ANALISIS DAN PENERAPAN PEMODELAN PROSES BISNIS DI CAFE OKA DEARY MENGGUNAKAN BUSSINES PROCCES MODEL AND NOTATION (BPMN)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis dan merancang ulang proses bisnis Café Oka Deary, sebuah UMKM di sektor kuliner, demi peningkatan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Analisis awal menunjukkan adanya pemborosan signifikan seperti waktu tunggu (Waiting), gerakan tak efisien (Motion), dan pekerjaan berulang (Overprocessing) akibat proses manual. Secara kuantitatif, Flow Analysis mengungkap Cycle Time 21 menit dengan Cycle Time Efficiency (CTE) hanya 47,6%, menandakan banyak waktu non-produktif. Untuk mengatasi ini, Business Process Model and Notation (BPMN) digunakan untuk merancang ulang alur kerja. Desain ulang mengusulkan digitalisasi pemesanan dan pembayaran, meliputi scan barcode menu, pemesanan via sistem, dan pembayaran m-banking yang terintegrasi langsung ke dapur. Redesain ini diharapkan mampu memangkas pemborosan, mempercepat siklus pelayanan, dan secara substansial meningkatkan efisiensi operasional serta kepuasan pelanggan di Café Oka Deary.
Keywords
Full Text:
PDF [52-64]References
F. S. Hidayat, E. Chumaidiyah, and B. Sulistyo, “Perbaikan Proses Bisnis Dengan Menggunakan Metode Business Process Improvement Pada Konveksi Pager Kaos,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 2024, no. 6, pp. 309–321, doi: 10.5281/zenodo.10642835.
Rizalyn T. Maderazo and Riah E. Encarnacion, “Assessing the Travel Industry: Basis for a Centralized Travel and Tour Operation Management System,” International Journal of Advanced Research in Science, Communication and Technology, pp. 576–583, Jun. 2024, doi: 10.48175/ijarsct-18964.
M. Lenawati, E. Resty Novieta Sari, L. Dian Anggraini, and U. PGRI Madiun, “Pemanfaatan BPMN Dan Sparx Systems Enterprise Architect Dalam Penyusunan Peta Proses Bisnis Program Studi Sistem Informasi Utilization of BPMN and Sparx Systems Enterprise Architect in Compiling Business Process Map Information Systems Study Program,” Research : Journal of Computer, vol. 05, no. 02, pp. 61–68, 2022.
T. M. Inggrid, N. N. Aryaningsih, I. Made Bagiada, J. Akuntansi, and P. N. Bali, “Pendekatan Kualitatif Pengendalian Risiko Operasional pada Sistem Pembayaran Digital Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Badung”, [Online]. Available: http://ojs2.pnb.ac.id/index.php/JBK
R. Choudhary and N. Riaz, “A business process re-engineering approach to transform business process simulation to BPMN model,” PLoS One, vol. 18, no. 3 March, Mar. 2023, doi: 10.1371/journal.pone.0277217.
C. Novian, Y. M. Idah, and Z. Rifai, “PEMODELAN PROSES BISNIS PENGADAAN BARANG (STOK) MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS PROCESS MODELLING NOTATION (BPMN) (Studi Kasus: SHM Motor Purwokerto),” 2022.
D. Cahyo Utomo Lieharyani, S. Sundari, P. Negeri Bandung, and J. Gegerkalong Hilir Ds Ciwaruga Bandung, “Perbandingan Model Proses Bisnis Untuk Mendukung Analisis Dan Penetapan Requirement Pada Pengembangan Perangkat Lunak,” Jurnal Ilmiah MATRIK, vol. 26, no. 2, 2024, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v26i2.3258.
H. Mardivta, M. Izman Herdiansyah, U. Bina Darma, J. Jenderal Ahmad Yani No, and P. Sur-el, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ASET (STUDI KASUS: SATUAN KERJA TEKNOLOGI INFORMASI PT. BUKIT ASAM, TBK),” Jurnal Ilmiah MATRIK, vol. 24, no. 1, 2022.
J. Khatib Sulaiman, S. Dwi Saputri, P. Putra, N. Rizky Oktadini, A. Meiriza, and P. Eka Sevtiyuni, “Analisis Proses Bisnis Pendaftaran Pelanggan Dengan Metode Business Process Improvement (BPI),” Indonesian Journal of Computer Science.
A. Ardiansyah, F. F. Fardana, and M. A. Yaqin, “Analisis dan Perancangan Artificial Intelligence Pada Business Process Management,” ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, vol. 3, no. 1, pp. 69–82, Apr. 2021, doi: 10.28926/ilkomnika.v3i1.121.
K. Mariya, Z. Sofiia, W. Ganna, and M. Kateryna, “BPMN Diagrams as an Essential Tool for Enhancing Business Process Management and Team Collaboration,” 2024.
M. M. Tampubolon and P. N. C. Situmorang, “Pembuatan Model Bisnis Proses Aplikasi Tebaran Nusira Dengan Pendekatan BPMN,” Data Sciences Indonesia (DSI), vol. 3, no. 1, pp. 12–22, Aug. 2023, doi: 10.47709/dsi.v3i1.2269.
A. Riswandha Akbar, “Strengthening Public Expenditure Efficiency Through System Integration: A Case Study of the Official Travel System in Indonesia,” Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, vol. 08, pp. 1–77, 2025, doi: 10.18196/jati.v8i1.254.
A. Homaidi, L. F. Lidimilah, I. Yunita, T. Saleh, D. Prasetyo, and Z. Fatah, “IMPLEMENTASI BUSINESS PROCESS MODELLING NOTATION UNTUK PEMODELAN PROSES BISNIS LP2M PERGURUAN TINGGI XYZ IMPLEMENTATION OF BUSINESS PROCESS MODELLING NOTATION FOR BUSINESS PROCESS MODELING IN LP2M XYZ HIGHER EDUCATION,” vol. 11, no. 1, 2022.
A. Fathinatussakinah, E. Suhendar, and A. Oktaviani, “Penerapan Business Process Reengineering untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Bisnis Menggunakan Bizagi Modeler,” Jurnal Optimasi Teknik Industri (JOTI), vol. 6, no. 1, p. 35, Mar. 2024, doi: 10.30998/joti.v6i1.14984.
D. S. Oetomo and R. F. Ramdhani, “Usulan Perbaikan Proses Bisnis Departemen J20 di PT Indorama Synthetics Tbk dengan Menggunakan Metode Business Process Reengineering,” Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri, vol. 5, no. 2, p. 63, Sep. 2021, doi: 10.35194/jmtsi.v5i2.1416.
Z. Rifai, T. Bratakusuma, F. N. Afiana, L. Dwi Oktaviana, D. Ika, and R. Yunita, “Pemodelan Proses Bisnis dengan BPMN untuk Kebutuhan Implementasi ERP di CV Indococo Pasific,” 2021.
E. Rosalina, A. L. Hananto, A. Hananto, and B. Huda, “Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Katering pada UMKM Menggunakan BPMN,” INTERNAL (Information System Journal, vol. 7, no. 1, pp. 8–17, 2024, doi: 10.32627.
F. U. Fatmawati et al., “Analisis Kompleksitas Proses Bisnis Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Nahdlatul Ulama Blitar menggunakan Control-Flow Complexity dengan Pemodelan Business Process Modelling Notation,” 2024. [Online]. Available: https://journal.stmiki.ac.id
Y. M. Maulana, “Model Perencanaan Pemodelan Proses Bisnis berdasarkan Business Process Management,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 17, no. 1, pp. 73–85, Apr. 2023, doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.1.722.
B. Yudhistira and W. Suharso, “Rekayasa Ulang Proses Pengembalian Produk Pada CV. Berkah Menggunakan Notasi BPMN”.
DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v7i2.2353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JOURNAL IDENTITY
Journal Name: Journal Information System and Science Technology
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing)
Indexing: Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index Copernicus, WorldCat, Scilit, Dimensions (find by DOI article)
OAI address: http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)
Contact: sistek@trilogi.ac.id (Whatsapp Number: +628192454119)
license :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia.
Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi 




















