Penggunaan Buku Cerita untuk Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Kualitatif Di TK PGRI 1 Gedangan)

Ika Dian Erika, Choirul Huda, Mochammad Ramli Akbar

Abstract


Penanaman karakter pada anak usia dini merupakan tantangan penting dalam pendidikan, sebagaimana terlihat dari observasi di TK PGRI 1 Gedangan yang mengungkapkan belum optimalnya perilaku jujur, sabar, dan bertanggung jawab pada anak usia 4–5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan buku cerita dalam mengembangkan karakter kejujuran, kesabaran, dan tanggung jawab pada anak usia dini. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 10 anak usia 4–5 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara sederhana, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep karakter serta internalisasi nilai-nilai moral tersebut. Anak-anak mampu mengenali dan mencontoh perilaku jujur, mengendalikan emosi, serta menunjukkan tanggung jawab dalam kegiatan sehari-hari. Media buku cerita yang digunakan menggabungkan unsur cerita rakyat, cerita keagamaan, serta penggunaan bahasa Jawa yang dekat dengan kehidupan anak, sehingga menjadikan proses pembelajaran lebih kontekstual, menarik, dan bermakna. Cerita-cerita tersebut tidak hanya menyampaikan pesan moral, tetapi juga membentuk kebiasaan positif melalui pengulangan dan identifikasi anak terhadap tokoh dalam cerita. Temuan ini menegaskan bahwa buku cerita merupakan media yang efektif dalam pendidikan karakter anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Buku Cerita; Pendidikan Karakter.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Citra Prasiska Puspita Tohamba, & Ukbayana Ukbayana. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 255–269. https://doi.org/10.47861/jdan.v2i2.1252

Dodi, N. (2016). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Dalam Pendidikan Bagi Anak Usia Dini dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Educative: Journal of Education Studies, 1(2), 154–167.

Era, T. D. I., Rohayah, S., Mahyuddin, N., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, F. I., & Email, N. P. (2021). Early Childhood : Jurnal Pendidikan. 5(2), 24–35.

Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). Kesesuaian Konteks Dan Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 158–169. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.15799

Hariyani, M., Camelia, D., Fadilah, Y., & Dheasari, A. E. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak melalui Media Buku Cerita Gambar. As-Sabiqun, 4(5), 1345–1361. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2259

Hodijah, S., Rachmawati, Y., & Agustin, M. (2019). Upaya Guru Dalam Menanamkan Sifat Sabar Di Ra Persis I Kota Bandung. Edukid, 15(2), 95–102. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20604

Ismawati, P. (2020). Implementasi Budaya Antri Dalam Melatih Kesabaran Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Pembiasaan. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 32–44.

Kemendiknas. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. Permendikbud Repblik Indonesia, 8(33), 37.

Latief, S. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Sebagai Pondasi Pembentukan Karakter Dalam Era Revolusi 4.0 Dan Society 5.0: Teknik Dan Keberlanjutan Pendidikan Karakter. Jurnal Literasiologi, 3(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.92

Liana, H., Rahardjo, B., & Sjamsir, H. (2018). Implementasi Pembelajaran Karakter Anak Usia Dini di PAUD Anak Kita Preschool Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam, 3(1), 8–19. http://103.8.79.252/index.php/pendasmahakam/article/view/222

Maulani, G., Hadikusumo, R. A., & Jamin, N. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini (Issue November).

Meilanie, R. S. M. (2017). Pengembangan Model Pembentukan Karakter Untuk Kemandirian, Disiplin Dan Kejujuran Pada Anak Usia 4-5 Tahun. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 281–292. https://doi.org/10.21009/jpud.112.07

Michael Cole and Sylvia Scribner. (1978). Vygotsky-Mind in Society of Higher Psychological Processes. 1–21. https://autismusberatung.info/wp-content/uploads/2023/09/Vygotsky-Mind-in-society.pdf

Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 98–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111

Nugraheni, R. F. (2016). Kesabaran Dan Academic Self-Efficacy Pada Mahasiswa. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 21(1), 78–86. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol21.iss1.art8

Petersen, D. L. (2009). Social learning theory. The Praeger Handbook of Victimology, 258–259.

Pratama, I. G. Y., Hanindharputri, M. A., Ngurah, I. G., Gita, G., Irhandi, Y., & Putu, D. (2025). Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sd Negeri 3 Baturiti. 7(1), 19–26.

Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429

Ramdani, Z., Supriyatin, T., & Susanti, S. (2018). Perumusan dan Pengujian Instrumen Alat Ukur Kesabaran Sebagai Bentuk Coping Strategy. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(2), 97–106. https://doi.org/10.15575/jpib.v1i2.2955

Ratnasari, E. M. (2020). Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Kecerdasan Visual Anak Prasekolah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287

Ratnawati, S. (2024). Penerapan Komunikasi bahasa jawa pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 06(03), 17164–17171.

Saul, M. (2024). Piaget ’ s Theory and Stages of Cognitive Development. Simply Psychology, 1–34. https://www.simplypsychology.org/wp-content/uploads/simplypsychology.org-Piagets-Theory-and-Stages-of-Cognitive-Development.pdf

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

Subandi. (2011a). 130454-ID-sabar-sebuah-konsep-psikologi. Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, 38(2), 215–227.

Subandi. (2011b). Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study. Harmonia, 19, 173–179




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760