Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Media Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Pada Usia 3-4 Tahun di KB PKK Al Huda Ngadireso Kecamatan Poncokusumo

Nurwanah Nurwanah, Sarah Emmanuel Haryono, Arnelia Dwi Yasa

Abstract


Penelitian ini mengkaji peningkatan kemampuan Bahasa anak prasekolah di KB PKK AL Huda Ngadireso Kecamatan Poncokusumo, menyadari esensinya sebagai fondasi komunikasi dan perkembangan social. Bahasa anak berkembang secara optimal melalui interaksi intensif dengan lingkungan. Tujuan utama studi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Bahasa anak usia 3-4 tahun dengan memanfaatkan media bergambar berbasis kearifan lokal. Pendekatan ini dipilih agar pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan bermakna selaras dengan pengalaman anak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTanggart, dilaksanakan dalam dua siklus. SEtiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, memungkinkan perbaikan berkelanjutan. Subjek penelitian berjumblah 17 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan memastikan kelengkapan dan validasi data. Indikator Bahasa yang diukur mencakup kemampuan menyebut nama benda, menggunakan kalimat sederhana, mengikuti perintah, mengajukan pertanyaan, dan meniru ucapan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan singnifikan pada semua indikator setelah implementasi media bergambar berbasis kearifan lokal. Media ini terbukti berhasil mendorong keterlibatan aktif anak dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, peneliti merekomendasikan penggunaan media berbasis kearifan lokal sebagai strategi efektif dalam pembelajaran Bahasa di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Keywords


Anak Usia Dini; Kearifan Lokal; Kemampuan Bahasa; Media Bergambar.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Anindita. (2022). Pengaruh media bergambar berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan deskriptif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 10(2), 115–125.

Arsyad, A. (2019.). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dewi, A. (2020). Efektivitas Media Gambar terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(3), 214–226.

Dewi, L. (2018). Penggunaan media visual dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Jurnal Golden Age, 3(1), 45–53.

Fitriani, R. (2021). Media berbasis lingkungan sekitar dalam pembelajaran bahasa anak usia dini. Jurnal PAUD Inovatif, 6(2), 89–97.

Hanifah, U. (2019). Cerita imajinatif berbasis budaya lokal sebagai alat pengembangan bahasa ekspresif. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 55–64.

Hartati, S., & Lestari, N. (2024). Peningkatan Kemampuan Pragmatik Anak Usia Dini melalui Media Bergambar Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 22–31. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpaud.v13i1.5678

Hidayati, N. (2020). Efektivitas media lokal dalam pembelajaran bahasa di PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Anak Usia Dini, 8(1), 74–81.

Ismail, M. (2020). Media visual lokal untuk peningkatan keterampilan percakapan anak. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(3), 132–140.

Isnawati, D. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dalam Konteks Pendidikan PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini., 5(2), 20–32.

Kurniasih, D. (2019). Media visual kontekstual dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak. Edukasi Anak Usia Dini, 7(2), 90–99.

Marhamah, L. (2020). Perbandingan media lokal dan konvensional terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Cakrawala Pendidikan Anak, 9(2), 105–112.

Mulyani, N. (2021). Pengaruh Kemampuan Bahasa terhadap Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Anak Usia Dini, 8(2), 210–223.

Ningsih, R., Anwar, S., & Fitriani, D. (2022). Efektivitas Media Visual Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 10(2), 45–54.

Nuraini, F. (2022). Peran media bergambar berbasis budaya dalam meningkatkan bahasa ekspresif anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas, 10(1), 66–74.

Nurhalimah, S. (2022). Media gambar lokal sebagai stimulus interaksi verbal anak. Jurnal Kreativitas Anak, 3(4), 120–129.

Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2011). Human Development (12th ed.). New York: McGraw-Hill.

Pramudita, D. H., & Sari, Y. N. (2023). Cerita Rakyat sebagai Media Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini. Cakrawala Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 55–64.

Prasetyo, A. (2019). Media Bergambar Berbasis Budaya Lokal dalam Peningkatan Kosakata Anak PAUD. . . Jurnal Pendidikan Anak Nusantara., 15(1), 312–324.

Pratama, R., & Lestari, A. (2020). Integrasi cerita rakyat dan media visual untuk pengembangan narasi anak. Jurnal Pendidikan Karakter Anak, 8(3), 130–138.

Rachmawati, D. (2019). Budaya lokal dalam media pembelajaran anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 5(1), 55–64.

Rahmawati, I. (2023). Efektivitas media lokal dalam pembelajaran bahasa anak desa. Jurnal Pendidikan Anak Pedesaan, 11(1), 45–52.

Ramadhani, Y. (2021). Media visual berbasis budaya sebagai strategi penguatan kemampuan bahasa anak. PAUD Nusantara, 6(2), 100–108.

Rohmah, L., Setyowati, A., & Yuliana, D. (2023). Keterlibatan Anak dalam Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 5(3), 66–75.

Saputri, M. (2021). Penerapan media gambar dalam konteks aktivitas harian anak usia dini. Jurnal Edukasi Dan Pembelajaran Anak, 4(2), 88–96.

Sari, P., & Widodo, A. (2020). Pengaruh gambar budaya lokal terhadap penguasaan kosakata tematik. Jurnal Pendidikan Bahasa Anak, 3(1), 60–68.

Sari, R. & Wulandari, M. (2022). Strategi Visual dalam Meningkatkan Partisipasi Verbal Anak Usia 3–4 Tahun. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(2), 112–124.

Suyatno. (2005). Pembelajaran kontekstual: Panduan kreatif untuk guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Vygotsky, L. S. (2008). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Wahyuni. (2021). Media kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa anak usia dini di desa. Jurnal Inovasi Pembelajaran PAUD, 9(1), 70–78.

Wulandari, T. (202 C.E.). Media Bergambar Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 3–4 Tahun. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 33–42.

Yuliana, D. (2018). Peran media visual dalam proses komunikasi anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak. 4(2), 90–98.

Yusuf, A. (2023). Kepercayaan diri anak dalam berbicara melalui media lokal. Jurnal Komunikasi Anak, 5(1), 112–119.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760