Menanamkan Cinta Budaya Sejak Dini Melalui Media Smart Box Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Hayati Simahbengi, Nova Araini Mahbengi, Septia Dwiyanti, Wulandari Wulandari, Yulia Syahfitri

Abstract


Budaya merupakan hal yang sangat penting untuk dilestarikan, terutama bagi anakanak usia sekolah dasar sebagai penerus bangsa. Penelitian ini mengangkat judul aplikasi Media Pembelajaran smart box pada pembelajaran Warisan Budaya di Indonesia pada siswa kelas V SD N 10 Bebesen yang berjumlah 20 siswa. Media smart box adalah media pilihan yang digunakan peneliti. Media smart box dapat diartikan sebagai media bentuk balok atau kubus berbahan kardus dengan isi didalamnya berupa kartu, gambar, dan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu metodelogi penelitian eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan kepada anak-anak pada media pembelajaran yang menyenangkan dan mengajak anakanak untuk melestarikan budaya yang ada di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan sehingga media pembelajaran yang diterapkan layak digunakan pada satuan pendidikan khususnya dalam pembelajaran keberagaman budaya di Indonesia. Penelitian ini diharapkan mampu menjadikan mahasiswa sebagai bibit perubahan nasional yang unggul dan mampu menjaga keutuhan yang ada di Indonesia.

Keywords


Budaya; Media Pembelajaran; Smart Box

Full Text:

PDF

References


Andini. (2022). Pengaruh Media Pameran Budaya untuk Menumbuhkan Pengetahuan Siswa tentang Warisan Budaya Sumatera Selatan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 232 Palembang. Jurnal Pendas Unpas, 7(4), 33033–33042.

Andriani, D., & Setiawan, R. (2022). Kompetensi guru dalam mengimplementasikan media pembelajaran inovatif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(2), 88–97.

Anggraeni, S., & Siregar, T. (2023). Pembelajaran berpusat pada siswa dan inovasi media di pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 55–67.

Arifin, Z., Wulandari, R., & Nugroho, S. (2023). Penerapan media Smart Box untuk pembelajaran aktif IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(4), 210–222.

Arviani, V., & Novianti, N. (2020). Pengaruh Acehnese Cultural Visual Media on Elementary School Students’ Ability to Write Narrative Paragraphs. Jurnal Pendidikan Aceh, 4(2), 123–131.

Auliya, A., dkk. (2023). The Effect of Visual Media on Students' Understanding of English Vocabulary at SMPN 33 Barru. Journal of Education and Learning, 4(1), 445–456.

Ayuningtyas, T., Fatihatul, S., & Nugraha, D. (2022). Media Audio Visual untuk Menunjang Pembelajaran IPS SD Materi Keragaman sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 4915–4925.

Darihastining, S., Aini, S. N., & Maisaroh, S. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923–931.

Fauziah, N., & Kurniawan, M. (2021). Efektivitas penggunaan media visual dalam pembelajaran sekolah dasar. Jurnal Pedagogik, 8(3), 122–131.

Fitriani, S., & Dewi, A. (2021). Tantangan pembelajaran IPS di sekolah dasar Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 45–56.

Hafizah, R., & Rahmadani, D. (2022). Pengembangan media Smart Box untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 10(1), 67–78.

Hidayat, A., Ramli, S., & Putra, D. (2021). Inovasi media pembelajaran di kelas sekolah dasar. Jurnal Pedagogia, 9(1), 11–24.

Hurri, I., & Utami, P. T. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Budaya Lokal untuk Melestarikan Budaya Sunda pada Anak Usia Dini. Jurnal Sandhyakala, 10(1), 409–418.

Ismiyanti, Y., Cahyaningtyas, A. P., & Wibowo, R. A. (2022). Digital Comic of Indonesia’s Historical Heritage for 5th Grade Students: a Study of Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Pendas UNISSULA, 7(1), 46516–46528.

Istiana, D., & Andaryani, E. T. (2022). Efektivitas Penerapan Media Audio Visual pada Pembelajaran Seni untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendas Unpas, 6(3), 15609–15618.

Kurniasih, L., & Lestari, R. (2023). Media Smart Box dan pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Karakter dan Pendidikan, 5(3), 145–158.

Lestari, D., Sari, M., & Utami, P. (2023). Pendidikan toleransi budaya bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Budaya, 14(2), 93–105.

Mulyani, F., Hasan, N., & Rachman, E. (2022). Peran media dalam meningkatkan keterlibatan belajar di kelas. Jurnal Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 44–53.

Nuryani, E., Kartika, I., & Widodo, B. (2021). Media interaktif untuk pembelajaran bermakna. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 78–89.

Oktavia, A., Saputra, R., & Hadi, F. (2024). Media Smart Box untuk meningkatkan fokus dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 99–110.

Polinda, V., & Hasanah, R. (2023). Smart Box sebagai media dua sisi dalam pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(3), 187–199.

Pratama, A., & Yuliani, T. (2020). Persepsi siswa terhadap mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Studi Pendidikan Dasar, 6(2), 31–42.

Saputri, R., & Rohana, R. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Budaya Palembang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sitakara, 7(2), 9039–9050.

Sugiyono. 2012. Metode. Penelitian. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sukaryanti, D., & Dkk. (2023). Implementasi Smart Box untuk pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Media Pembelajaran, 4(2), 115–127.

Wasito, A., & Al Ma’ruf, A. I. (2022). Utilization of Visual Media in Thematic Learning in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 112–119.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i1.2325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760