizaluddin, E., & Ermalinda, E. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta.
Partini, 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo.
Rahmi, N. N., Hayati, T., & Nursihah, A. (2022). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 5(2), 75- 80.
Rapiatunnisa, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 17-26. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.423
Rasyid, Mansyur, & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Multi Presindo.
Sakti, A. N. L. & Sit, M. (2024). Analisis Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia. 1(4), 844-852. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/download/543/611
Setianingsih, H. P. & Cahyani, I. (2024). Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Di Kelompok B TKIT Pelita Hati Palu. Jurnal Bungamputi. 12(1). 81-90. https://jurnalfkipuntad.com/index.php/bgp/article/view/3602
Sundari, R., & Basri, M. (2023). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 499-507.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Utami, T. (2022). Penerapan Metode Proyek Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(02), 118- 132. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.214
Widyasari, Choiriyah. (2023). Kreativitas dan Keberbakatan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2308
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



