Pengembangan Media Mystery Board Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan Wujud Benda

Desti Nurul Khotimah, Ambyah Harjanto, Ridho Agung Juwantara, Mareyke Jessy Tanod

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran Mystery Board pada materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas IV SD. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan di kelas, yang selama ini hanya mengandalkan buku cetak tanpa dukungan media interaktif. Media Mystery Board dikembangkan menggunakan model ADDIE yang mencakup tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dalam proses pengembangan, media ini divalidasi oleh para ahli dari segi materi, tampilan, dan kebahasaan, sebelum diuji cobakan kepada guru dan siswa. Hasil uji menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Guru dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Mystery Board karena mampu meningkatkan ketertarikan dan pemahaman siswa terhadap materi. Dengan demikian, pengembangan media ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam mendukung pembelajaran IPA, khususnya pada pokok bahasan perubahan wujud benda. Penggunaan media ini diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, interaktif, dan efektif bagi peserta didik di sekolah dasar.

Keywords


Media Pembelajaran, Mystery Board, Perubahan Wujud Benda

Full Text:

PDF Turnitin

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merseka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9), 1841-54.

Assa, R., Kawung, E. J., & Tumiwa, J. (2022). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).

Budi, M. Satria. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah An Nizham Kota Jambi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Cahyadi Ani. (2018). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Teori Dan Prosedur. Buku.

Chotib, S. H. (2018). Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 109-115.

Damayanti, F., & Puspasari, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Dan Kartu Misteri (PAKARMIS) Berbasis Quiz Team Pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Adhikawacana Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 157-168.

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282-294.

Fahreza, M. A., & Heryanto, A. (2024). Analisis Pemahaman Konsep IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SD Negeri 160 Palembang. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 50-62.

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan pembelajaran. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 8(1), 466–476.

Fauzi, Ahmad. (2016). Daya Serap Siswa Terhadap Pembelajaran Taksonomi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pusaka Media Kajian dan Pemikiran Islam.

Firdaus, F. A., & Mizan, S. (2022). Pengembangan Media Kotak Misteri Bangun Ruang Siswa Kelas Vi Sdn I Brondong Lamongan. Prosiding SNasPPM, 7(1), 301-307.

Fitri, A., dkk. (2023). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (SD Kelas IV). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Haptanti, F. S., Hikmah, M., & Basuki, I. A. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 972-980.

Harjanto Ambyah., & Tanod Jessy Mareyke. Strategi pembelajara sekolah dasar.

Hasibuan, N. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu KePendidikan dan Keislaman, 4(1).

Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Kewarganagaraan Melalui Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 108-122.

Ihsanudin, A. M., Tukiyo, T., & Suwartini, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Pokak Tahun Pelajaran 2023/2024. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 229-236.

Juhaeni, S., Nurhayati, R., & Tanzila, A. N. (2020). Konsep dasar media pembelajaran. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34-43.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom: jurnal Pendidikan dan matematika, 7(1).

Krisnayanti, I Ga Ayu Anggela Heni. (2022). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Mata Pelajaran Science Sekolah XYZ. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8, No. 2. 1.

Lestari, R., Jasiah, J., Rizal, S. U., & Syar, N. I. (2023). Pengembangan Media Berbasis Video pada Pembelajaran IPAS Materi Permasalahan Lingkungan di Kelas V SD. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 34-43.

Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyowir, M. (2020). Penerapan sistem informasi manajemen Pendidikan dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408-1422.

Mahdalena, M. (2022). Pengaruh Minat Belajar, Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4, 5 dan 6 Pada SDN Binuang 4 da. KINDAI, 18(2), 332-351.

Maimunah, M. (2016). Metode penggunaan media pembelajaran. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).

Meylovia, D., & Julianto, A. (2023). Inovasi Pembelajaran Ipas Pada Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84-91.

Miftah Mohamad. (2015). Media pembelajaran: konsepsi ke utilasi dan permasalahan. Jurnal artikel: 3(2).

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50.

Muthoharoh, M. (2019). Media powerpoint dalam pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21-32.

Nurjanah, E. (2022). Analisis Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6), 1231-1240.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Nurzilviana. (2020). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar SISWA Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MIN 2 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Mataram: UIN Mataram.

Palupi, M. A., & Husamah, H. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 4 SDN Sumbersari 2 Kota Malang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4653-4661.

Purnama, S. P., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan E-Book Berbasis Flipbook Muatan IPAS Pada Materi Peta Daerah Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1).

Putri, D. J., Angelina, S. A., Rahma, S. C., & Mujazi, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Kecamatan Larangan Tangerang. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 5, No. 01).

Putri, Kamela. (2020). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MIN 2 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak Sekolah Dasar). Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87-99.

Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(1), 16-25.

Ristika. (2021). Pengembangan media, materi dan sumber pembelajaran matematika di sekolah dasar (sd).

Sary, Septyana. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasii Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Pariangan. Batusangkar: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.

Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi IPS dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43-54.

Sholikhah, D. R. A., & Rosita, F. Y. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Papan dan Kartu Misteri Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Mi Ma’arif Cekok, Babadan, Ponorogo. AL-THIFL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 360-375.

Siska Yulia. (2023). Pengembangan pembelajaran IPS di sd. Buku. Halaman: 165.

Sumbari, Wilda Anggun Putri. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Susanto, Ahmad. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susilowati, D. (2023). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui implementasi metode eksperimen pada mata pelajaran ipas. Khazanah Pendidikan, 17(1), 186-196.

Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). Memahami Media Untuk Efektifitas Pembelajaran. JUTECH: Journal Education and Technology, 4(2), 111-123.

Ummah, K. K., & Mustika, D. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal KePendidikan, 13(2), 1573-1582.

Warinta, Y., Oktria, K., Zarah, J. A., Rahmayuni, R., & Wismanto, W. (2024). Analisis Pengembangan Pemilihan Media Bahan Ajar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 3(2), 32-40.

Wicaksono Andri., & Fahrurrozi. (2023). Pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran ipas mi/sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.

Wikantri, Galuh. (2017). Penerapan Metode The Power oTwo Untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Astomulyo Tahun Pelajaran 2016/2017. Lampung IAIN Metro.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760