Penerapan Media Busy book Berbasis Emosi Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun

Jaizaton Muzil, Nuraida Nuraida

Abstract


Pada tahap observasi awal dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa peserta didik masih menunjukkan pemahaman yang minim terkait aspek sosial dan emosional. Hal tersebut tercermin dari respons netral anak-anak selama proses pembelajaran, di mana mereka tidak memperlihatkan ekspresi maupun reaksi tertentu terhadap aktivitas belajar yang dirancang untuk menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan kemampuan sosial-emosional pada anak usia 5-6 tahun di TK Bijeh Mata, Kabupaten Aceh Besar, setelah dilakukan intervensi menggunakan media busy book berbasis emosi.  Metodologi yang diterapkan merupakan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Populasi penelitian melibatkan 20 peserta, dan dari populasi tersebut, sebanyak 8 anak dari kelompok usia 5-6 tahun di kelas TK B dipilih secara purposive sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi sistematis dan dokumentasi, dengan lembar observasi yang telah teruji validitasnya sebagai alat ukur. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas serta pengujian hipotesis dengan paired sample t-test.  Temuan riset ini secara signifikan mengidentifikasi bahwa penggunaan media busy book yang memuat unsur pembelajaran emosi memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun di TK Bijeh Mata Aceh Besar. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti merekomendasikan agar pemanfaatan media serupa diintegrasikan secara aktif dalam proses pembelajaran pendidikan anak usia dini guna mengoptimalkan pencapaian perkembangan sosial-emosional mereka.


Keywords


Media Busy Book; Perkembangan; Sosial Emosional.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–1163.s

Agus Ria Kumara. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Amri, N. A., Amri, N., Hajerah, & Usman. (2023). Pengembangan Media Busy Book Pada Aspek Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 406–411. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.838

Ash-shalihah, R. A. (2024). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Berinteraksi dengan Teman Sebaya Kelas Darussalam Usia 5-6 Tahun. 2(3).

Asti, A. S. W. (2021). Pengembangan Media Busy book pada Guru PAUD di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–16.

Ayatina, N. N. Z. (2024). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau Dari Penerapan Ape Busybook. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 9 (1).

Fitriyah, Q. F., Purnama, S., Febrianta, Y., Suismanto, S., & ‘Aziz, H. (2021). Pengembangan Media Busy book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719–727. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789

Hijriati. (2019). Faktor dan Kondisi yan Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, V(2), 94–102.

Kemendibudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Kemendibudristek, 1–38.

Nafolion Nur Rahmat, F. A. L. A. D. H. (2023). Pengaruh Terapi Bermain Busy book Terhadap Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Tk Pkk Nusantara (Tiris Probolinggo). Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia, Vol. 2 No.

Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita, R. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696

Octavia, A., Muazzomi, N., & Utami, W. S. (2025). Model Pembelajaran Talking Stick untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. 8(1), 91–100.

Prakarsi, E., Karsono, K., & Dewi, N. K. (2020). Penggunaan Media Busy book Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 171. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.35703

Rahmadani, A., Yuhasrianti, & Rizka, S. M. (2021). Pengembangan media busy book untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6(2), 20–29. http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/17619

Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381–387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293

Ramli AR, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Menurut Konsep Teknologi Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rani Puspa Juwita, R. P. J. (2022). Penerapan Kegiatan Market Day Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Mina Aceh Besar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 78–88. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6528

Rosmiani, Nur Anisa Tri Rahayu, Regita Fafa Putri Ananda, N. (2025). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini: Kajian Teori Dan Implementasi. 13, 1–9.

Sakinah, C., Darmayanti, N., & Devianty, R. (2023). Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus 4-5 Tahun Melalui Media Busy book. 3, 2836–2849.

Selian, S. R., Kurnita, T., Rizka, S. M., & Rosmiati. (2021). Pengembangan Busy book Sebagai Media Pembelajaran Mengenalkan Cita-Cita Kepada Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 51–59.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760