ANALISIS WEBSITE DIGITAL MARKETING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI LAYANAN

Regista Arrizky, Riza Adrianti Supono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh elemen website digital marketing terhadap minat beli layanan digital. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecepatan loading, efektivitas Call-to-Action (CTA), dan kemudahan navigasi memengaruhi pengalaman pengguna dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan survei kepada 100 responden berusia 17–44 tahun yang telah terpapar konten organik dari sebuah digital agency. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk mengukur pengaruh masing-masing variabel terhadap minat beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan loading, kualitas CTA, dan kemudahan navigasi berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Website yang memuat dengan cepat meningkatkan kenyamanan pengguna, CTA yang efektif mendorong interaksi dan konversi, sedangkan navigasi yang intuitif memperpanjang durasi kunjungan dan keterlibatan pengguna. Ketiga elemen ini secara kolektif berkontribusi pada pengalaman pengguna yang positif dan mendorong perilaku pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya optimalisasi website dalam strategi digital marketing. Digital agency dan pelaku bisnis lainnya dapat memanfaatkan temuan ini untuk meningkatkan performa website dan daya saing.


Keywords


Sistem Informasi, Teknologi, Ilmu Komputer

Full Text:

PDF [129-140]

References


M. Musnaini, S. Suherman, H. Wijoyo, dan I. Indrawan, Digital Marketing, CV. Pena Persada, 2020.

W.-C. Tsao and M.-L. Tseng, “The impact of electronic-service quality on online shopping behavior,” Total Quality Management & Business Excellence, vol. 22, no. 9, pp. 1007–1024, 2011. https://doi.org/10.1080/14783363.2011.614870

S. Gounaris, S. Dimitriadis, and V. Stathakopoulos, “An examination of the effects of service quality and satisfaction on customers’ behavioral intentions in e-shopping,” Journal of Services Marketing, vol. 24, no. 2, pp. 142–156, 2010. https://doi.org/10.1108/08876041011031118

M. I. P. Nasution and S. Hidayat, “Pengaruh kinerja situs web terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di e-commerce,” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 15, no. 1, pp. 45–58, 2023.

M. F. Maulana, “The influence of call to action marketing strategy in TikTok and Instagram content on customer purchasing decision among Politeknik Negeri Bandung students,” International Journal Administration, Business & Organization, vol. 5, no. 1, pp. 69–81, 2024. https://doi.org/10.61242/ijabo.24.365

N. Deliana, “Pengaruh kualitas website dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan dan kepercayaan konsumen Shopee,” Jurnal Indonesia Sosial Sains dan Teknologi, vol. 3, no. 3, pp. 358–369, 2022. https://doi.org/10.59141/jist.v3i03.377

N. A. Putri, R. Madjid, and Nasrul, “Pengaruh online customer review dan kualitas website terhadap minat beli pakaian di Shopee,” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 14, no. 2, p. 525, 2022. https://doi.org/10.55598/jmk.v14i2.27105

A. I. Permana, “Pengaruh kualitas website, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli pelanggan di situs belanja online Bukalapak,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 15–25, 2020. https://doi.org/10.12345/jeb.v7i1.422

A. F. Ramialis and E. Besra, “Pengaruh website quality dan website brand terhadap minat beli online dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi,” Jurnal Riset Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 209–221, 2021. https://doi.org/10.35814/jrb.v4i2.1964

D. Yuliana, H. Wijayanto, and E. Santoso, “Pengaruh efisiensi, persepsi risiko, dan kemudahan terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee,” Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 45–60, 2020. https://doi.org/10.12345/jmb.v10i1.123




DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v7i2.2416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JOURNAL IDENTITY

Journal Name:  Journal Information System and Science Technology

Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi


e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index CopernicusWorldCat, ScilitDimensions (find by DOI article)
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)

Contactsistek@trilogi.ac.id (Whatsapp Number: +628192454119)

license :
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia. 

Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.