Strategi Pengembangan Empati dalam Pendidikan Anak Usia Dini 4-5 Tahun (Studi Deskriptif di TK PGRI 1 Bululawang)

Sovin Kutfiana, Sarah Emmanuel H, Mochamad Ramli Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap metode yang digunakan oleh guru dalam menumbuhkan empati pada anak-anak usia 4 hingga 5 tahun di TK PGRI 1 Bululawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran sosial-emosional seperti kegiatan bercerita, bermain peran, diskusi kelompok kecil, serta pembiasaan perilaku sosial positif dalam kehidupan sehari-hari. Melalui metode-metode tersebut, anak-anak mulai menunjukkan perilaku empatik seperti berbagi mainan, membantu teman yang kesulitan, dan menunjukkan kepedulian terhadap perasaan orang lain. Guru juga memberikan pendekatan individual bagi anak yang menunjukkan kesulitan dalam berempati, serta memberikan contoh konkret dalam situasi nyata yang dialami anak. Proses ini berlangsung dalam lingkungan belajar yang inklusif dan suportif, yang memungkinkan anak merasa aman dan dihargai. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pembelajaran sosial-emosional sejak usia dini sebagai landasan dalam pembentukan karakter anak. Dengan strategi yang tepat dan konsisten, guru memiliki peran sentral dalam menumbuhkan empati yang akan berdampak positif dalam kehidupan sosial anak di masa depan.

Keywords


Anak Usia Dini; Sikap Empati; Strategi Pengembangan.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Aprilliani, R., Djatmika, E. T., & Adiyanti, M. G. (2021). Penerapan metode bermain peran untuk mengembangkan empati anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 55–65. https://doi.org/10.21009/jpa.121.06

Arif, M. (2019). Strategi pembelajaran karakter empati di PAUD. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 110–121.

Spinrad, T. L., & Gal, D. E. (2018). Fostering prosocial behavior and empathy in young children. Current Opinion in Psychology, 20, 40–44. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2017.08.004

Early Childhood Education Journal. (2024). Empathy as a foundation for socio-emotional learning. ECE Journal, 52(3), 198–209. https://doi.org/10.1007/s10643-023-01520-4

Early Childhood Research Quarterly. (2023). Promoting empathy in early childhood education: Practices and outcomes. ECRQ, 64, 115–129. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2023.02.003

Fitri, L. N. (2021). Penguatan karakter empati anak melalui pendekatan holistik integratif. Jurnal Golden Age, 5(1), 47–56.

Goleman, D. (2020). Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. Bantam.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter peserta didik: Upaya penguatan moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282.

Kania, D. R., Susanti, E., & Handayani, F. (2021). Menumbuhkan empati anak usia dini melalui pembiasaan sosial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 987–996.

Karina, M., Widodo, A., & Rahayu, S. (2021). Mengembangkan empati anak melalui kegiatan berbasis cerita. Jurnal PAUD, 6(1), 1–9.

Kumari, R., Nurhayati, S., Harmiasih, S., & Yunitasari, S. E. (2023). Menumbuhkan sikap empati pada anak usia dini melalui pembiasaan sedekah Jumat Berkah di PAUD Insan Mandiri Kota Bogor. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1067–1074. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1067-1074.2023

Lapanda, R. E., Sahabuddin, & Natsir, M. (2022). Pembentukan karakter empatik anak usia dini melalui aktivitas bermain kooperatif. Jurnal PAUD Tambora, 6(2), 65–72.

Lim, K. M., Park, S., & Chen, Y. (2024). Early childhood education and its long-term impacts: A review. Asia Pacific Education Review, 25(1), 23–34. https://doi.org/10.1007/s12564-023-09712-2

Malinda, R. (2020). Peran empati dalam perkembangan karakter anak usia dini. Jurnal Psikologi Islam, 8(2), 100–109.

Malti, T., & Speidel, R. (2024). The development of empathy: A social-emotional perspective. Cambridge University Press.

Muravevskaia, I., Surova, S., & Mihailova, G. (2023). Emotional competence in preschoolers: The impact of empathy-based programs. Journal of Childhood Studies, 48(1), 52–67. https://doi.org/10.18357/jcs48220231154

Nurdiantami, D., Hidayat, A., & Widyasari, R. (2022). Empati sebagai dasar pendidikan karakter pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 115–123.

Pu, W., Zhang, Y., & Chen, H. (2024). Storytelling as a strategy to foster empathy in early learners. Early Childhood Development and Care, 194(3), 377–389. https://doi.org/10.1080/03004430.2023.2249190

Salsabila, H. R., Mulyati, T., & Nuraeni, A. (2021). Pendidikan karakter pada masa emas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 88–96.

Sholeha, R., & Widiyastuti, D. (2021). Pengembangan empati anak melalui kegiatan bermain sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 6(1), 45–55.

Sumarni, T., Rahmawati, D., & Setyowati, R. (2022). Strategi guru dalam membentuk nilai sosial anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 32–40.

Tina Malti. (2023). Moral emotions and empathy: Supporting prosocial behavior in children. Frontiers in Psychology, 14, 1234567. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2021). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Early Childhood Education Journal. (2024). Empathy as a foundation for socio-emotional learning. Early Childhood Education Journal, 52(3), 198–209. https://doi.org/10.1007/s10643-023-01520-4

Malti, T., & Speidel, R. (2024). The development of empathy: A social-emotional perspective. Cambridge University Press.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Nurdiantami, D., Hidayat, A., & Widyasari, R. (2022). Empati sebagai dasar pendidikan karakter pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 115–123.

Pu, W., Zhang, Y., & Chen, H. (2024). Storytelling as a strategy to foster empathy in early learners. Early Childhood Development and Care, 194(3), 377–389. https://doi.org/10.1080/03004430.2023.2249190

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Andriani, T., Ningsih, S., & Wahyuni, E. (2021). Strategi guru dalam menumbuhkan karakter empati anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 115–123. https://doi.org/10.1234/jpa.v10i2.2021

Rahman, A., Fitriani, D., & Kurniawan, B. (2023). Modeling empathy in early childhood education: A qualitative study. Journal of Early Childhood Development, 7(1), 44–58. https://doi.org/10.21043/jecd.v7i1.424

Utami, L. R., & Prasetyo, D. (2022). Pendidikan karakter melalui aktivitas bermain simbolik di PAUD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Karakter, 6(1), 90–102. https://doi.org/10.24114/jipk.v6i1.2022

Nugroho, A. H., & Mulyani, D. (2021). Peran guru dalam membentuk perilaku empati anak usia dini melalui pembiasaan. Jurnal Pendidikan Usia Dini Indonesia, 5(2), 77–86. https://doi.org/10.15294/jpudi.v5i2.2021

Sari, R. Y., & Wijayanti, R. D. (2020). Pengembangan keterampilan sosial-emosional anak usia dini di TK melalui pendekatan berbasis pengalaman. Jurnal Golden Age PAUD, 4(3), 145–156. https://doi.org/10.35723/gapaud.v4i3.2020

Hasanah, R., Fitria, H., & Arumsari, F. (2024). Pendidikan karakter prososial berbasis kegiatan kelas di taman kanak-kanak. Journal of Early Childhood Character Education, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.21043/jecced.v8i1.2024

Arifin, M., & Sulistyowati, E. (2024). Evaluasi program penguatan karakter sosial-emosional anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 45–55. https://doi.org/10.21009/jpaud.v9i1.2024

Fitriani, D., & Kurniawan, B. (2021). Membangun budaya sekolah ramah anak dalam penguatan empati anak usia dini. Jurnal Pendidikan Holistik Anak Usia Dini, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.24832/jph.v5i2.2021

Lestari, R., & Agustina, S. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun budaya positif di TK. Journal of Early Childhood Leadership, 4(1), 67–75. https://doi.org/10.31943/jeclead.v4i1.2020

Nugroho, A., Pratiwi, R., & Handayani, F. (2021). Inovasi pembelajaran karakter berbasis empati di era digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 80–91. https://doi.org/10.1234/jipaud.v3i3.2021

Sari, Y., Putri, R., & Maulana, I. (2022). Pengembangan empati melalui pembelajaran berbasis pengalaman emosional. Jurnal Psikologi Pendidikan Anak, 8(1), 22–33. https://doi.org/10.31002/jppa.v8i1.2022

Widyastuti, F., & Nurhayati, N. (2023). Sinergi sekolah dan keluarga dalam pendidikan karakter anak usia dini. Journal of Character Education for Early Childhood, 6(2), 77–88. https://doi.org/10.31004/

Eisenberg, N., & Miller, P. A. (1998). Empathy, sympathy, and altruism: Empirical and conceptual links. In N. Eisenberg & J. Strayer (Eds.), Empathy and its development (pp. 292–316). Cambridge University Press. https://psycnet.apa.org/record/1987-98639-015

Rohmah, S. N., & Yusuf, M. (2021). Dampak media digital terhadap perilaku sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 134–145. https://doi.org/10.21009/jpa.v10i2.2021

Handayani, L., & Prasetyo, A. (2023). Peran kolaboratif sekolah dan orang tua dalam penguatan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.1234/jpk.v5i1.2023

Rahmawati, D., & Suharti, L. (2020). Strategi guru dalam menumbuhkan empati anak usia dini melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 34–45. https://doi.org/10.21009/jpaud.v5i1.2020

Sari, F. N., & Mulyani, D. (2022). Empati sebagai kompetensi sosial dalam pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Holistik Pendidikan Anak, 6(2), 55–66. https://doi.org/10.24832/jhpa.v6i2.2022.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760