PERAN ETIKA PROFESI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK

Mike Fernisia, Salsabilla Dwiyanti, Novita Damayanti, Paulina Putri Ningrum

Abstract


Penelitian ini mengkaji peran etika profesi dalam meningkatkan kualitas layanan publik di Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya etika dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi publik, terutama di tengah maraknya pelanggaran etika yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan etika profesi dapat mendukung akuntabilitas dan transparansi layanan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui analisis literatur dan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika profesi secara konsisten dapat meningkatkan kualitas layanan publik, sementara pelanggaran etika berdampak negatif terhadap reputasi institusi dan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan pemahaman mengenai pentingnya penguatan etika profesi melalui pelatihan berkelanjutan, pengawasan yang efektif, dan pembentukan budaya organisasi yang menjunjung tinggi integritas. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pembuat kebijakan dan praktisi dalam merancang strategi peningkatan kualitas layanan publik yang berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (E. D. Lestari (ed.); Pertama). CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ

Costa, F. M. L. (2025). Pemerkosaan di RSHS Bandung, Fakta Baru Kasus Dokter Priguna Terungkap. Kompas.Id. https://www.kompas.id/artikel/pemerkosaan-di-rshs-bandung-pemeriksaan-psikologi-dan-asal-obat-dokter-priguna-terungkap?status=sukses_login&utm_source=kompasid&utm_medium=login_paywall&utm_campaign=login&utm_content=https://www.kompas.id/artikel/pemerkosaa

Hari Susanto, S. E. M. M. (2024). ETIKA BISNIS (M. Suardi (ed.); Pertama). CV. AZKA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id=MhzxEAAAQBAJ

Hasanah, I. N., Atmaja, S. P., Sabilillah, F., Rizkita, A., Putri, M. A., & Budiono, A. (2025). PERAN ETIKA PROFESI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN. CAUSA : Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 11(9).

Leksono, V. K., Zahra, T. A., Wijayanti, R. D. D., Bella, B. C., & Nisrina, I. S. (2025). Menjaga Integritas Aparatur Hukum : Etika Profesi dalam Pelayanan Publik. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 219–231.

https://journal.appihi.or.id/index.php/Aliansi/issue/view/40

Mozin, S. Y., Baks, S. N., & Yusuf, A. N. (2025). PENERAPAN ETIKA PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI BIROKRASI PEMERINTAH DAERAH. JPS: Journal of Publicness Studies, 02(05), 147–154.

Nababan, B. O., Sari, Y. D., Mujito, Subagyo, W. H., & Muhlis. (2023). Manajemen Pelayanan Publik dan Bisnis (B. O. Nababan (ed.); Pertama). Selat Media Patners. https://books.google.co.id/books?id=PnPoEAAAQBAJ

Prastyo, Y. (2024). PENERAPAN ETIKA PROFESI DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA PUBLIK: IMPLIKASI TERHADAP AKUNTABILITAS PEMERINTAHAN. JRPP: Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18820–18830.

Soebiyantoro, A. (2021). PERANAN ETIKA PROFESI DALAM MELAYANI KEPENTINGAN PUBLIK. JIA Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UNSUB.

Sulistyo, A., & Kurniasih, D. (2024). Peran Etika Dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Situasi Bencana di Indonesia. ProBisnis: Jurnal Manajemen, 16(6), 1–6.

Tangkilisan, H. N. S. (2005). Manajemen publik (Y. Hardiwati (ed.); Pertama). Gramedia Widiasarana Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=kWGVXrjpcjQC

Timbuleng, M., Johannes, R. A., Pangkey, I., & Mamonto, F. H. (2023). ANALISIS ETIKA PELAYANAN PUBLIK Studi Pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 15(2), 208–221. https://doi.org/10.33701/jiapd.v15i2.3543




DOI: https://doi.org/10.31326/tabr.v6i1.2369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats