Peningkatan Kemampuan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Plastisin

Yeni Ratnawati, Siti Muntomimah, Sarah Emmanuel Haryono

Abstract


Kreativitas anak usia dini seringkali belum berkembang secara optimal akibat pembelajaran yang kurang memberikan ruang eksplorasi secara bebas. Dalam praktiknya, guru cenderung memberikan contoh karya yang harus ditiru anak, sehingga proses berpikir orisinil dan kebebasan berekspresi menjadi terhambat. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan membuat bentuk buah dan sayur menggunakan media plastisin yang terbuat dari tepung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan MCTaggart dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan bertahap selama 2 siklus yang saling terintegrasi satu sama lain. Penelitian ini dilakukan di kelas B KB Srikandi, Kabupaten Malang dengan jumlah 22 anak sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi partisipatif yang mengharuskan keterlibatan langsung peneliti. Kreativitas dalam penelitian ini diukur dengan indikator Guilford yaitu kelancaran, keluwesan, originalitas, dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak dari dua siklus yang dilakukan. Secara kolektif, kreativitas anak di kelas B tersebut meningkat dari 59% menjadi 96%. 16 anak mencapai kategori BSH dan 5 anak meningkat menjadi BSB, hanya 1 anak kategori MB yang memerlukan bimbingan lanjutan. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan plastisin efektif dalam menumbuhkan kreativitas anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Kreativitas; Plastisin.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Adinda, S. N., Hoernasih, N., & Muis, A. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Keaktifan Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah, 8(2), 124–134.

Agustina, T. P., Sari, M., & Ahmad, S. (2024). Efforts to Increase the Creativity of Group B Children Through Project Methods in it Bintang Fajar Kindergarten Palembang. Journal on Education, 06(02), 12004–12014. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5019

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. In Pena Persada. Pena Persada.

Diana, M. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Prenada Media Group.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2018). Pengembangan Tema Pembelajaran. www.paud.kemdikbud.go.id

Endang, S. (2020). Penggunaan Media Playdough / Plastisin Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Bina Cerdas Desa Runggu. Jurnal Pelangi, 02(01), 75–113. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i1.577

Fitri, C. A., Anggraini, E. S., Pasaribu, N., & Tria, R. A. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Mengatasi Hambatan Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan 2024. Jurnal Madani, 2(9), 634–637.

Fitri, N. D., & Hariani, I. T. (2019). Metode Fingermathic Pada Anak Usia Dini. Jurnal Trunojoyo, 04(1), 569.

Fuadi, N. (2021). Pengembangan Kemampuan Eksplorasi Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Bermain Plastisin di TKN Pembina Syamtalira Bayu. ITQAN: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan, 12(2), 323–336. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i2.195

Guilford, J. P. (1950). Creativity. The American Psycologist, 444–454.

Haryono, M., Sasongko, R. N., & Kristiawan, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Melalui Media Plastisin Tepung Paud Okvikha Kota Bengkulu. Journal of Elementary School (JOES), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2200

Havigerová, J. M., Pohnětalová, Y., Strnadová, K., Kocourková, K., & Podubecká, D. (2021). Preschool Children’s Drawings: Frequency and Theme Analysis. International Journal of Education and Literacy Studies, 9(3), 70. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.9n.3p.70

Minarni, Alim, M. L., & Fauziddin, M. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Media Plastisin Tepung Kelompok A TK AN Nur Hangtuah Perhentian Raja Kampar Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tuntas, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.37985/jpt.v1i3.198

Munandar, S. C. U. (2002). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Gramedia Pustaka Utama.

Nurbaeti, E., Nurhayati, N., & Iman. (2025). Implementasi media ajar plastisin untuk meningkatkan perkembangan kognitif mengenal bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–8.

Nurlina, & Omalyah, S. (2024). Inovasi Pembelajaran dengan Bermain Plastisin untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Refleksi, 2(2), 63–74.

Prahesti, D. A., Kustiawan, U., & Tirtaningsih, M. T. (2023). Increasing Creativity Through Colorful Plasticine Playing Activities in Group B At Tk Taman Indria 01 Malang. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 181–194. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i1.11749

Purba, P. B., & et al. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Kita Menulis.

Purnama, S., Suci Rohmadheny, P., & Pratiwi, H. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.

Putri, H. S., Luthfy, P. A., & Karmila, M. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Dengan Tema Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Untuk Anak Usia Dini. Incrementapedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 39–49. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no2.a8229

Rahmawati, B., Nurul Aulia, S., Rosdiana, S., Zaenah, Y. I., & Zaenudin, Z. (2023). Isu tentang Jumlah Siklus Penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 76–84.

Sari, D., & Mahyuddin, N. (2023). Strategi Pendekatan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dengan Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 685–708. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4074

Sari, M., Aziz, Y., & Yuhariati. (2016). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Bermain Plastisin di TK Satu Atap SDN Lamlheu Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 131–135. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/435

Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In Perdana Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumadaningsih, A. S., & Muniroh, S. M. (2024). Meningkatkan Kreatifitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Pada Siswa Kelompok B Ra.Al Ikhlas Bandungsari. Prosina, 1, 118–126.

Supatminingrum, E. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Media Plastisin (Pertama). Indocamp.

Titik Mulat Widyastuti. (2016). Perilaku Agresif Anak Usia Dini dan Cara Mengatasinya (Vol. 4, Nomor 1). UPY Press. www.upy.ac.id

Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2

WIPO. (2024). Global Innovation Index 2024 Result. https://www.wipo.int/web-publications/global-innovation-index-2024/en/gii-2024-results.html

Yanti, P., Ashshidigi, A., & Munajat, A. (2024). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Penerapan Metode Bermain Plastisin Pada Anak Usia Dini Di PAUD SPS Al-Hidayah Desa Pasir Panjang Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(2), 96–107




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760