Pembelajaran Berbasis Child Centered Play Therapy untuk Mengembangkan Kompetensi Sosial dan Emosional Anak dengan Autism Spectrum Disorder pada Usia Dini

Ervin Nurul Affrida, Amelia Rizki Idhartono, Nurul Hidayati

Abstract


Kompetensi sosial dan emosional perlu diajarkan anak mulai usia dini, baik pada anak normal serta anak dengan berkebutuhan khusus. Adapun anak berkebutuhan khusus dalam penelitian yang dilakukanyaitu anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Hal ini disebabkan pembelajaran di satuan PAUD membutuhkan interaksi sosial dengan guru serta teman sebaya (Shalehah, dkk 2023). Sosial dan emosional merupakan aspek perkembangan yang saling berkaitan. Anak dengan ASD cenderung mempunyai tingkat ketidakstabilan emosi yang berbeda dan terjadi pada waktu yang berbeda juga. Beberapa reaksi yang muncul ketika emosi tidak stabil yaitu menangis histeris, menjerit, marah, berteriak, melempar benda, serta menyakiti fisik pada diri sendiri maupun orang lain seperti memukul, menendang, mencubit dan seterusnya. Oleh karena itu dilakukan pembelajaran berbasis Child Centered Play Therapy (CCPT) untuk mengatasi permasalah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kuantitatif serta melalui metode pre-experimental design. Adapun teknik yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Selanjutnya untuk mengumpulkan data menggunakan tes kinerja, teknik observasi juga dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t sehingga diketahui efektifitas pembelajaran berbasis child centered play therapy pada anak usia dini dengan autism spectrum disorder. Hasil t hitung sebesar 3,22 lebih besar daripada t tabel yaitu 1,76 dengan taraf signifikansi sebesar 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis CCPT berpengaruh untuk mengembangkan kompetensi sosial dan emosional anak dengan ASD.

Full Text:

PDF Turnitin

References


American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.). https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425596

Barghi, M., Ardestani, S. M. S., & Ghasemzadeh, H. (2023). The effectiveness of play therapy on social interaction of children with autism spectrum disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 53(2), 450–461. https://doi.org/10.1007/s10803-022-05613-z

Chang, Y. S., Liu, Y. C., & Liu, C. J. (2021). The effectiveness of group play therapy on social-emotional competence in children with autism. Early Child Development and Care, 191(14), 2261–2272. https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1708339

Đorđević, M., Gligorović, M., & Dragićević, S. (2023). Emotional regulation in children with autism spectrum disorder: Intervention strategies and outcomes. Research in Developmental Disabilities, 134, 104458. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2023.104458

Elbeltagi, I. M., Abdelraouf, R. M., & Salem, K. A. (2023). The impact of structured play-based interventions on communication skills in children with ASD. Children, 10(3), 489. https://doi.org/10.3390/children10030489

Fara Pradika Putri, D., Isjoni, I., & Nofrizal, N. (2024). Penerapan terapi bermain untuk meningkatkan interaksi sosial anak autis di usia dini. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 10(1), 15–24. https://doi.org/10.24036/0202410101327-0-00

Giannetti, C. (2024). Advancing robot assisted autism therapy: A novel algorithm for enhancing joint attention interventions. Advances in Autism Research, 1, Article 240614. arXiv preprint. https://arxiv.org/abs/2406.10392

Hasnida. (2014). Stimulasi perkembangan anak usia dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hu, Y., Peng, Y., Gohumpu, J., Zhuang, C., Malambo, L., & Zhao, C. (2025). Magicarpet: A parent child interactive game platform to enhance connectivity between autistic children and their parents. arXiv preprint. https://arxiv.org/abs/2503.14127

Ibrahim, R., Noor, S. A., & Hassan, H. (2022). The impact of child-centered play therapy on socio-emotional development in children with ASD. Journal of Educational Psychology and Counseling, 6(1), 43–58. https://doi.org/10.24191/jepc.v6i1.17856

Kanzari, C., Hawani, A., Ayed, K. B., Mrayeh, M., Marsigliante, S., & Muscella, A. (2025). The impact of a music and movement based intervention on motor competence, social engagement, and behavior in children with autism spectrum disorder. Children, 12(1), 87. https://doi.org/10.3390/children12010087

Li, X., Fan, L., Wu, H., Chen, K., Yu, X., Che, C., Cai, Z., Niu, X., Cao, A., & Ma, X. (2024). Enhancing autism spectrum disorder early detection with the parent child dyads block play protocol and an attention enhanced GCN xLSTM hybrid deep learning framework. arXiv preprint. https://arxiv.org/abs/2408.16924

López Nieto, L., Compañ Gabucio, L. M., Torres Collado, L., & Garcia de la Hera, M. (2024). Play based interventions in autism spectrum disorder: A scoping review. Children, 9(9), 1355. https://doi.org/10.3390/children9091355

Makarem, A., Khaleghi, M., & Moradi, H. (2020). Early childhood stimulation and developmental outcomes: A systematic review. Child Indicators Research, 13(5), 1807–1825. https://doi.org/10.1007/s12187-019-09680-4

Megawati, S., Pratama, B. H., & Khairunnisa, R. (2021). Child-centered play therapy untuk mengembangkan emosi sosial anak tunagrahita ringan. Psikodimensia: Jurnal Psikologi, 20(2), 174–183. https://doi.org/10.24167/psidim.v20i2.3520

Mulyani, S., Fitria, Y., & Amalia, R. (2021). Efektivitas terapi bermain terhadap peningkatan kemampuan sosial anak autis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1293–1301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.950

Pradika Putri, D. F., & Nabila, N. (2024). Child-centered play therapy untuk pengembangan keterampilan sosial anak autis. Jurnal Terapi Psikologi, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.26740/jtp.v6n1.p35-47

Pratiwi, R., & Saloko, A. (2023). Strategi pengembangan sosial emosional anak usia dini berbasis kebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 40–49. https://doi.org/10.31004/paud.v8i1.2061

Ray, D. C., Schottelkorb, A. A., & Baggerly, J. (2020). Child-centered play therapy: Evidence-based practice for children with behavioral and emotional concerns. International Journal of Play Therapy, 29(3), 145–157. https://doi.org/10.1037/pla0000127

Schottelkorb, A. A., & Ray, D. C. (2024). Play therapy interventions for children with autism: A meta-analytic review. Journal of Counseling & Development, 102(1), 30–42. https://doi.org/10.1002/jcad.12481




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760