PENGEMBANGAN POP UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL: MEDIA EDUKASI JAJANAN DAN MINUMAN TRADISIONAL PASURUAN UNTUK ANAK USIA DINI

Amidatus Sholihat Jamil, Eka Rini Widya Astuti, Rahmaniah Hani

Abstract


Penelitian ini berangkat dari kurangnya pengenalan kuliner tradisional di kalangan anak usia dini di Pasuruan, yang disebabkan oleh dominasi makanan modern dan minimnya media edukasi yang menonjolkan budaya lokal. Tujuan utama dari penelitian ini adalah merancang dan menguji kelayakan buku pop up bertema jajanan dan minuman khas Pasuruan sebagai media pembelajaran interaktif untuk anak usia dini. Dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dan model pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahap, penelitian ini meliputi identifikasi masalah, pengumpulan data, perancangan, validasi, perbaikan, uji coba, dan revisi produk. Hasil validasi ahli menunjukkan tingkat kelayakan produk mencapai 88,6% (sangat valid), sementara uji coba pada siswa TK menunjukkan peningkatan pemahaman anak sebesar 43,2% dan keterlibatan aktif hingga 89,2%. Buku pop up ini juga secara signifikan memperpanjang konsentrasi belajar anak hingga 300%. Kesimpulannya, buku pop up kuliner tradisional Pasuruan ini sangat efektif sebagai media edukasi, layak untuk disebarluaskan, dan berpotensi melestarikan warisan budaya lokal sejak dini.

Keywords


anak usia dini; kuliner tradisional; media edukasi; pop up book

Full Text:

PDF

References


Anderson, P., & Hanson, K. L. (2010). Attention Span Development in Early Childhood Education. Journal of Educational Psychology, 102(3), 567–581.

Anjarwati, S., Darmayanti, R., & Khoirudin, M. (2023). Development of “Material Gaya” Teaching Materials Based on Creative Science Videos (CSV) for Class VIII Junior High School Students. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 163–172.

Astuti, E. R. W., Zulkif, S. M., Jamil, A. S., Zenmira, K. N., Munawaroh, K., & Zoker, E. M. (2025). Perancangan Buku Cerita Bergambar “Kesehatan Gigi pada Anak” untuk menjaga kesehatan gigi siswa SD di MI Darul Ulum Blandongan, Kabupaten Pasuruan. Center of Education Journal (CEJou), 6(1), 37–50.

Cao, J., Fang, Y., Cui, X., Zheng, R., Jiang, T., & Gao, F. (2024). Synchronized Video and EEG Based Childhood Epilepsy Seizure Detection. IEEE Transactions on Emerging Topics in Computational Intelligence, 8(6), 3742–3753. https://doi.org/10.1109/TETCI.2024.3372387

Celik, P. (2024). The effectiveness of school-based child sexual abuse prevention programmes among primary school-aged children: A systematic review. International Journal of Educational Research Open, 7. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2024.100348

Darmayanti, R., Nurhakim, M., Utsman, Y., & Amien, S. (2024). Historicity Muhammadiyah: What was the Idea of the Founder of Muhammadiyah as a “Progressive Islamic Movement?” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 9(1), 34–60.

Darmayanti, R., Sugianto, R., Muhammad, Y., & da Silva Santiago, P. V. (2022). Analysis of Students’ Adaptive Reasoning Ability in Solving HOTS Problems Arithmetic Sequences and Series in Terms of Learning Style. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–90.

Dewanti, R., Sari, M., & Pratomo, A. (2022). Efektivitas Pop up Book dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 145–158.

Dunekacke, S., & Barenthien, J. M. (2023). What About Early Childhood Mathematics Education in Early Childhood Teacher Education? Zeitschrift Fur Padagogik, 1. https://doi.org/10.3262/zp2301088

Gardner, H. (2011). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences (3rd ed.). Basic Books.

Haanurat, A. I., Darmayanti, R., & Choirudin, C. (2023). Journal submission challenges: mentoring and training students in open journal system scientific paper publication. Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 134–147.

Hadi, S., Purnomo, Imron, A., Pristian, R., Ranu, M. E., & Jamil, A. S. (2024). Adapted Integrated Transformational-Instructional Leadership Behaviors: Construct Validity and Perceptions among Teachers and Principals in Indonesian Vocational Schools. Eurasian Journal of Educational Research, 109(2024), 214–235.

Hidayati, N., Jamil, A. S., & Karim, S. (2025). Pengembangan Multimedia Interaktif" TATA SURYA" pada Siswa Kelas 6 MI Roudlotul Mubtadiin. Center of Education Journal (CEJou), 6(1), 21–36.

Humaidi, N., Darmayanti, R., & Sugianto, R. (2022). Challenges of Muhammadiyahâ€TM s Contribution in Handling Covid-19 in The MCCC Program in Indonesia. Khazanah Sosial, 4(1), 176–186.

Ibrahim, N. J., Idris, M. Y. I., Yusoff, M. Y. Z., Ramli, R., & Yusof, R. J. (2023). The Study of Malay’s Prosodic Features Impact on Classical Arabic Accents Recognition. IEEE Access, 11, 94589–94612. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2023.3299814

Jamil, A. S. (2024). Boosting Vocational School Competitiveness: The Power of Strategic Resources, Environmental Adaptability &School-Based Management. Applied Observation and Pedagogical Studies Poster, 3(1).

Jamil, A. S., & Alivia, P. F. (2025). Perancangan UI/UX Website Pondok Pesantren Al-Ikhlas. Dimensi: Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Seni Desain Grafis, 5(2), 65–73.

Jamil, A. S., Kamdi, W., Hadi, S., & Patmanthara, S. (2023). Strategic Resource Relationship Model, Adaptability to Environmental Dynamics, Implementation of School-Based Management and Vocational School Competitiveness. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(3), 654–662.

Jamil, A. S., Mukhadis, A., & Waras, W. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Model Cipp Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Keahlian Multimedia di Smk. Teknologi Dan Kejuruan, 41(1), 1–16.

Jamil, A. S., Zenmira, K. N., Astuti, E. R. W., & Zulkif, S. M. (2024). Pelatihan Jurnalistik bagi Pemuda Desa Randupitu sebagai Upaya Penguatan Literasi Media Berbasis Komunitas. Humanist Journal, 3(3), 72–77.

Kamdi, W., Nurhadi, D., Ranu, M. E., & Jamil, A. S. (2020). Advancing SMK dari SMK 3 tahun ke SMK 4/5 tahun. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi ….

Kathania, H. K., Kadyan, V., Kadiri, S. R., & Kurimo, M. (2024). Spectral warping based data augmentation for low resource children’s speaker verification. Multimedia Tools and Applications, 83(16), 48895–48906. https://doi.org/10.1007/s11042-023-17263-z

Khan, M., Ahmad, J., Gueaieb, W., De Masi, G., Karray, F. O., & El Saddik, A. E. (2025). Joint Multi-Scale Multimodal Transformer for Emotion Using Consumer Devices. IEEE Transactions on Consumer Electronics, 71(1), 1092–1101. https://doi.org/10.1109/TCE.2025.3532322

Kim, D., Lym, H. J., Lee, H., Lee, Y., Kim, J., Kim, M., & Baek, Y. (2024). Child-Centric Robot Dialogue Systems: Fine-Tuning Large Language Models for Better Utterance Understanding and Interaction. Sensors, 24(24). https://doi.org/10.3390/s24247939

Kothalkar, P. V, Hansen, J. H. L., Irvin, D. W., & Buzhardt, J. F. (2024). Child-adult speech diarization in naturalistic conditions of preschool classrooms using room-independent ResNet model and automatic speech recognition-based re-segmentation. Journal of the Acoustical Society of America, 155(2), 1198–1215. https://doi.org/10.1121/10.0024353

Kozulin, A. (2018). Vygotsky’s Educational Theory in Cultural Context. Cambridge University Press.

Kusuma, D. W., & Pratiwi, S. H. (2022). Preferensi Kuliner Anak Usia Dini: Studi Komparatif Antara Makanan Tradisional dan Modern di Wilayah Urban Pasuruan. Jurnal Budaya Dan Masyarakat, 15(1), 78–92.

Lalonde, K., Peng, Z. E., Halverson, D. M., & Dwyer, G. A. (2024). Children’s use of spatial and visual cues for release from perceptual masking. Journal of the Acoustical Society of America, 155(2), 1559–1569. https://doi.org/10.1121/10.0024766

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Terjemahan Suci Romadhona dan Apri Widiastuti). PT Indeks.

Nurhakim, M., Darmayanti, R., & Pongsibanne, M. W. (2024). Indonesian Vs. Thailand: The historicity of Muhammadiyah’s" founding idea," what is the vision of Muhammadiyah’s mission? Assyfa Journal of Islamic Studies, 2(2), 151–160.

Nurhayati, E., Widodo, S., & Maharani, P. (2021). Analisis efektivitas media pembelajaran konvensional pada anak usia dini di Jawa Timur. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(3), 234–248.

Organisciak, P., Newman, M., Eby, D., Acar, S., & Dumas, D. G. (2023). How do the kids speak? Improving educational use of text mining with child-directed language models. Information and Learning Science, 124(1–2), 25–47. https://doi.org/10.1108/ILS-06-2022-0082

Pasuruan, A. P. K. T. (2023). Laporan Tahunan Perkembangan Kuliner Tradisional Kabupaten Pasuruan 2018-2023.

Pérez, G., Garcia, G. A., Castro, M., Castaño, M., de Quevedo, M. J., Duran, R., Pérez, L., Amores, J. G., Alvarez-Benito, G., & Levinson, L. M. (2024). A multi-site language study on child-robot dialogues. Advanced Robotics, 38(19–20), 1486–1500. https://doi.org/10.1080/01691864.2024.2388145

Prasetyawan, I., & Sari, D. K. (2023). Peningkatan durasi konsentrasi anak usia dini melalui media pop up book: Studi eksperimen di TK Negeri Pembina Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12, 12(1), 67–79.

Putri, D. A., & Dewi, N. K. (2020). Pengembangan media pop up book materi keanekaragaman budaya Indonesia kelas IV sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 306–314.

Razzaq, M. A., Hussain, J., Bang, J., Hua, C. H., Satti, F. A., Rehman, U. U., Bilal, M. K., Kim, S. T., & Lee, S. (2023). A Hybrid Multimodal Emotion Recognition Framework for UX Evaluation Using Generalized Mixture Functions. Sensors, 23(9). https://doi.org/10.3390/s23094373

Sah, R. W. A., Laila, A. R. N., Setyawati, A., Darmayanti, R., & Nurmalitasari, D. (2023). Misconception analysis of minimum competency assessment (AKM) numeration of high school students from field dependent cognitive style. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 58–69.

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development (17th ed.). McGraw-Hill Education.

Sari, N., & Pramono, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran pop up book pada mata pelajaran IPA kelas III sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(5), 2513–2522.

Singh, V. P., Sahidullah, M., & Kinnunen, T. H. (2024). ChildAugment: Data augmentation methods for zero-resource children’s speaker verification. Journal of the Acoustical Society of America, 155(3), 2221–2232. https://doi.org/10.1121/10.0025178

Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 1537–1547.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Sulistyowati, E., Astuti, E. R. W., Jamil, A. S., & Safitri, N. L. (2025). Dari Debu ke Dunia Baru: Revitalisasi Taman/Pojok Baca sebagai Gerbang Literasi Desa Jatiarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Aplikasi Teknologi, 4(1), 33–40.

Syaifuddin, M., Darmayanti, R., & Rizki, N. (2022). Development of a two-tier multiple-choice (TTMC) diagnostic test for geometry materials to identify misconceptions of middle school students. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 7(2).

Tandon, A., Mazumdar, B. D., & Pal, M. K. (2024). Integrated Intelligent Computing Models for Cognitive-Based Neurological Disease Interpretation in Children: A Survey. EAI Endorsed Transactions on Pervasive Health and Technology, 10. https://doi.org/10.4108/eetpht.10.5541

Wulandari, T., Nurmalitasari, D., Susanto, K., & Darmayanti, R. (2022). Etnomatematika Pada Batik Daun Sirih dan Burung Kepodang Khas Pasuruan. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 2(1), 95–103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760