Pentingnya Pengembangan Literasi Pada Anak Usia Dini

Muhammad Syafe’i, Mar’atus Sholihah, Fatin Aida Dzakia

Abstract


Optimalisasi perkembangan anak usia dini merupakan penentu dalam pembentukan kepribadian anak. Karena pada usia ini merupakan periode yang paling mendasar dalam pertumbuhan anak, maka keberhasilan seorang anak bergantung bagaimana kitab isa mengembangkan seluruh aspek pada anak. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang ditemukan terhadap pengembangan literasi pada anak usia dini. Metode penelitian dalam artikel ini adalah kajian literature yang didukung dari beberapa data-data karya tulis ilmiah, kemudian dikaji untuk dihubungkan dengan penelitian sebagai pemecahan masalah. Literasi tidak hanya berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis. Literasi merupakan kemampuan menggunakan Bahasa dan gambar dalam berbagai bentuk dan variasi untuk membaca, menulis, mendengarkan, berbicara, memirsa, menyajikan, dan berpikir secara kritis tentang informasi/ gagasan.  Kontribusi orangtua dalam mengembangkan literasi bersama anak dapat menunjang kesuksesan anak di masa mendatang. Maka hal ini perlu diketahui agar orangtua mengetahui pentingnya membangun lingkungan yang kaya literasi untuk mendukung perkembangan kemampuan literasi dasar anak.

Keywords


Anak Usia Dini; Literasi; Pengembangan Pembelajaran.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Ainin. (2012). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Beny. (2018). Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Media Cita Press.

Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Carrol, J., Fox, A., & O’Grady, S. (2018). Children's Home Literacy Environments and School Readiness. London: Routledge.

Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damayanti, L., & Listiyani, T. (2021). Pengaruh Bernyanyi terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal PAUD, 10(1), 22–29.

Dewa, I. G. N. (2019). Literasi perpustakaan sebagai sarana peningkatan informasi. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 21(2), 97–103.

Eni, N., Wahyuningsih, S., & Nurfadilah, S. (2022). Literasi Media pada Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 249–265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1636

Eonio, M. (2016). Parent’s Belief and Early Reading Development in Preschool Children. Early Child Development and Care, 186(1), 65–74.

Erwin. (2018). Mengenalkan Literasi Sejak Dini: Kiat Mendidik Anak. Bandung: Cakrawala Cendekia.

Esti, R., Astuti, S. R., & Marlina, L. (2023). Strategi Literasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 459–463. https://doi.org/10.36655/gold.v7i1.2256

Fitri, N., & Lestari, W. (2021). Lingkungan Literasi Anak Usia Dini dan Implikasinya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Cakrawala Dini, 12(1), 38–47.

George, A. L., & Bennett, A. (2005). Case studies and theory development in the social sciences. Cambridge, MA: MIT Press.

Harahap, S. S. (2014). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasanah, N., & Deiniatur, M. (2019). Literasi pada Anak Usia Dini: Konsep dan Implementasinya. Jurnal PAUD Teratai, 8(1), 10–15.

Iskandar, S. (2020). Peran Pendidikan Orang Tua dalam Literasi Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 5(1), 41–52.

Mayasari, D. (2020). Ekspektasi Orang Tua terhadap Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 14(2), 22–30.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Never, A., Santika, R., & Pratiwi, L. (2018). Home Literacy Practice and Parental Involvement. Journal of Early Childhood Literacy, 18(1), 1–15.

Putri, M. D., & Arifin, Z. (2022). Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Literasi Dini Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 105–114.

Resadani, R. (2019). Peran Literasi Awal dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 29–35.

Resti, Y., & Devi, R. (2021). Literasi Anak Usia Dini: Pengembangan, Permasalahan, dan Solusi. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.24114/jpa.v7i1.22341

Riduwan. (2016). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.

Rokmana, H., Fitriani, R., & Sari, D. K. (2023). Pengenalan Literasi Sejak dalam Kandungan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.31004/paud.v6i1.3012

Santi Sidartani. (2016). Literasi Visual dalam Apresiasi Karya Seni. Jurnal Imajinasi, 10(2), 155–163.

Saracho, O. N. (2024). Families’ Role in Early Literacy Development. International Journal of Early Childhood Education, 30(1), 18–25.

Sari, I. N. (2020). Enam Komponen Literasi dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.29852

Suwandi, S. (2019). Strategi Implementasi Literasi dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsuddin, A. R., & Damaianti, V. S. (2019). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widodo, H. (2023). Strategi Membaca Buku Cerita dalam Meningkatkan Kosakata Anak. Jurnal Edukasi Anak, 5(3), 15–27.

Zed, M. (2004). Literatur dan metode penelitian. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760