Pengenalan Huruf Al Fabet Dengan Media Ajar Kotak Literasi

Jubaina Jubaina, Fitri Kayani Kayani, Misis Saprida, Putri Azzahra, Qistina Qistina

Abstract


Pengenalan huruf alfabet merupakan langkah fundamental dalam pembelajaran literasi anak usia dini. Media ajar yang inovatif, seperti kotak literasi, dapat membantu meningkatkan minat dan pemahaman anak terhadap huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas media kotak literasi dalam mengenalkan huruf alfabet. Dengan pendekatan library research, artikel ini membahas konsep media ajar, peran kotak literasi dalam pembelajaran alfabet, serta implikasi praktisnya bagi pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kotak literasi mampu memfasilitasi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, sehingga meningkatkan motivasi belajar anak.

Keywords


huruf alfabet; media ajar; kotak literasi; anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Adams, R., & Grant, L. (2021). The role of rhythmic movement in early childhood motor development. Journal of Early Motor Education, 14(2), 55–67.

An Nisa, S., Wulandari, P., & Rahmawati, L. (2023). Stimulasi literasi dini melalui media visual di taman kanak-kanak. Journal of Early Childhood Learning, 7(2), 88–96.

Anugrah, F., Sugilar, A., Faizal, M., & Akbar, R. (2023). Penerapan media kotak literasi untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 11(1), 44–52.

Anugrah, F., Sugilar, A., Faizal, M., & Akbar, R. (2023). Penerapan media kotak literasi untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 11(1), 44–52.

Aqilla, R., Rahmani, D., & Izzati, L. (2024). Pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran literasi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 15–24.

Dhari, A., Sahwani, N., & Nurfitri, M. (2024). Efektivitas media ajar berbasis literasi terhadap kemampuan membaca anak usia 5–6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Indonesia, 8(2), 73–83.

Febrita, L., & Ulfah, N. (2019). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 120–128.

Hidayat, R., & Nuraini, T. (2024). Peran guru dalam inovasi media pembelajaran di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak dan Inovasi Pembelajaran, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.31004/jpaip.v5i1.4156

Jauza, N. A., & Albina, M. (2024). Penggunaan media pembelajaran kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 15–23.

Marlina, D., Kurnia, N., & Rachmawati, S. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Indonesia, 6(1), 33–42.

Mu, Y. (2018). Developing literacy awareness in early childhood education. Early Literacy Research Journal, 9(1), 21–30.

Murhum, R. (2024). Strategi pengenalan huruf alfabet untuk anak usia dini berbasis permainan edukatif. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak, 10(1), 60–70.

Nurhayati, E. (2024). Efektivitas media kotak literasi terhadap kemampuan literasi dasar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123–134. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.134




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760