Strategi guru untuk meningkatkan minat mengaji melalui pembiasaan huruf Hijaiyah murid usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 8 Sambigede

Erma Beti Trindi Antika, Mochammad Ramli Akbar, Rina Wijayanti

Abstract


Mengaji merupakan aktivitas penting dalam pembelajaran agama islam yang berperan membentuk spiritual anak sejak usia dini. Pengenalan huruf hijaiyah sebagai dasar membaca Al-Qur’an menjadi langkah awal yang krusial bagi anak usia 4-5 tahun yang sedang berada dalam tahap perkembangan bahasa dan kognitif. Penelitian ini, bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi guru dalam meningkatkan minat mengaji melalui pembiasan huruf hijaiyah di TK. Muslimat NU 8 Sambigede., Kab. Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembiasaan yang konsisten, variatif, dan menyenangkan melalui lagu, permainan, kartu huruf, dan reward sederhana dapat meningkatkan antusiasme dan keterlibatan anak dalam belajar huruf hijaiyah. Guru berperan sebagai model, motivator, dan fasilitator yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif. Strategi yang diterapkan selaras dengan teori behavioristik dan konstruktivistik, serta menekan pentingnya penguatan positif dan pengalaman belajar konkret. Temuan ini menunjukkan bahwa pembiasaan huruf hijaiyah secara terstruktur mampu membentuk minat mengaji pada anak usia dini.

Keywords


Guru; Hijaiyah; Mengaji.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Ainiyah, N. (2020). Pendidikan karakter melalui pembelajaran agama Islam pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.14421/jpi.2020.91.1-10

Al-Ghazali. (1983). Ihya' Ulumuddin (Jilid 1). Beirut: Dar al-Fikr.

Asbari, M., Purwanti, A., & Sulistiani, S. (2020). Peran guru PAUD dalam membentuk karakter anak melalui pembelajaran agama Islam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 790–799. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405

Cahyanti, I. N., & Katoningsih, S. (2023). Penerapan metode Iqro’ untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 45–53.

Fauziah, R., & Ningsih, E. S. (2021). Pembentukan Karakter Religius Anak Usia Dini melalui Pembiasaan Harian di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 512–519. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.153

Hanum, N. F., & Murtadlo, A. (2021). Pembiasaan huruf hijaiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6854

Hidayati, N. (2019). Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini melalui media kartu bergambar. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 20–29. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.20-29

Khotimah, N. (2020). Strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 78–87.

Lestari, R. (2020). Peningkatan minat belajar anak melalui pembiasaan dalam pembelajaran agama Islam. Jurnal Golden Age, 4(1), 30–39.

Maulidah, N. (2023). Strategi Guru dalam Membiasakan Anak Mengaji di Lembaga PAUD Islam. Jurnal Golden Age, 7(2), 78–85. https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.6192

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research & evaluation methods (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. New York: International Universities Press

Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. New York: Basic Books.

Ramadhani, F., & Azizah, N. (2021). Penggunaan media lagu dan permainan dalam pengenalan huruf hijaiyah untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 65–74.

Safitri, D. (2022). Strategi guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini melalui metode bermain sambil belajar. Jurnal Golden Age, 6(2), 143–152. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.4936

Sari, N. R., & Ramadhani, R. (2022). Internalisasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mengaji. Jurnal Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 101–110. https://doi.org/10.24042/ja.v5i2.15481

Sari, R. P. (2018). Pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap minat belajar membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 45–52.

Skinner, B. F. (1953). Science and Human Behavior. New York: Macmillan

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Unimar, D. N. (2025). Strategi guru PAUD dalam meningkatkan minat belajar huruf hijaiyah melalui media permainan edukatif. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 9(1), 55–66.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Zulkarnaini, Z., & Karimah, L. (2021). Efektivitas metode pembiasaan dalam pembelajaran membaca hijaiyah untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 35–44.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760