PENINGKATAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BERBASIS BUKU CERITA BERGAMBAR DI DESA CENDANA MEKAR

Dwi Lestari, Muhammad Rafi Albar, Siti Nurhaliza Maulida, Fajar Nugroho

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar melalui pendekatan pembelajaran berbasis buku cerita bergambar. Sasaran kegiatan adalah siswa kelas 3 dan 4 SDN Cendana Mekar, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap: (1) identifikasi kebutuhan dan kondisi literasi awal siswa, (2) pelatihan dan pendampingan guru serta siswa menggunakan media buku cerita bergambar, dan (3) evaluasi capaian literasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan minat baca dan pemahaman isi bacaan. Selain itu, guru merasa terbantu dengan pendekatan yang menyenangkan dan kontekstual. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam upaya peningkatan kualitas literasi dasar di daerah rural.

 


Keywords


literasi membaca, buku cerita bergambar, pengabdian masyarakat, sekolah dasar, pembelajaran kontekstual

Full Text:

PDF

References


OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Kemdikbudristek. (2023). Laporan Asesmen Nasional 2023. Jakarta: Pusat Asesmen Pendidikan.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Serafini, F. (2014). Reading the Visual: An Introduction to Teaching Multimodal Literacy. New York: Teachers College Press.

Sulistyo-Basuki, L. (2021). Pengantar Ilmu Perpustakaan (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Tarigan, H. G. (2019). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widodo, H. P., & Elyas, T. (2020). Literacy education in Indonesia: Developments and challenges. The Asian EFL Journal, 27(4), 124–145.




DOI: https://doi.org/10.31326/jpm-ikp.v7i1.2276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.