Pengaruh Permainan Sepak Bola Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Di TK Bijeh Mata Indrapuri

Yuliana Yuliana, Rani Puspa Juwita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan permainan sepak bola modifikasi terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Bijeh Mata Indrapuri. Latar belakang penelitian ini didasari oleh observasi awal yang menunjukkan adanya kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, khususnya pada aspek-aspek fundamental seperti melempar, menangkap dan menendang bola. Untuk menjawab permasalahan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest dengan melibatkan 16 anak sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan melalui observasi, yaitu dengan melihat instrumen atau lembar observasi yang dirancang khusus untuk mengukur capaian pembelajaran motorik kasar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antar skor pretest (33,33%) dan skor posttest (66,67%) setetelah intervensi permainan sepak bola modifikasi. Analisis statistik dengan Paired Sampling t-Test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), yang mengindikasikan perbedaan yang sangat signifikan secara statistik. Selain itu, perhitungan effect size menghasilkan nilai sebesar 4, yang diklasifikasikan sebagai “Strong Effect”. Temuan ini mengkonfirmasikan bahwa permainan sepak bola modifikasi secara efektif dan subtansial meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, mencakup aspek keseimbangan, kelincahan, kekuatan, koordinasi mata kaki, dan koordinasi tangan. Mengacu pada hasil penelitian ini direkomendasikan penggunaan permainan sepak bola modifikasi sebagai salah satu alternatif yang inovatif dan efektif dalam menstimulasi dan mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak usia dini.                 

Keywords


Motorik Kasar; Permainan; Sepak Bola; Modifikasi

Full Text:

PDF

References


Aprilianti, L., & Setyowati, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Lempar Bola Kreweng di TK Negeri Pembina 1 Mojosari. 06(01), 5743–5759.

Arda Gutawa, W., & Rohman Kafrawi, F. (2022). Analisis Teknik Dasar Sepak Bola Pada Anak Usia Dini Pada Siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(2), 183–190.

Desiana, V., & Khan, R. I. (2022). Pentingnya Kemampuan Motorik Kasar bagi Anak Usia Dini dan Strategi Mengoptimalkannya melalui Permainan Tradisional. Semdikjar, 1–9.

Djuanda, I., & Agustiani, N. D. (2022). Perkembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Kreasi Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun. In Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.38153/almarhalah.v6i1.92

Fadhillah. (2019). Bermain&Permainan Anak Usia Dini (I. Fahmi (ed.); Pertama). PRENADAMEDIA GROUP.

Hartati, dkk. (2024). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik. bening media publishing.

Haryono Purwo, dkk. (2024). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Rianty Erfina (ed.); pertama). PT. Green Pustaka Indonesia.

Herdini, H. (2024). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Melalui Permainan Menangkap dan Melempar Bola pada Anak Usia 5-6 Tahun. 4(1), 112–122.

Hidayati Anita Salsa Billa, Y. salis H. (2022). Perkembangan Motorik kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Lokal Karya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo.

Hisbunnahar, A., & Kurniawan, A. W. (2022). Pemahaman Pelatih Sepak Bola Terhadap Pembinaan Usia Dini (6-12 Tahun) Di Sidoarjo. Jurnal Prestasi Olahraga, 6(1), 136–144.

Hodriani, Listia, W. N., Alhudawi, U., & Siregar, R. S. D. T. P. (2023). Media Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Kodri (ed.)). Adanu Abimata.

Iwan, H. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method. Hidayatul Quran.

Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Kemendikbudristek.

KHADIJAH, N. A. (2020). Fisik Motorik Anak Usia Dini (Caremedia (ed.); Pertama). Caremedia Comunication.

Makhmudah, Siti., Fina, S.A., & Ainna, A. F. (2020). Perkembangan Motorik AUD. Bogor : Guepedia (Guepedia (ed.)). Guepedia.

Ponidjan Tati Setyawati, D. (2025). Tumbuh Kembang Anak (A. La Ode (ed.)).

Salsabila, Z. S., Pratama, R. S., Pendidikan, G., Usia, A., & Semarang, U. N. (2025). Membangun Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Olahraga. 3, 27–39.

Samsudin. (2016). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Litera.

Siyoto Sandu, M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Surianto, A. (2018). Analisis keterampilan dasar sepak bola pemain klub bima sakti. 3(3).

Syahruddin. (2020). Permainan Bombardier dalam pembelajaran pendidikan jasmani (U. Nugroho (ed.)). VC. Sarrnu Untung.

Yuli, A. (2016). Cara Mudah Asah Otak Anak (Hira (ed.)). Flash Books.

Yulita. (2019). Permainan Bola Besar Melalui Modifikasi Permainan Sepakbola Tanggan (Yogi (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760