Penggunaan Buku Cerita untuk Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Kualitatif Di TK PGRI 1 Gedangan)
Abstract
Keywords
References
Citra Prasiska Puspita Tohamba, & Ukbayana Ukbayana. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 255–269. https://doi.org/10.47861/jdan.v2i2.1252
Dodi, N. (2016). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Dalam Pendidikan Bagi Anak Usia Dini dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Educative: Journal of Education Studies, 1(2), 154–167.
Era, T. D. I., Rohayah, S., Mahyuddin, N., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, F. I., & Email, N. P. (2021). Early Childhood : Jurnal Pendidikan. 5(2), 24–35.
Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). Kesesuaian Konteks Dan Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 158–169. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.15799
Hariyani, M., Camelia, D., Fadilah, Y., & Dheasari, A. E. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak melalui Media Buku Cerita Gambar. As-Sabiqun, 4(5), 1345–1361. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2259
Hodijah, S., Rachmawati, Y., & Agustin, M. (2019). Upaya Guru Dalam Menanamkan Sifat Sabar Di Ra Persis I Kota Bandung. Edukid, 15(2), 95–102. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20604
Ismawati, P. (2020). Implementasi Budaya Antri Dalam Melatih Kesabaran Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Pembiasaan. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 32–44.
Kemendiknas. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. Permendikbud Repblik Indonesia, 8(33), 37.
Latief, S. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Sebagai Pondasi Pembentukan Karakter Dalam Era Revolusi 4.0 Dan Society 5.0: Teknik Dan Keberlanjutan Pendidikan Karakter. Jurnal Literasiologi, 3(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.92
Liana, H., Rahardjo, B., & Sjamsir, H. (2018). Implementasi Pembelajaran Karakter Anak Usia Dini di PAUD Anak Kita Preschool Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam, 3(1), 8–19. http://103.8.79.252/index.php/pendasmahakam/article/view/222
Maulani, G., Hadikusumo, R. A., & Jamin, N. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini (Issue November).
Meilanie, R. S. M. (2017). Pengembangan Model Pembentukan Karakter Untuk Kemandirian, Disiplin Dan Kejujuran Pada Anak Usia 4-5 Tahun. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 281–292. https://doi.org/10.21009/jpud.112.07
Michael Cole and Sylvia Scribner. (1978). Vygotsky-Mind in Society of Higher Psychological Processes. 1–21. https://autismusberatung.info/wp-content/uploads/2023/09/Vygotsky-Mind-in-society.pdf
Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 98–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111
Nugraheni, R. F. (2016). Kesabaran Dan Academic Self-Efficacy Pada Mahasiswa. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 21(1), 78–86. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol21.iss1.art8
Petersen, D. L. (2009). Social learning theory. The Praeger Handbook of Victimology, 258–259.
Pratama, I. G. Y., Hanindharputri, M. A., Ngurah, I. G., Gita, G., Irhandi, Y., & Putu, D. (2025). Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sd Negeri 3 Baturiti. 7(1), 19–26.
Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429
Ramdani, Z., Supriyatin, T., & Susanti, S. (2018). Perumusan dan Pengujian Instrumen Alat Ukur Kesabaran Sebagai Bentuk Coping Strategy. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(2), 97–106. https://doi.org/10.15575/jpib.v1i2.2955
Ratnasari, E. M. (2020). Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Kecerdasan Visual Anak Prasekolah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287
Ratnawati, S. (2024). Penerapan Komunikasi bahasa jawa pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 06(03), 17164–17171.
Saul, M. (2024). Piaget ’ s Theory and Stages of Cognitive Development. Simply Psychology, 1–34. https://www.simplypsychology.org/wp-content/uploads/simplypsychology.org-Piagets-Theory-and-Stages-of-Cognitive-Development.pdf
Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627
Subandi. (2011a). 130454-ID-sabar-sebuah-konsep-psikologi. Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, 38(2), 215–227.
Subandi. (2011b). Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study. Harmonia, 19, 173–179
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2342
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



