Pengembangan Media Tangga Pintar Untuk Memudahkan Siswa Dalam Memahami Materi Satuan Panjang di MIN 1 Aceh Tengah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akmal, M., Hendriana, E. C., & Suprapto, W. (2023). Pengaruh media Tangga Pintar terhadap hasil belajar matematika materi satuan pengukuran kelas IV SDN. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). (Journal of Universitas Indraprasta PGRI)
Ambaria, L., Setiawan, D., & Rahayu, E. (2023). Pengembangan media papan pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 10(2), 145–155. https://doi.org/10.24036/jipd.v10i2.5678
Binta, R., & Ritonga, A. (2023). Validasi dan efektivitas media Tangga Pintar dalam pembelajaran konversi satuan panjang di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran, 8(3), 221–233. https://doi.org/10.31004/jpmp.v8i3.4211
Christiani, L. C., & Airlanda, G. S. (2024). Pengembangan media tangga satuan pada materi satuan panjang untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). (Ejournal Unma)
Christiani, L., & Airlanda, M. (2024). Pengembangan media konkret berbasis tangga satuan untuk meningkatkan pemahaman konsep panjang siswa kelas rendah. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 12(1), 77–89. https://doi.org/10.24832/jpdn.v12i1.6950
Dewi, N. P., Anggraeni, R., & Pratama, I. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis R&D model Borg & Gall pada materi bangun datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 15–26. https://doi.org/10.24127/jipm.v7i1.1320
Ibrahim, F., Syahputra, E., & Khairani, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran buku digital dengan menggunakan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di SMPN 13 Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. (j-cup.org)
Juwantara, R. A. (2024). Analisis teori perkembangan kognitif Piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7–12 tahun dalam pembelajaran matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. (jurnal.uin-antasari.ac.id)
Novitasari, D., & Kristin, F. (2021). Pengembangan media UTAPSI berbasis model ADDIE untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1013–1026. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.682
Nur Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum, Hairunnisa, & Mutia Utami. (2022). Meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran panjang dan berat melalui penggunaan media tabel konversi satuan pada siswa kelas II B SD Negeri 016 Tanjungpinang Timur tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Iaitu: Math Education. (journal.iaimutanjungpinang.ac.id)
Nurlaely, N., & Fitrianto, R. (2023). Keefektifan model pembelajaran ADDIE berbantuan media miniatur bangun datar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas II MI Negeri 3 Banyumas. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan. (jurnal.aksaraglobal.co.id)
Pandawa, C., Wibowo, Y., & Pramesti, R. (2021). Analisis validitas instrumen pembelajaran menggunakan indeks Aiken’s V dalam penelitian pendidikan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(4), 287–298. https://doi.org/10.21831/jep.v12i4.4219
Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. (2023). Peningkatan pemahaman soal cerita matematika melalui media konkret & Smartbox pada materi pengukuran berat satuan baku kelas 2 SDN 02 Pandean Kota Madiun. (Journal Universitas Pasundan)
Ratna, D. (2024). Efektivitas media tangga satuan berbasis visual untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 14(2), 98–110. https://doi.org/10.21009/jpt.v14i2.7903
Ratna, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva materi satuan panjang, berat, dan waktu. Skripsi, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali. (eprints.unugha.ac.id)
Rismawati, H., Saputra, R., & Fajriani, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 11(1), 44–55. https://doi.org/10.17509/jtpi.v11i1.6219
Rismawati, R., Saputra, H. N., & Fajriani, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pengukuran kelas III SDN 85 Kendari. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 5(3). (Jurnal P4I)
Sari, P. M., & Yuliani, L. (2022). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran matematika interaktif untuk siswa SD. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran, 6(4), 234–247. https://doi.org/10.23960/jip.v6i4.941
Wulandari, I., Alim, J. A., & Putra, M. J. A. (2023). Pengembangan video animasi materi pengukuran panjang dan berat untuk siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. (mail.obsesi.or.id)
Wulandari, N., Alim, S., & Putra, H. (2023). Evaluasi kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis visual interaktif pada materi pengukuran. Jurnal EduMat, 9(3), 176–188. https://doi.org/10.33369/edumat.v9i3.7140
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2404
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



