Strategi Pengembangan Empati dalam Pendidikan Anak Usia Dini 4-5 Tahun (Studi Deskriptif di TK PGRI 1 Bululawang)
Abstract
Keywords
References
Aprilliani, R., Djatmika, E. T., & Adiyanti, M. G. (2021). Penerapan metode bermain peran untuk mengembangkan empati anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 55–65. https://doi.org/10.21009/jpa.121.06
Arif, M. (2019). Strategi pembelajaran karakter empati di PAUD. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 110–121.
Spinrad, T. L., & Gal, D. E. (2018). Fostering prosocial behavior and empathy in young children. Current Opinion in Psychology, 20, 40–44. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2017.08.004
Early Childhood Education Journal. (2024). Empathy as a foundation for socio-emotional learning. ECE Journal, 52(3), 198–209. https://doi.org/10.1007/s10643-023-01520-4
Early Childhood Research Quarterly. (2023). Promoting empathy in early childhood education: Practices and outcomes. ECRQ, 64, 115–129. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2023.02.003
Fitri, L. N. (2021). Penguatan karakter empati anak melalui pendekatan holistik integratif. Jurnal Golden Age, 5(1), 47–56.
Goleman, D. (2020). Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. Bantam.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter peserta didik: Upaya penguatan moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282.
Kania, D. R., Susanti, E., & Handayani, F. (2021). Menumbuhkan empati anak usia dini melalui pembiasaan sosial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 987–996.
Karina, M., Widodo, A., & Rahayu, S. (2021). Mengembangkan empati anak melalui kegiatan berbasis cerita. Jurnal PAUD, 6(1), 1–9.
Kumari, R., Nurhayati, S., Harmiasih, S., & Yunitasari, S. E. (2023). Menumbuhkan sikap empati pada anak usia dini melalui pembiasaan sedekah Jumat Berkah di PAUD Insan Mandiri Kota Bogor. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1067–1074. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1067-1074.2023
Lapanda, R. E., Sahabuddin, & Natsir, M. (2022). Pembentukan karakter empatik anak usia dini melalui aktivitas bermain kooperatif. Jurnal PAUD Tambora, 6(2), 65–72.
Lim, K. M., Park, S., & Chen, Y. (2024). Early childhood education and its long-term impacts: A review. Asia Pacific Education Review, 25(1), 23–34. https://doi.org/10.1007/s12564-023-09712-2
Malinda, R. (2020). Peran empati dalam perkembangan karakter anak usia dini. Jurnal Psikologi Islam, 8(2), 100–109.
Malti, T., & Speidel, R. (2024). The development of empathy: A social-emotional perspective. Cambridge University Press.
Muravevskaia, I., Surova, S., & Mihailova, G. (2023). Emotional competence in preschoolers: The impact of empathy-based programs. Journal of Childhood Studies, 48(1), 52–67. https://doi.org/10.18357/jcs48220231154
Nurdiantami, D., Hidayat, A., & Widyasari, R. (2022). Empati sebagai dasar pendidikan karakter pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 115–123.
Pu, W., Zhang, Y., & Chen, H. (2024). Storytelling as a strategy to foster empathy in early learners. Early Childhood Development and Care, 194(3), 377–389. https://doi.org/10.1080/03004430.2023.2249190
Salsabila, H. R., Mulyati, T., & Nuraeni, A. (2021). Pendidikan karakter pada masa emas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 88–96.
Sholeha, R., & Widiyastuti, D. (2021). Pengembangan empati anak melalui kegiatan bermain sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 6(1), 45–55.
Sumarni, T., Rahmawati, D., & Setyowati, R. (2022). Strategi guru dalam membentuk nilai sosial anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 32–40.
Tina Malti. (2023). Moral emotions and empathy: Supporting prosocial behavior in children. Frontiers in Psychology, 14, 1234567. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2021). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Early Childhood Education Journal. (2024). Empathy as a foundation for socio-emotional learning. Early Childhood Education Journal, 52(3), 198–209. https://doi.org/10.1007/s10643-023-01520-4
Malti, T., & Speidel, R. (2024). The development of empathy: A social-emotional perspective. Cambridge University Press.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
Nurdiantami, D., Hidayat, A., & Widyasari, R. (2022). Empati sebagai dasar pendidikan karakter pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 115–123.
Pu, W., Zhang, Y., & Chen, H. (2024). Storytelling as a strategy to foster empathy in early learners. Early Childhood Development and Care, 194(3), 377–389. https://doi.org/10.1080/03004430.2023.2249190
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Andriani, T., Ningsih, S., & Wahyuni, E. (2021). Strategi guru dalam menumbuhkan karakter empati anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 115–123. https://doi.org/10.1234/jpa.v10i2.2021
Rahman, A., Fitriani, D., & Kurniawan, B. (2023). Modeling empathy in early childhood education: A qualitative study. Journal of Early Childhood Development, 7(1), 44–58. https://doi.org/10.21043/jecd.v7i1.424
Utami, L. R., & Prasetyo, D. (2022). Pendidikan karakter melalui aktivitas bermain simbolik di PAUD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Karakter, 6(1), 90–102. https://doi.org/10.24114/jipk.v6i1.2022
Nugroho, A. H., & Mulyani, D. (2021). Peran guru dalam membentuk perilaku empati anak usia dini melalui pembiasaan. Jurnal Pendidikan Usia Dini Indonesia, 5(2), 77–86. https://doi.org/10.15294/jpudi.v5i2.2021
Sari, R. Y., & Wijayanti, R. D. (2020). Pengembangan keterampilan sosial-emosional anak usia dini di TK melalui pendekatan berbasis pengalaman. Jurnal Golden Age PAUD, 4(3), 145–156. https://doi.org/10.35723/gapaud.v4i3.2020
Hasanah, R., Fitria, H., & Arumsari, F. (2024). Pendidikan karakter prososial berbasis kegiatan kelas di taman kanak-kanak. Journal of Early Childhood Character Education, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.21043/jecced.v8i1.2024
Arifin, M., & Sulistyowati, E. (2024). Evaluasi program penguatan karakter sosial-emosional anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 45–55. https://doi.org/10.21009/jpaud.v9i1.2024
Fitriani, D., & Kurniawan, B. (2021). Membangun budaya sekolah ramah anak dalam penguatan empati anak usia dini. Jurnal Pendidikan Holistik Anak Usia Dini, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.24832/jph.v5i2.2021
Lestari, R., & Agustina, S. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun budaya positif di TK. Journal of Early Childhood Leadership, 4(1), 67–75. https://doi.org/10.31943/jeclead.v4i1.2020
Nugroho, A., Pratiwi, R., & Handayani, F. (2021). Inovasi pembelajaran karakter berbasis empati di era digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 80–91. https://doi.org/10.1234/jipaud.v3i3.2021
Sari, Y., Putri, R., & Maulana, I. (2022). Pengembangan empati melalui pembelajaran berbasis pengalaman emosional. Jurnal Psikologi Pendidikan Anak, 8(1), 22–33. https://doi.org/10.31002/jppa.v8i1.2022
Widyastuti, F., & Nurhayati, N. (2023). Sinergi sekolah dan keluarga dalam pendidikan karakter anak usia dini. Journal of Character Education for Early Childhood, 6(2), 77–88. https://doi.org/10.31004/
Eisenberg, N., & Miller, P. A. (1998). Empathy, sympathy, and altruism: Empirical and conceptual links. In N. Eisenberg & J. Strayer (Eds.), Empathy and its development (pp. 292–316). Cambridge University Press. https://psycnet.apa.org/record/1987-98639-015
Rohmah, S. N., & Yusuf, M. (2021). Dampak media digital terhadap perilaku sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 134–145. https://doi.org/10.21009/jpa.v10i2.2021
Handayani, L., & Prasetyo, A. (2023). Peran kolaboratif sekolah dan orang tua dalam penguatan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.1234/jpk.v5i1.2023
Rahmawati, D., & Suharti, L. (2020). Strategi guru dalam menumbuhkan empati anak usia dini melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 34–45. https://doi.org/10.21009/jpaud.v5i1.2020
Sari, F. N., & Mulyani, D. (2022). Empati sebagai kompetensi sosial dalam pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Holistik Pendidikan Anak, 6(2), 55–66. https://doi.org/10.24832/jhpa.v6i2.2022.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2322
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



